Informasi Kampus Terbaik Jurusan Hukum

24 views

Informasi Kampus Terbaik Jurusan Hukum

Informasi Kampus Terbaik Jurusan Hukum

 

Mengapa Memilih Jurusan Hukum?

Mahasiswa yang belajar di jurusan hukum yang sifatnya luas dan memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan inti di bidang-bidang berikut:

  • Analisis kritis
  • Penyelesaian masalah
  • Penelitian
  • Bacaan kritis
  • Manajemen proyek
  • Manajemen waktu
  • Pemahaman mendengarkan
  • Keahlian Berbicara
  • Mahir Penulisan

 

Keterampilan ini memiliki ciri yang sama, mereka diandalkan oleh pengacara di semua bidang hukum.  Sekolah hukum mengajarkan calon pengacara bagaimana berpikir seperti pengacara, dan pemikiran kritis serta membaca adalah dasar untuk penilaian dan evaluasi.  Siswa belajar bagaimana menganalisis secara kritis proses berpikir mereka sendiri.  Pengacara juga harus menjadi komunikator ahli yang dapat mempersiapkan, memahami, menjelaskan, dan mempertahankan dokumen hukum yang kompleks seperti kontrak atau pendapat pengadilan.  Karena tujuan akhir dari praktik hukum adalah untuk memenangkan kasus, keterampilan di atas sangat penting untuk mengembangkan dan menyajikan argumen yang persuasif.

Salah satu cara terbaik untuk menjadi pengacara yang berkualitas adalah dengan kuliah di kampus terbaik jurusan Hukum di Indonesia.

Baca: Rekomendasi Kampus Terbaik Jurusan Informatika

Apa yang Dilakukan Pengacara?

Pekerjaan pengacara memiliki cakupan yang luas karena tidak ada pekerjaan tunggal yang ditujukan untuk judul tersebut.  Spektrum pilihan tersedia, memungkinkan para profesional hukum untuk mengejar peluang di lingkungan perusahaan, swasta, pemerintah dan internasional.  Dalam semua kasus, pengacara adalah penasihat yang terlatih baik untuk klien mereka, memberikan dukungan dalam berbagai masalah hukum, perdata atau pidana.

Sebagai penasihat, pengacara mewakili klien baik dalam masalah hukum maupun perselisihan.  Dalam melakukannya, pengacara melakukan penelitian hukum kasus, berpartisipasi dalam dengar pendapat formal, membuat draf dan mengajukan dokumen hukum, mewakili klien di ruang sidang dan memberikan nasihat umum.  Sebagai contoh keragaman dalam bidang ini, pengacara dapat menyiapkan dokumen hipotek, draf dan mengajukan surat wasiat, dan mempercayai dokumen, membela klien dalam pengadilan pidana, atau melakukan penelitian dalam sengketa pengiriman internasional, semuanya dalam minggu kerja standar.  Pengacara sering berpraktik di sejumlah bidang, termasuk hukum perpajakan, kekayaan intelektual, hukum perusahaan, hukum pidana, litigasi, hukum keluarga dan hukum lingkungan.

Itulah mengapa sangat penting untuk memilih kampus terbaik jurusan Hukum di Indonesia.

Apa Yang Dipelajari Di Jurusan Hukum?

Tahun pertama program ini umumnya disediakan untuk mata kuliah inti dan pengantar kelas elektif untuk memberi siswa pemahaman dasar tentang prosedur hukum, kebijakan, analisis hukum, dan penulisan.

Kuliah selama tahun kedua dan ketiga hampir seluruhnya terdiri dari mata pelajaran pilihan, yang memungkinkan siswa untuk membuat program studi khusus.  Selain itu, banyak fakultas hukum juga menawarkan siswa kesempatan untuk mengejar konsentrasi di bidang-bidang seperti hukum publik, advokasi, hukum bisnis, hukum banding, atau hukum internasional.

Baca: Kampus Terbaik Jurusan Akutansi

Beberapa pilihan yang tersedia mungkin termasuk:

KEKAYAAN INTELEKTUAL

 Faham tentang dasar-dasar perlindungan kekayaan intelektual, termasuk tinjauan terhadap tiga mekanisme hukum utama di bidang: merek dagang, paten, dan hak cipta.

 

HUKUM ADMINISTRATIF

Kursus ini memperkenalkan siswa pada badan hukum tentang lembaga administrasi dan termasuk studi topik seperti Undang-Undang Prosedur Administrasi dan reformasi peraturan.

 

PERUNDANG-UNDANGAN DAN PERATURAN

Di kelas ini mahasiswa mendapatkan pengenalan tentang peran badan legislatif, termasuk studi tentang ketetapan dan regulasi, mulai dari pembentukan hingga penegakan, analisis hingga interpretasi.

 

PRAKTIK KORPORASI

Kelas ini dirancang untuk mempersiapkan siswa untuk praktik masa depan dalam lingkungan perusahaan.  Ini memperkenalkan mereka pada masalah hukum perusahaan seperti negosiasi kontrak, penyelesaian sengketa, dan usaha patungan.

Di bawah ini adalah daftar mata kuliah yang sering ditawarkan dalam jurusan hukum, di samping daftar keterampilan dan pengetahuan yang harus diperoleh siswa dari kelas.

 

KETERAMPILAN HUKUM

Memperkenalkan siswa pada elemen praktik hukum, termasuk analisis hukum, kebijakan, dan penulisan.

Keterampilan & Pengetahuan yang Diperoleh

  • Melakukan penelitian hukum yang efektif
  • Mengutip kasus hukum dengan benar
  • Draf dokumen litigasi, korespondensi, dan mosi

 

KONTRAK

Siswa diperkenalkan dengan prinsip dasar kontrak, termasuk pembuatan, penghentian, dan perubahan.

Keterampilan & Pengetahuan yang Diperoleh

  • Kemampuan untuk menyusun dokumen profesional
  • Pemahaman yang tajam tentang kontrak, perwalian, surat wasiat, dan perjanjian kerja

 

PROSEDUR SIPIL

Mahasiswa memperoleh pemahaman tentang prosedur pengadilan yang tidak melibatkan masalah pidana;  termasuk studi litigasi percobaan, proses penemuan, dan aturan yurisdiksi.

Keterampilan & Pengetahuan yang Diperoleh

  • Memahami hukum kasus perdata
  • Pengetahuan tentang aturan penemuan dalam proses perdata
  • Memahami tujuan dan proses dalam transaksi sipil

 

HUKUM KONSTITUSI

Mengajari siswa tentang Konstitusi A.S. dan bagaimana ia menyusun sistem hukum.

Keterampilan & Pengetahuan yang Diperoleh

  • Kemampuan untuk menafsirkan Konstitusi dan menerapkannya pada hukum modern
  • Pemahaman tentang tiga cabang pemerintahan dan peran pengacara dalam sistem hukum

 

TORTS

Mata kuliah ini membahas tanggung jawab sipil atas perilaku dan topik-topik seperti malpraktek medis dan reformasi kerugian.

Keterampilan & Pengetahuan yang Diperoleh

  • Kemampuan untuk mengartikulasikan aturan hukum di bidang praktik tort
  • Pengetahuan tentang tanggung jawab perdata
  • Pemahaman tentang kelalaian, tanggung jawab yang ketat, dan kesalahan yang disengaja

Untuk hasil terbaik, pelajari semua ilmu hukum diatas langsung dari kampus terbaik jurusan Hukum Indonesia.

Konsentrasi Jurusan Hukum

Praktik hukum modern meluas ke banyak bidang berbeda, dengan industri yang muncul dan berkembang pesat memperkenalkan lapisan baru kompleksitas pada praktik hukum.  Melalui pilihan dan konsentrasi, siswa dapat memfokuskan pendidikan mereka, mengembangkan pengetahuan lanjutan untuk mengatasi masalah, masalah, dan perhatian hukum khusus industri.  Di bawah ini adalah ikhtisar singkat dari lima konsentrasi hukum umum yang tersedia untuk mahasiswa hukum.

 

 Hukum Bisnis

Area luas ini mempelajari berbagai aspek ekonomi modern saat ini.  Mahasiswa dalam konsentrasi hukum bisnis mengeksplorasi transaksi dan komponen bisnis yang bervariasi dan canggih, seperti pajak penghasilan federal, merger dan akuisisi, kebangkrutan, akuntansi keuangan, pasar modal, dan keuangan perusahaan.

 

 Hukum Kekayaan Intelektual

Salah satu spesialisasi yang berkembang pesat di bidang hukum, kekayaan intelektual berkaitan dengan merek dagang, paten, dan hak cipta.  Kurikulum dapat mencakup studi tentang hukum siber, manajemen aset intelektual, antimonopoli, hukum Internet, dan strategi paten.

 

Hukum Kriminal

Di ruang sidang, pembela pidana bertugas mewakili klien yang dituduh melakukan kejahatan.  Selain mempelajari teori hukum pidana, kurikulum juga mengenalkan mahasiswa pada prosedur pidana, alat bukti, hukum keamanan nasional, kejahatan kerah putih, dan praktek persidangan.

 

 Hukum Lingkungan

Jika dibandingkan dengan bidang praktik hukum lainnya, hukum lingkungan dapat dianggap sebagai bidang khusus yang relatif baru.  Ini berkaitan dengan banyak undang-undang, dari Undang-Undang Air Bersih hingga Undang-Undang Kompensasi dan Kewajiban Respons Lingkungan Komprehensif.  Kurikulum dapat mencakup topik-topik seperti kontrol penggunaan lahan, hukum pertanian, hukum lingkungan internasional, mediasi, dan hukum hak atas air.

 

 Hukum Hiburan dan Media

Dalam konsentrasi ini, mahasiswa mempersiapkan diri untuk praktik hukum di bidang musik, televisi, film, dan industri kreatif lainnya.  Kurikulum bersinggungan dengan hukum kekayaan intelektual, mengeksplorasi topik-topik seperti hukum hak cipta, distribusi film, media digital, hukum televisi, dan hukum merek dagang.

Salah satu cara agar bisa menjadi sarjana hukum yang berkualitas adalah dengan kampus terbaik jurusan Hukum Indonesia.

 

Kampus Terbaik Jurusan Hukum

Berikut adalah kampus terbaik jurusan Hukum di Indonesia yang memiliki nilai akreditasi A dari BAN PT.

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Syiah Kuala
  • Universitas Andalas
  • Universitas Muhammadiyah Malang
  • Universitas Jenderal Soedirman
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Udayana
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Brawijaya

Demikianlah informasi tentang kampus terbaik jurusan Hukum yang ada di Indonesia, semoga bisa menjadi bahan referensi untuk Anda.

Gallery for Informasi Kampus Terbaik Jurusan Hukum