Cara Sukses Ternak Ayam Petelur Rumahan Untuk Pemula

Dalam mendirikan suatu usaha ternak ayam bertelur, maka Anda akan membutuhkan banyak keterampilan dan juga suatubketelatenan. Tetapi jika dengan ternak ayam bertelur sangat menguntungkan untuk Anda. Dalam hal perawatan ayam bertelur pun tidak terlalu susah seperti ketika beternak ayam bangkok, tetapi kebanyakan cara ternak ayam bertelur memliki skala yang besar. Berikut ini cara sukses untuk Anda yang ingin memulai usaha ternak ayam petelur :

Baca juga : 4 Cara Memulai Usah Tanpa Modal Yang Sukses

Cara Sukses Ternak Ayam Petelur

  • Membuat perencanaan yang matang

Setelah anda mendaoatkan banyak informasi mengenai bagaimana cara beternak ayam petelur dengan secara detail, maka hal selanjutnya yaitu Anda harus merencanakannya secara matang. Bisnis apapun  yang akan dijalanakan pasti akan membutuhkan suatu perencanaan yang baik supaya setiap resiko yang akan muncul nanti bisa diminimalisir. Perencanaan yang harus Anda buat yaitu harus spesifik dan juga rinci serta lengkap agar Anda dapat memikirkannya secara matang.

  • Mempersiapkan modal

Jika Anda telah membuat perencanaan yang matang maka dengan memepertimbangkan seluruh aspek pendukung lainnya secara baik maka hal selanjutnya yang terpenting yaitu untuk dapat mempersiapkan modal yang Anda perlukan nantinya. Sebuah bisnis yang baru akan dikatakan sukses itu bukan dari besar kecilnya modal yang akan digunakan nanti tetapi bagaimana Anda sebagai seorang pebisnis pemula dapat mengelola modal tersebut secara baik. Jika modal yang Anda gunakan semakin besar maka seluruh kebutihan awal dalam sebuah usaha akan semakin terpenuhi, terlebihlagi jika modal yang diperlukan untuk berbisnis ayam petelur ini tidaklah kecil

  • Menentukan lokasi dan kandang ayam

Jika Anda ingin memulai suatu usaha ternak ayam maka sebelumnya yang harus Anda perhatikan adalah menentukan dimana lokasinya dan letak kandang yang strategis. Anda bisa saja menjalankannya dilokasi yang jauh dari pemukiman masyarakat dan Anda bisa saja memilih lokasinya didekat rumah Anda. Tapi usahakan jangan sampai mengganggu orang lain, Misalnya yaitu kandang harus bebas dari polusi sekiranya  sirkulasi udara baik dan juga lancar, kandang diusahakan harus kena sinar matahari secara langsung dipagi hari, serta dapat menentukan tempat yang strategis dan memiliki subu sekitar 30 hingga 35 derajat dan juga  lokasinya jauh dari perbukitan sehingga tidak akan menghalangi udara yang masuk.
Dalam pembuatan kandang maka beberapa sarana yang harus Anda siapkan yaitu seperti alas lantai yang diberi kulit padi dan pasir, mempersiapkan area untuk bertelur, tempat ayam untuk makan dan minum, penerangan serta yang lainnya.

  • Bibit ayam

Dalam memulai usaha ternak ayam betelur maka hal lain yang tak kalah pentingnya adalah memilih bibit ayam petelur yang baik. Pastikan dalam pemilihannya Anda dapat memilih bibit ayam petelur yang memiliki kualitas yang bagus dan dengan ciri-cirinya yaitu mempunyai bulu yang halus, nafsu makan yang tinggi, kondisi ayam dalam keadaan sehat, tidak cacat, dan juga dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga : 6 Cara Memulai Usaha Bagi Pemula Agar Sukses

  • Persediaan pakan ayam

Salah satu biaya yang masuk dalam biaya operasional yaitu pengeluaran untuk pakan. Memperhatikan kualitas pakan yang diberikan pada ayam petelur merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menentukan kualitas telor yang akan dihasilkan nantinya. Jika ayam ternak tersebut diberi pakan yang memiliki kualitas bagis maka ayam petelur bisa saja menghasilkan telur yang bagus dan juga besar besar dalam jumlah yang cukup banyak pula. Tryapi jika pakan yang digunakan tidak memiliki kualitas yang bagus maka dapat mengakibatkan kualitas telur ayam buruk seperti bentuknya yang kecil. Pastikan memilih pakan yang berkualitas agar Anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar.

author
No Response

Leave a reply "Cara Sukses Ternak Ayam Petelur Rumahan Untuk Pemula"