5 Cara Sukses Wawancara Kerja Ketika Belum Memiliki Pengalaman Kerja

5 Cara Sukses Wawancara Kerja Ketika Belum Memiliki Pengalaman Kerja

41 views

Cara Sukses Wawancara Kerja

Anda mendapatkan undangan wawancara untuk posisi favorit Anda, tetapi Anda khawatir karena Anda tidak memiliki banyak pengalaman di pekerjaan itu. Lantas bagaimana cara menaklukkan wawancara kerja seperti ini?

5 tips berikut ini dapat membantu Anda mengekspresikan diri, membuat kesan yang baik dan lulus wawancara dengan lancar!

5 Cara Sukses Wawancara Kerja Ketika Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Cara Sukses Wawancara Kerja

Menunjukkan keterampilan yang Anda miliki

Bagi banyak pengusaha, beberapa keterampilan dalam kandidat sama pentingnya dengan pengalaman kerja. Jadi selama proses wawancara, cobalah untuk menunjukkan sebanyak mungkin keterampilan yang Anda miliki seperti komunikasi, negosiasi, kerja tim, dan belajar cepat. Jika Anda pandai bahasa asing, atau cukup mengetahu tentang teknologi informasi, mampu menulis, jangan ragu untuk memberi tahu pewawancara, banyak pekerjaan yang Anda bisa lakukan, meskipun tidak dalam bidang yang dibutuhkan,. Khususnya, jika Anda ingin bekerja di industri seperti pemasaran, bisnis, periklanan, keterampilan di atas akan membantu Anda mencetak poin plus pada pewawancara meskipun Anda tidak memiliki banyak pengalaman.

Cari tahu tentang perusahaan sebelum wawancara

Luangkan waktu untuk meneliti, mempelajari, dan mengingat tentang perusahaan tempat Anda akan melakukan wawancara kerja, karena ini adalah cara untuk membantu Anda memenangkan simpati atasan dan mendapatkan keunggulan dibandingkan kandidat lainnya.

Anda harus belajar cara kerja, budaya perusahaan, tujuan orientasi dan jika mungkin, pelajari lebih banyak informasi tentang orang-orang yang secara langsung mewawancarai Anda. Selain itu, Anda juga harus mempelajari tantangan pekerjaan yang Anda inginkan. Ini membantu Anda memetakan kompetensi yang perlu ditunjukkan untuk memenuhi tugas yang akan diberikan pada Anda.

Ajukan pertanyaan cerdas

Dalam wawancara, ajukan pertanyaan positif tentang perusahaan. Pastikan untuk mempertimbangkan, menyiapkan pertanyaan cerdas, menunjukkan pemahaman Anda, peduli di mana Anda berada dan di mana Anda ingin berada di posisi perusahaan tersebut. Dengan demikian, Anda juga menunjukkan diri Anda sebagai orang yang aktif dan progresif, membuktikan diri Anda sebagai kandidat yang tidak berpengalaman tetapi berpotensi dengan antusiasme. Jika Anda melakukan ini dengan baik, pewawancara akan mengevaluasi Anda secara positif dan kemampuan Anda untuk memilih cukup tinggi.

Percaya diri

Perlu Anda ingat, sikap sangat memengaruhi perilaku. Ketika Anda percaya diri, apa yang Anda lakukan lebih positif dan lebih mudah untuk berhasil. Bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan posisi yang Anda lamar tetapi atasan masih memanggil Anda untuk posisi kerja lainnya, mereka harus terkesan dengan bagian-bagian tertentu pada CV Anda.

lakukan wawancara kerja dengan santai, rileks dan percaya diri. Jangan lupa berpakaian dengan sopan dan sesuai dengan lingkungan kerja tempat Anda wawancara. Jangan banyak bicara tentang pengalaman Anda. Berhati-hatilah karena Anda benar-benar dapat menerima dan melakukan pekerjaan ini dengan baik. Sikap itu tidak hanya membantu Anda untuk menjawab wawancara dengan lebih lancar tetapi juga memiliki pengaruh, untuk membuat atasan yakin dan ingin memilih Anda.

Baca juga : Cara Menghadapi Rasa Takut Selama Proses Wawancara Kerja

Berlatih menjawab pertanyaan dasar

Persiapan yang baik adalah fondasi untuk sukses. Ada beberapa pertanyaan umum, Anda harus belajar dulu dan berlatih menjawab di rumah, lebih baik belajar di depan cermin. Ketika ditanya tentang pengalaman kerja, jangan hanya mengatakan bahwa Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, tetapi cepatlah mengarahkan ke pengalaman yang relevan. Ini bisa berupa pengetahuan yang dikumpulkan dari kehidupan nyata, dari apa yang telah Anda lakukan di luar kantor, seperti bergabung dengan kelompok, kegiatan komunitas, mengumpulkan dana, bekerja dengan bisnis untuk menelepon meminta sponsor, menulis di majalah yang mungkin dapat diterapkan ke posisi yang Anda lamar. Ini akan membuat pewawancara lebih percaya diri dengan kemampuan Anda dan mungkin memberi Anda kesempatan untuk melakukan pekerjaan tesebut.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *