contoh slip gaji

Pengertian dan Contoh Slip Gaji untuk Perusahaan Barang dan Jasa

0 views

Sebagai pekerja, apakah Anda rutin menerima slip gaji? Sebagai pekerja atau karyawan, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan slip gaji. Perusahaan atau tempat kerja biasanya memiliki contoh slip gaji yang berbeda-beda. Bentuk slip gaji ini kemudian akan menyesuaikan dan mengikuti jenis perusahaan yang memberikan bentuk upah dan tunjangan berbeda-beda kepada karyawannya.

Jadi setiap akhir bulan, slip gaji ini akan menjadi jejak gaji karyawan. Sebagian orang mungkin menganggap gaji saja sudah cukup tanpa slip gaji yang dianggp hanya formalitas perusahaan saja. Padahal slip gaji sangat penting diterima karyawan sebagai bentuk transparansi perusahaan.

Selain itu slip gaji dapat bermanfaat banyak bangi karyawan untuk beberapa kepeluan. Agar bisa memaksimalkan fungsi slip gaji, Anda perlu memahami apa itu slip gaji, mafaat, dan contoh slip gaji yang benar.

Apa Itu Slip Gaji?

Slip gaji adalah bukti otentik atau bukti resmi dan sah dari perusahaan atau pihak tempat kerja yang diberikan kepada karyawannya. Ada beberapa hal yang perlu Ada dalam slip gaji agar slip ini dapat berfungsi maksimal. Itulah sebabnya perusahaan atau tempat kerja tidak bisa membuat slip gaji sembarangan.

Selain dibutuhkan karyawan, slip gaji juga diperlukan untuk laoran keuangan perusahaan. Slip gaji ini dapat menjadi dokumen resmi dan sah untuk catatan pengeluaran yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Jadi slip gaji juga menjadi bukti bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya membayar upah kepada karyawan.

Perlu Anda tahu bahwa slip gaji sebenarnya diatus dalam Peraturan pemerintah Pasal 17 ayat 2 Nomor 78 tahun 2015 tentang penguahan. Jadi kahadiran slip gaji ini tidak bisa dianggap remeh. Berikut ini rangkuman manfaat dari slip gaji bagi karyawan maupun bagi perusahan.

Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

contoh slip gaji

1. Mengetahui Rincian Upah

Slip gaji akan menunjukan informasi rinci tentang bentuk-bentuk upah yang diterima karyawan. Hal ini mampu menghindari kesalah pahaman antara karyawan dengan pihak perusahaan. Slip gaji juga dapat menunjukan rinjian tunjangan yang sudah dibayarkan, misalnya uang lembur, tunjangan hari tua, dan sebagainya.Di beberapa perusahaan barang dan jasa biasanya gaji karywannya berbeda-beda. Jadi slip gaji dapat memberikan informasi yang jelas kepada karyawan atas pekejaan mana saja yang dikenakan sejumlah upah.

2. Sebagai Bukti Jika Terjadi Kesalahan

Jika terjadi masalah pembayaran gaji, maka slip gajilah yang akan menjadi buktinya. Itulah sebebnya slip gaji tidak bisa dianggp remeh karna bisa menjadi dokumen resmi dan sah yang bisa dipertanggungjawabkan.

3. Digunakan Untuk Mengajukan Kredit Kendaraan atau Rumah

Karena menjadi dokumen resmi dan sah, slip gaji dapat digunakan karyawan untuk mengajukan kredit di bank. Sebagian karyawan mungkin kesulitan jika ingin membeli rumah, kendaraan dan sebagainya.Tidak jarang para pekerja tersebut mengajukan kredit ke bank. Bank akan meminta jaminan bahwa nasabahnya tersebut bisa membayar kredit. Sebagai karyawan yang bergaji tetap atau tidak, slip gaji bisa digunakan untuk jaminan bahwa mereka memiliki penghasilan tiap bulannya untuk mencicil angsuran.

4. Digunakan Untuk Melamar Pekerjaan Baru

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu jika slip gaji bisa untuk melamar pekerjaan. Biasanya ada perusahaan yang meminta bukti pengalaman kerja pelamarnya dengan slip gaji. Selain sebagai bukti pernah berpengalaman, slip gaji juga bisa menjadi patokan bagi perusahaan baru dengan tempat kerja yang lama.Meskipun begitu, slip gaji di tempat kerja lama tidak akan terlalu berpengaruh pada gaji di tempat kerja baru. Perusahaan akan tetap melihat kinerja ANda di perusahaan mereka.

