Ide Usaha Rumahan Di Desa

Ide Usaha Rumahan Di Desa Yang Menjanjikan

10 views

Ide Usaha Rumahan Di Desa

Bertempat tinggal di desa bukan menjadi hambatan lagi untuk mencoba membuka bisnis. Jika memang modal yang dimiliki jumlahnya tidak banyak, usaha rumahan bisa menjadi solusi terbaik. Pasalnya usaha rumahan tidak perlu menyiapkan dana khusus untuk sewa tempat (menggunakan rumah sendiri). Banyak sekali ide usaha rumahan di desa yang cukup menjanjikan.
Apalagi sekarang sudah ada dukungan teknologi, membuat berbisnis jadi lebih mudah dijalankan. Ditambah lagi di desa tersedia banyak sekali komoditas yang tidak bisa ditemukan dengan mudah di kota. Sudah mulai ingin membuka bisnis rumahan di desa?

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Kelontong Untuk Pemula

Simak kumpulan ide usaha rumahan di desa berikut ini:

  • 1. Laundry

    Buka jasa laundry menjadi pilihan tepat bagi yang punya rumah di dekat kawasan pemukiman karyawan. Para karyawan tentu cukup sibuk untuk mencuci bajunya sendiri sehingga membuat bisnis ini cukup menjanjikan. Untuk membuka bisnis laundry hanya dibutuhkan setrika dan mesin cuci saja. Keduanya mungkin sudah tersedia di setiap rumah bukan?

  • 2. POM Bensin Mini

    Membuka POM bensin mini bisa menjadi pilihan usaha rumahan di desa. Masyarakat desa diketahui sudah menggunakan motor sebagai kendaraan utama. Padahal, keberadaan POM bensin di sana tidak bisa dikatakan mudah dijangkau. Artinya bila pun ada, letaknya jauh sekali di pinggiran kota.
    Jadi membuka bisnis POM mini di depan rumah bisa jadi dapat memberikan peluang besar. Dengan adanya POM mini tersebut, masyarakat lebih mudah mendapatkan BBM untuk motornya. Akan menjadi nilai tambah bagi yang punya rumah kebetulan dekat dengan pinggir jalan. Peluang mendapatkan banyak pelanggan jadi makin besar.

  • 3. Menjual Makanan

    Memang benar jika ada pendapat yang bilang usaha makanan tidak ada matinya. Pasalnya di kota, di desa, semua orang pasti butuh makan. Maka, bagi yang tertarik dalam bidang masak memasak, dan paham bumbu racikan silahkan coba saja menjual aneka makanan di desa.
    Semakin menguntungkan jika kebetulan lokasi rumah ada di dekat pelabuhan, pinggir jalan, atau dekat lokasi pemukiman karyawan.

  • 4. Warung Kelontong

    Selanjutnya pertimbangkan untuk membuka usaha warung kelontong. Jenis usaha seperti ini memang sudah biasa ditemukan tidak hanya di desa saja, tapi juga di kota. Karena memang semua orang selalu membutuhkan bahan pokok. Contohnya beras, gula, minyak goreng, dan kebutuhan sehari-hari lain. Oleh karena sudah cukup umum, ada baiknya tingkatkan pelayanan.
    Misalnya dengan menambah layanan token sekaligus menyediakan pulsa elektrik. Dengan begitu, meskipun orang tidak sedang butuh sembako, paling tidak pasti butuh 2 hal tersebut bukan? Bisa dicoba juga dengan memberikan fasilitas pesan antar. Dengan begitu pelanggan tidak perlu repot belanja langsung ke warung. Pelanggan jadi lebih senang berbelanja karena praktis.

  • 5. Menjual Hasil Pertanian Organik

    Tinggal di desa artinya punya peluang besar untuk bertani karena lahan yang tersedia cukup banyak. Manfaatkan peluang ini untuk menjual hasil pertanian organik. Masyarakat kota tentu sangat membutuhkan hasil pertanian ini karena di kota cukup sulit ditemukan. Jual hasil pertanian tersebut dengan harga tinggi ke kota, pasti untung besar.

  • 6. Buka Bengkel Motor

    Masyarakat desa sudah sangat familiar dengan motor. Maka membuka bengkel motor bisa menjadi peluang usaha rumahan di desa yang sangat menjanjikan. Awali dengan membuka tambal ban. Jika ternyata sukses lanjutkan dengan menambah layanan cuci motor dan menyediakan spare part. Baru jika memang ramai, mulai layani jasa perbaikan motor. Baca: Cara Mengelola Bengkel Sepeda Motor

  • 7. Warung Kopi Wifi

    Siapa yang tidak suka kopi? Termasuk orang yang tinggal di desa pun tidak bisa meninggalkan kebiasaan minum kopi dengan bersantai. Untuk itu tidak ada salahnya buka warung kopi di depan rumah. Sediakan bangku-bangku untuk tempat konsumen bersantai. Ada baiknya juga pasang wifi supaya menarik lebih banyak pengunjung.

Itu tadi contoh-contoh ide usaha rumahan di desa. Tinggal di desa bukan berarti pupus harapan untuk berbisnis. Justru di desa sebenarnya dapat memberikan lebih banyak peluang berbisnis dengan keuntungan yang menjanjikan.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Shop

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *