Waspada! Inilah 5 Modus Penipuan di ATM Paling Ramai

30 views

Inilah 5 Modus Penipuan di ATM Paling Ramai

Segala layanan dan fasilitas dunia perbankan merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan demi memikat minat nasabahnya. Umumnya nasabah selalu memilih bank yang memiliki layanan prima dan memuaskan. Layanan tersebut tidak hanya diberikan oleh teller dan customer service saja.

Namun lebih dari itu, tingkat kualitas layanan sebuah bank bisa dilihat dari banyaknya produk yang tersedia demi meningkatkan layanannya kepada nasabahnya, termasuk penggunaan ATM. Terlebih sekarang ini aksi penipuan lewat ATM semakin ramai. Sehingga segala layanan yang menyangkut keamanan akun dan keuangan Anda harus diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Inilah 5 Modus Penipuan di ATM Paling Ramai

Definisi dan Alasan Menggunakan ATM

ATM atau Automated Teller Machine (Anjungan Tunai Mandiri), sebenarnya sudah ada sejak tahun 1939 silam. Mesin ini dikembangkan oleh Luther George Simijan. Di tahun tersebut, dirinya menciptakan mesin ATM pertama kali di New York untuk City Bank. ATM sendiri merupakan alat elektronik yang diberikan dari pihak bank kepada pemilik rekening.

Kupas Tuntas Kampus Terbaik Jurusan Teknologi Informasi

Selain itu, ATM juga termasuk alat elektronik yang diberi pihak bank untuk pemilik rekening dan bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi elektronik. Yaitu mentransfer uang, mengecek saldo, dan mengambil uang dengan mudah dan cepat tanpa bantuan teller. Jadi disamping pemakaiannya praktis dan mudah, ATM juga membantu masyarakat untuk melakukan berbagai macam kegiatan perbankan.

Misalnya saja seperti melakukan transfer uang dan membayar tagihan bulanan. Maka dari itu bila ditinjau dari segi pengertiannya di atas, maka ada 5 manfaat yang bisa didapatkan pihak nasabah saat menggunakan ATM. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari ATM, antara lain:

  1. Akses layanan perbankan semakin mudah.
  2. Waktu pelayanannya lebih fleksibel dan leluasa.
  3. Layanannya semakin cepat dan tepat.
  4. Keamanannya lebih terjamin.
  5. Ada banyak pilihan layanan yang beraneka ragam bila menggunakan ATM.

Seiring berjalannya waktu, banyak hal mulai diciptakan demi membantu memenuhi kebutuhan manusia supaya semuanya berjalan lebih cepat tanpa menyita waktu dan tenaga. Maka dari itu saat ini pemanfaatan ATM semakin marak. Sayangnya dengan segala kemudahannya sering disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab demi meraup keuntungan dari orang lain.

Banyak dari mereka mencari keuntungan orang lain tanpa melihat seperti apa kondisi perekonomian orang tersebut (tidak pandang bulu). Bahkan ada beberapa juga yang memang menargetkan ATM untuk kegiatan modus penipuannya. Akibatnya para korbannya menjadi terancam gulung tikar dari bisnisnya karena dana untuk modal usaha hilang begitu saja akibat modus penipuan tersebut.

5 Jenis Produk Bank yang Paling Populer dan Kegunaannya

5 Modus Penipuan Perbankan

Sangat disayangkan sekali bila saat ini modus penipuan perbankan semakin tidak lazim dilakukan oleh para penipu. Maka dari itu Anda harus mengenal beberapa contoh modus penipuan terbaru saat ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut. Dengan cara ini Anda bisa tahu bila terjadi hal tidak wajar terhadap ATM yang digunakan. Untuk menghindarinya, sebaiknya perhatikan contoh 5 modus penipuan perbankan yang marak terjadi saat menggunakan ATM, antara lain:

#1. Hipnotis  

Modus penipuan ini biasanya bermula dengan cara menawarkan korban untuk melakukan sesuatu. Salah satunya meminta korban menarik kartu ATM yang tersangkut pada mesin ATM. Modus hipnotis ini sering terjadi saat korban secara tidak sengaja bersentuhan dengan sang pelaku secara langsung. Misalnya saja dengan cara bersalaman atau ditepuk.

Akibatnya korban menjadi kebingungan dan tidak sadar dengan apa yang barusan terjadi. Karena kartu ATM miliknya ternyata sudah ditukar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut dengan kartu buatan (palsu). Sehingga sang pemilik kartu asli tidak dapat melakukan transaksi kembali menggunakan ATM miliknya. Lebih parahnya lagi adalah bila hal ini tidak segera disadari, maka dalam seketika semua saldo di ATM langsung terkuras habis oleh sang pelaku.

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Dengan Mudah

#2. Mengganjal Mesin ATM

Seorang penipu dapat melakukan tindakan kejahatan dengan cara menaruh sesuatu di slot kartu sehingga kartu kredit pemilik asli terperangkap pada slotnya itu. Selanjutnya, secara bersamaan pelaku mulai melakukan aksinya. Yaitu dengan menawarkan pertolongan kepada target korbannya supaya kartu ATM nya bisa keluar.

Bila ATM digunakan di luar cabang bank, biasanya korban akan meninggalkan ATMnya untuk mencari bantuan. Nah disinilah biasanya penipu sebenarnya sudah mengawasi korban ketika memasukkan pinnya untuk melancarkan aksinya. Selanjutnya, penipu akan melepas kartu dari perangkap buatannya.

Setelah itu, kartunya dimasukkan lagi menggunakan pin yang benar untuk mendapatkan uang di kartunya itu. Selain cara tersebut, biasanya penipu juga berpura-pura membantu korbannya mengeluarkan kartunya serta menyuruh korbannya memasukkan lagi menggunakan pin. Disaat bersamaan, pihak asing tersebut mengingat pin calon korbannya.

Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan

#3. Menggunakan Alat Skimming  

Untuk aksi penipuan yang satu ini terbilang sangat canggih. Karena mereka melakukan aksinya menggunakan bantuan peralatan khusus. Yaitu alat pemindai magnetik yang disebut dengan skimmer, perangkat kamera, serta dudukan slot pada mesin ATM. Jadi saat calon korbannya melakukan transaksi, maka secara otomatis data korbannya langsung tercatat lewat alat pemindai itu.

Dengan cara ini pelaku bisa lebih mudah mengakses data ATM milik korban. Setelah itu, langkah berikutnya adalah mengamankan data curiannya dengan memasukkan datanya ke kartu palsu buatannya sendiri. Dari sinilah pelaku bisa menggunakan kartu buatannya tersebut untuk melakukan transaksi secara langsung menggunakan data milik korbannya.

#4. Nomor Call Centre Palsu

Cara lain yang sering dilakukan penipu adalah menempelkan selebaran informasi berupa nomor panggilan darurat atau call center kepada nasabah bank. Namun sebelum itu biasanya pelaku memastikan bila mesin ATM sedang rusak atau memang sengaja dibuat rusak dulu. Kondisi seperti ini bisa membuat kartu ATM milik korban tertahan di mesin.

Akhirnya korban menjadi panik dan menghubungi call center langsung yang disebar oleh sang pelaku. Dari sinilah pelaku akan mengarahkan korbannya untuk mengikuti semua instruksi perintahnya. Dalam kondisi terdesak seperti ini, biasanya sang korban akan menuruti semua perkataan sang penipu.

Terlebih saat mereka merasa panik dan takut berlebihan, maka tindakan kejahatan seperti ini sangat mungkin terjadi pada korban tersebut. Maka dari itu sebaiknya jangan langsung panik saat kartu ATM tertelan. Anda bisa mengurusnya langsung di kantor bank dengan mudah.

#5. Penukaran Uang

Cara ini biasanya dilakukan pelaku dengan berpura-pura membutuhkan bantuan sang korban untuk mentransfer uang ke rekening yang dimintanya. Gantinya pelaku memberikan uang tunai ke korban untuk menggantinya dengan nominal yang sama. Namun ternyata uang tunainya tersebut adalah palsu. Sehingga korban merasa dirugikan.

Dengan memahami 5 contoh modus penipuan di ATM di atas, tentunya hal ini diharapkan bisa membuat Anda lebih berhati-hati serta waspada saat melakukan transaksi perbankan. Baik itu dari mesin ATM ataupun melalui online banking. Sehingga Anda bisa terhindar dari segala aksi penipuan transaksi online yang marak terjadi saat ini. laporkan ke Patroli Cyber jika anda menemui hal-hal tersebut diatas.

10 kesalahan dalam Menulis Daftar Riwayat Hidup atau CV untuk Fresh Graduate

 

Gallery for Waspada! Inilah 5 Modus Penipuan di ATM Paling Ramai