5. Dapat Digunakan untuk Syarat Mengajukan Bantuan atau Syarat Menentukan Uang Kuliah Anak

Jika ingin mengajukan bantuan ke sebuah instansi atau pemerintah, Anda biasanya akan dimintai untuk melampirkan slip gaji. Hal ini digunakan untuk mentukan besaran uang bantuan yang Anda terima, apakah Anda layak menerima bantuan tersbut atau tidak. Karena slip gaji bisa menjadi bukti pendapatan Anda dalam satu kondisi hidup dalam jangka waktu tertentu.Selain itu, Jika Anda memiliki anak yang ingin masuk bangku kuliah, biasanya saat mendaftar ke perguruan tinggi tersebut ada syarat untuk melampirkan slip gaji orang tua. Slip gaji ini nantinya akan digunakan pihak kampus untuk menentukan besaran Uang kKuliah Tunggal (UKT) atau biaya lain yang dibebankan kepada mahasiswa.

Untuk memeroleh manfaat-manfaat slip gaji diatas, Perusahaan atau tempat kerja perlu memperhatikan bentuk slip gaji yang mereka keluarkan. Artinya ada beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam slip gaji sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini data yang perlu dicantumkan dalam slip gaji karyawan setiap bulannya atau dalam jangka waktu tertentu.

Data yang Perlu Dicantumkan dalam Slip Gaji

1. Nama dan Logo Perusahaan

Tidak hanya nominal gaji saja, slip gaji juga perlu infoemasi yang jelas tantang nama lengkap karyawan yang menerima gaji dan penjuman logo perusahaan yang jelas. Hal ini bertujuan agar slip gaji memiliki identitas yang jelas, siapa yang memberikan dan siapa yang menerima.Nama karyawan secara lengkap juga menghindari gaji yang tertukar. Karena biasanya di beberapa perusahaan menggaji karyawan berbeda-beda sesuai kinerja dan jam kerja mereka.

2. Data Karyawan

Selaian nama karyawa ada data lain yang juga perlu dicantumkan dalam slip gaji. Data ini tentu berkaitan dengan pekerjaan mereka yang bisa menjadi faktor karyawan memiliki gaji yang berbeda-beda. Data karyawan yang perlu dicantumkan dalam slip gaji adalah sebagai berikut:

    • Nama Penerima Gaji
    • Jabatan
    • Devisi (Bagian tempat kerja)
    • Nomor Pegawai
    • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
    • Jenjang Pendidikan Karyawan
    • Waktu bekerja

3. Tanggal Pembayaran

Data berikutnya yang perlu dicantumkan dalam slip gaji adalah data waktu pembayaran gaji tersebut diberikan. Slip gaji harus memiliki keterangan waktu yang jelas untuk menghindari masalah di waktu yang akan datang.Data waktu yang tercantum berupa tanggal, bulan, dan tahun yang akurat.

4. Rician Lengkap Pembayaran

Data yang perlu dalam slip gaji selanjutnya adalah rincian pembayaran upah yang diterima karyawan. Jadi slip gaji tidak hanya berisi nominal gaji bersih yang diterima karyawan saja. Namun nominal gaji bersih tersebut dirinci berasal dari bentuk upah apa saja.Rincian pembayaran akan menunjukan apakah perusahaan sudah memenuhi kewajibannya membayar bentuk upah yang seharusnya diterima karyawannya atau belum. Rincian pembayaran ini juga telah diatur dalam UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan bahwa gaji pokok yang diterima karyawan adalah 75 persen dari jumlah gaji pokok dan tunjangan tetap.

Jadi karyawan juga harus menerima tunjangan selain gaji pokok dari pekerjaannya. Berikut ini data rincian pembayaran yang harus ada dalam slip gaji karyawan:

  • Gaji Pokok
  • Tunjangan
  • Potongan
  • Lembur
  • Komisi
  • Informasi Pajak

Contoh Slip Gaji Perusahaan Barang dan Jasa

Berikut ini contoh slip gaji yang bisa menjadi referensi Anda. Setiap perusahaan akan memiliki bentuk slip gaji yang berbeda-beda, namun tetap dengan format yang sama.

1. Contoh Slip Gaji Karyawan Tokocontoh slip gaji karyawan toko

2. Contoh Slip Gaji Karyawan Hotelcontoh slip gaji karyawan hotel

3. Contoh Slip Gaji Karyawan Swastacontoh slip gaji karyawan swasta

4. Contoh Slip Gaji Gurucontoh slip gaji guru

Nah, itulah penjelasan tentang pengetian slip gaji dan bagiamana bentuk contoh slip gaji. Perlu Anda ingat bahwa setiap perusahaan memiliki bentuk dan format slip gaji yang berbeda-beda. Jadi Anda bisa melihat dari hal pokok yang sudah dijelaskan diatas, apa-apa saja yang perlu dalam slip gaji. Jadi sekarang sudah tidak ada alasan lagi membuang slip gaji karena barang kali itu bisa bermanfaat bagi Anda.

Gallery for Pengertian dan Contoh Slip Gaji untuk Perusahaan Barang dan Jasa