Ingin Menabung pada 2 Rekening yang Berbeda Ini Tipsnya

Ingin Menabung pada 2 Rekening yang Berbeda, Ini Tipsnya!

16 views

Ingin Menabung pada 2 Rekening yang Berbeda?

Seiring berjalannya waktu membuat pola hidup manusia semakin berubah menjadi lebih konsumtif. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi semakin meningkat sehingga segala kegiatan transaksi keuangan menjadi lebih mudah. Maka dari itu, Anda harus bisa mengontrol diri dengan baik.

Bila Anda tidak bisa mengontrol diri dengan baik, hal ini membuat keuangan Anda semakin berantakan. Sehingga uang yang sudah dikumpulkan akan habis dalam sekejap. Lebih buruknya lagi adalah kemudahan transaksi digital ternyata juga membuat hutang seseorang semakin menumpuk banyak dimana-mana.

Maka dari itu, Anda harus bisa mengontrol keuangan dengan baik. Salah satunya dengan cara membuka 2 rekening tabungan sekaligus dari bank yang berbeda. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana caranya menabung pada 2 rekening sekaligus bila 1 rekening sana sering macet menabungnya?

Tips Menabung pada 2 Rekening yang Berbeda

Ingin menabung pada 2 rekening bank yang berbeda? Sebenarnya untuk menabung pada 2 rekening bank sekaligus itu mudah asalkan Anda tahu caranya. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya berhasil menabung pada 2 rekening tabungan yang berbeda, antara lain:

1. Gunakan Sistem Autodebet

Untuk membuat tabungan Anda tetap sehat pada 2 rekening yang berbeda, sebaiknya gunakan sistem autodebet. Artinya Anda harus menggunakan pemotongan saldo secara otomatis ke dalam rekening tabungan secara otomatis. Sistem ini biasanya dapat diterapkan pada perusahaan besar dan kantor-kantor besar.

Dengan menggunakan sistem autodebet inilah akan membuat tabungan Anda ceoat gendut hanya dengan beberapa tahun saja. Pasalnya hal ini membuat gaji yang diterima dari kantor setiap bulan langsung terpotong dan djmasukkan ke dalam rekening tabungan.

2. Catat Pengeluaran

Meski sudah menggunakan sistem autodebet,  sebaiknya jangan lupa mencatat setiap pengeluaran yang terjadi setiap hari. Mulai dari pengeluaran besar dan kecil, semuanya harus dicatat dengan baik. Sehingga Anda bisa mengetahui arus kas keuangan selama 1 bulan penuh.

Catatan pengeluaran ini perlu dilakukan untuk menjadii pedoman dalam mengatur keuangan pada bulan berikutnya. Maka dari itu sebaiknya jangan lupa catat semua pengeluaran dari kecil sampai besar ke dalam 1 buku khusus untuk pengeluaran.

3. Selalu Bawa Uang Tunai ketika Bepergian

Salah satu kesalahan utama seseorang dalam membuka 2 rekening tabungan adalah selalu membawa ATM dimana-mana. Akibatnya pengeluaran semakin membengkak dan jumlah uang yang ads di ATM tidak pernah bertambah, namun justru semakin berkurang dan hanya segitu-gitu saja.

Ingat bahwa rekening tabungan dibuat untuk mrnabung. Jadi jangan pernah menggunakannya untuk hal yang tidak perlu, seperti berbelanja yang sifatnya konsumtif. Mska dari itu solusinya adalah selalu bawalah uang tunai dimanaoun Anda berada, khususnya ketika berbelanja sesuai kebutuhan. Sehingga sikap konsumtif dapat dihindaei sejak dini.

4. Jangan Gunakan Internet Banking

Percaya atau tidak sebenarnya kemudahan layanan perbankan seperti mbanking, internet banking, dan sms banking justru membuat jumlah tabungan semkain menipis. Mau tahu alasannya? Itu karena hal ini membuat Anda semakin mudah bertransaksi dimana saja.

Waspada! Inilah 5 Modus Penipuan di ATM Paling Ramai

Sehingga pengeluaran dan sikap konsumtif semakin tidak terkontrol dengan baik. Maka dari itu agar jumlah tabungannya meningkat setiap bulan, non-aktifkan layanan perbankan seperti mbanking, sms banking, dan internet banking

5. Jangan Gelap Mata

Sebaiknya kontrol diri Anda dengan baik ketika akan berbelanja. Terlebih saat melihat ada barangvyang murah.M, terutama bilabbarang tersebut ternyata bukan kebutuhan utama. Maka dari itu usahakan jangan kalap saat melihat ada sesuatubyang murah.

6. Manfaatkan Celengan

Menabung menggunakan celengan itu ternyata bisa memberikan manfaat yang cukup besar. Meski sudah kuno namun Anda bisa menggunakannya untuk menabung (menyimpan uang receh dari kembalian belanja). Sehingga uang yang sering diabaikan ini bisa digunakan untum tambahan tabungan.

Penyebab Kegagalan Menabung pada 2 Rekening

Siapa sangka bila ternyata kebiasaan sepele yang dianggap biasa saja ternyata justru membuat seseorang semakin boros. Istilah seperti ini biasanya disebut dengan latte factor. Yaitu pengeluaran yang terjadi karena digunakan untuk berbelanja yang tidak perlu.

Layanan Perbankan Yang Paling Dicari Oleh Generasi Milenial

Biasanya pengeluaran tersebut terlihat kecil namun dilakukan secara terus-menerus. Sehingga lama-lama pengeluarannya semakin membengkak dan bertambah besar. Di bawah ini adalah beberapa penyebab seseorang mengalami kegagalan dalam menabung 2 rekening tabungan, antara lain:

1. Transportasi Online

Memakai transportasi online memang terlihat mudah dan murah, terlebih diskon promonya semakin banyak. Namun ternyata pengunaan transportasi online secara konsumtif justru membuat Anda semakin boros karena bila dikalkulasikan nikainya jauh lebih besar. Bila dalam sehari Anda memakai transportasi online sebesar Rp30 ribu, bayangkan saja bila dikalikan selama 1 bulan. Tentunya ada banyak uang yang terbuang hanya untuk pemakaian transportasi online saja.

2. Minum Secangkir Kopi

Sebenarnya menjadi pecinta kopi bukan halnyang salah. Hanya saja Anda harus berpikir 2x bila menjadikan hobby ini sebagaibrutinitas sehari-hari untuk pergi ke cafe setiap hari. Padahal bila dihitung-hitung, harga secangkir kopi bisa Rp10 ribu lebih. Sehingga bila dihitung selama 1 bulan, jumlah pengeluaran Anda bisa mencapai ratusan ribu rupiah hanya untuk minum kopi saja.

3. Rokok

Merokok adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan setiap orang hanya untuk sebuah kepuasan saja. Padahal bila dalam sehari Anda mengabiskan 1 bungkus rokok senilai Rp22 ribu per bungkus, maka cobalah hitung jumlah uang yang dihabiskan selama 1 bulan hanya untuk membeli rokok saja. Untuk itu sebaiknya hindari kebiasaan merokok sejak dini supaya tidak terjadi pemborosan.

4. Kurangi Mengkonsumsi Minuman Air Mineral

Jika dilihat secara sepintas, membeli air mineral itu terlihat sepele. Meski terbilang murah hanya sebesar Rp2 ribuan sampai Rp4 ribuan saja per botol, namun bila dohitung-hitung selama 1 bulan ternyata pengeluaran yang terjadi sangat besar. Misalnya saja Anda membeli 3 botol per hari, maka dalam 1 bulan Anda dapat menghabiskan uang hingga Rp300 ribuan per bulan.

5. Membeli Cemilan

Menjadikan cemilan atau snack sebagai rutinitas yang harus ada setiap hari merupakan salah satu bentuk pemborosan. Karena meski terlihat sepele, namun jika dilakukan setiap hari akan membuat uang Anda semakin terkuras habis. Padahal cemilan bukan kebutuhan pokok sehari-hari.

6. Suka Shopping Baju, dll

Shopping adalah salah satu kebiasaan yang harus dihindari bila ingin menabung pada 2 rekening bank sekaligus. Karena bila Anda memiliki kebiasaan shoping, otomatis itu akan membuat Anda semakin sulit untuk menabung. Karena tidak ada uangbyangbtersisa untuk menabung lagi di bank.

Jadi sebenarnya menabung pada 2 rekening bank yang berbeda itu tidak maslah asal Anda selalu berkomitmen dalam melakukannya. Saat Anda mau berkomitmen, maka disitulah komitmen itu akan membantu Anda menghindari dari sikap konsumtif. Dengan begitu Anda bisa membuat 2 rekening bank Anda tetap sehat dan tidak berkurang sama sekali.

Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan