Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat
Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

Bingung Memilih Asuransi? Inilah Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

15 views

Inilah Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

Hampir setiap perusahaan asuransi selalu mengklaim dirinya menjadi perusahaan yang terbaik. Berbagai macam keunggulannya disampaikan oleh mereka supaya calon nasabahnya yakin untuk membeli polis asuransinya. Padahal apa yang disampaikan tersebut bisa saja berbeda dari pandangan masing-masing orang.

Salah satu cara untuk melihat seperti apakah perusahaan asuransi yang baik itu adalah dengan melihat dari beberapa tolak ukur tertentu. Sehingga Anda tahu di peringkat manakah kinerja perusahaan asuransi tersebut. Dengan begitu Anda tahu manakah perusahaan asuransi yang memiliki kinerja terbaik dan dapat dipercaya.

Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat
Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

Ciri-Ciri Perusahaan Asuransi yang Baik.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk melihat apakah perusahaan asuransi memiliki kinerja bagus atau tidak. Di bawah ini adalah beberapa poin khusus yang dapat dijadikan sebagai referensi saat memilih asuransi yang bagus, antara lain:

  1. Perhatikan risk based capital (RBC) untuk mengukur seberapa aman dan sehat perusahaan asuransi tersebut. Karena sehat tidaknya kondisi keuangan perusahaan asuransi bisa dilihat dari besaran rasio RBC. Semakin besar rasionya, maka keuangannya menjadi lebih baik.
  2. Untuk melihat bahwa perusahaan asuransi dapat mengelola keuangan dan mampu memenuhi kewajibannya bisa dilihat dari rasio likuiditasnya. Semakin tinggi rasio likuiditasnya membuktikan bahwa kondisi keuangannya sangat baik.
  3. Anda harus memperhatikan dana jaminan yang diberikan kepada nasabahnya. Perusahaan asuransi yang baik seharusnya memberikan dana jaminan sesuai peraturan UU Nomor 40 th 2014 dan disesuaikan dengan peraturan OJK. Sehingga tidak ada yang merasa dirugikan saat memilih produk asuransi tersebut.
  4. Investasi dan utang klaim itu penting sekali untuk melihat bagaimana kemampuan perusahaan asuransi membayar kewajibannya untuk pemegang polis dalam jangka panjang. Bila angkanya 100% atau lebih, maka artinya kemampuan utang klaim mereka cukup bagus.
  5. Untuk melihat efisiensi perusahaan itu dapat dilihat dari aktivanya. Bila nominalnya kurang dari 25%, artinya perusahaan asuransi tersebut kinerjanya sangat baik dan patut diperhitungkan.
  6. Supaya Anda bisa melihat bagaimana kemampuan perusahaan tersebut dalam mengoptimalkan preminya, sebaiknya cari tahu perubahan premi brutonya. Bila perusahaan tersebut nilainya 33% atau lebih, artinya perusahaan asuransi tersebut sangat baik.
  7. Anda harus melihat kekuatan modal terhadap tanggungan perusahaan. Bila pendapatan premi neto kurang atau sama dengan nilai 300%, artinya perusahaan tersebut bagus.
  8. Pendapatan investasi neto dengan rata-rata investasi itu harus diperhatikan dari rata-rata suku bunga investasinya. Bila nilainya sama atau bahkan lebih besar, artinya perusahaan tersebut bagus.
  9. Untuk melihat perusahaan asuransi bagus atau tidak, rasio beban klaim neto harus sama atau lebih kecil 100%.

Cara Aman agar Nomor PIN Bebas Dari Pembobolan

Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang karakteristik perusahaan asuransi yang baik, saatnya untuk mempelajari bagaimana cara memilih perusahaan asuransi yang tepat. Karena terkadang calon nasabah tidak memiliki waktu dan pemahaman seputar informasi perusahaan sehingga langsung tergiur dengan produk asuransi tersebut. Maka dari itu untuk meminimalisir terjadinya hal-hal merugikan, sebaiknya perhatikan tipsnya di bawah ini:

  1. Lamanya perusahaan asuransi berdiri dapat dijadikan sebagai indikator kinerja perusahaan asuransi tertentu. Perusahaan asuransi yang baru saja berdiri tidak lebih dari 1 tahun atau bahkan baru saja memasuki 1 tahun itu kinerjanya masih belum bisa dipastikan bagaimana ke depannya. Karena bisnis asuransi itu penuh resiko. Bila perusahaan tersebut belum berpengalaman mengelola bisnis, maka kemungkinan besar perusahaan asuransi mengalami kebangkrutan.
  2. Membangun sebuah reputasi itu butuh waktu dan proses yang lama. Itulah sebabnya pilih perusahaan asuransi yang reputasinya bagus. Karena untuk mendapatkan reputasi yang bagus berkelanjutan itu kinerjanya harus selalu dijaga dan kinerjanya ditingkatkan. Maka dari itu supaya Anda berhasil menemukan perusahaan yang reputasinya bagus, carilah berbagai macam informasi seputar perusahaan tersebut dari media sosial atau orang-orang sekitar Anda.
  3. Program asuransi itu tidak harus mahal. Anda bisa melihat kinerja perusahaan asuransi dari preminya. Bila Anda cermat, sebenarnya perusahaan asuransi yang bagus akan menawarkan premi terjangkau namun dengan kualitas bagus. Saat ini hampir setiap perusahaan asuransi memiliki harga premi yang tidak sama. Jadi pilih premi sesuai anggaran Anda. Supaya nantinya tidak memberatkan Anda saat membayar biaya preminya.

6 Poin Penting sebelum Mengajukan Asuransi

Seperti yang diketahui bahwa asuransi itu bisa berdampak jangka panjang. Karena masa berlakunya bisa belasan, puluhan tahun, dan seumur hidup. Untuk menjaga instrumen keuangan, asuransi ideal untuk memenuhi kebutuhan Anda. Maka dari itu jangan sampai salah pilih saat ingin mengajukannya. Perhatikan 6 poin penting di bawah ini sebelum memilih produk asuransi tertentu, antara lain:

  1. Produk asuransi itu ada banyak. Jadi pastikan Anda memahami jenisnya dulu sebelum memilihnya. Misalnya saja seperti asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan bermotor, pendidikan, perjalanan, dll. Masing-masing asuransi mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. DIsamping itu layanan dan preminya juga tidak sama, tergantung dari kelasnya. Jadi pahami informasinya dengan baik sebelum menentukan pilihan supaya mendapatkan produk yang tepat sesuai kebutuhan.
  2. Sebagai pemegang polis, Anda berhak menerima uang pertanggungjawaban saat terkena musibah, misalnya kecelakaan, sakit, atau meninggal dunia. Nominal biaya pertanggungan tidak sama tergantung dari biaya premi dan kelas yang dibayar setiap bulan. Semakin besar preminya, layanan dan uang pertanggungannya semakin besar. Namun sebaiknya perhatikan bahwa biaya pertanggungan hanya akan diberikan ketika ada bukti tertulis saat mengajukan klaim supaya tidak tertunda.
  3. Sebelum memilih produk asuransi tertentu, sebaiknya cari tahu rumah sakit rekanan yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut. Meskipun perusahaan tersebut menyatakan telah memperluas jaringannya, namun Anda tetap harus tahu nama rumah sakitnya untuk pertimbangan bila ingin berobat. Karena tidak semua rekanannya beroperasi di wilayah Anda.
  4. Sama halnya dengan investasi, asuransi juga menawarkan manfaat jangka panjang mulai dari 10 hingga 15 tahun. Bila Anda memilih jangka waktunya kurang dari 5 tahun, maka keuntungannya kurang maksimal. Untuk itu tanyakan rumus perhitungan keuntungan asuransi sebelum memilihnya untuk melihat jumlah keuntungan Anda selama jangka waktu tertentu.
  5. Mengajukan klaim itu harus dalam waktu yang tepat. Karena pemegang polis wajib memenuhi ketentuan dan persyaratan sesuai kesepakatan untuk mempercepat pengajuan klaim. Jadi ingat bahwa polis tidak dapat diajukan sesuka hati tanpa ada bukti dan surat dari rumah sakit rekanan. Selain harus memahami peraturan klaimnya, sebaiknya bersabarlah menunggu sampai uang pertanggungjawabannya cair.
  6. Asuransi itu diperlukan untuk mengantisipasi saat terjadi hal yang buruk secara tiba-tiba. Jadi pilih jenis asuransi sesuai kebutuhan dan anggaran preminya. Supaya premi bulanannya tidak memperberat keuangan Anda nantinya.

Saat bingung memilih produk asuransi seperti yang yang sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya perhatikan dulu beberapa penjelasan di atas. Sehingga Anda bisa mendapatkan manfaatnya dan surat pengajuan asuransi dikabulkan. Disamping itu, cobalah untuk mencari informasi terbaru seputar produk asuransi yang terkait supaya keuntungan yang didapatkan semakin maksimal.

Lindungi Keluarga Dengan 3 Asuransi Ini