Interpersonal Skills

Mengenal Interpersonal Skills Beserta Contoh dan Cara Memaksimalkannya

0 views

Interpersonal Skills atau keterampilan interpersonal merupakan salah satu soft skills yang paling dibutuhkan zaman sekarang. Selain berguna saat kita di dunia kerja, keterampilan ini juga berguna dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa penting? Yuk kita pahami dulu apa itu interpersonal skill, beberapa contohnya, dan bagaimana cara memaksimalkannya.

Apa Itu Interpersonal Skills?

Interpersonal Skills

Apakah Anda penasaran dengan pengertian interpersonal skills? Mari kita mulai dari beberapa pengertian menurut para ahli. Di bawah ini adalah 3 ahli yang pernah menjelaskan mengenai interpersonal skill.

a. Bierman dan Suchy
Interpersonal skills merupakan salah satu faktor yang paling penting bagi kesuksesan seseorang dalam menjalani proses hidupnya.

b. Spitzberg dan Cupach
Keahlian interpersonal adalah sebuah kemampuan seseorang untuk melakukan suatu komunikasi secara efektif

c. Jerving
Interpersonal skills merupakan sebuah kemampuan untuk membangun dan juga menjaga hubungan secara efektif
Dari 3 pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa interpersonal skills adalah sebuah kemampuan untuk berinteraksi, berkomunikasi, membangun, serta menjaga suatu hubungan dengan orang lain di berbagai situasi dan keadaan.

Manfaat Interpersonal Skills

Interpersonal Skills

Di dunia kerja, keterampilan ini sangat penting sekali. Sebab, skill ini dapat membuat kita lebih mudah untuk bekerja sama dengan orang lain, mulai dari atasan, klien, ataupun rekan kerja.Oleh karena itu, interpersonal skill sangat penting untuk kita miliki.

Lalu, apa saja manfaat dari interpersonal skill bagi diri kita? Nah, mari kita bahas secara lebih lengkap. Jadi, interpersonal skill memungkinkan kita dapat menjaga hubungan baik antar sesama, baik dengan keluarga maupun kerabat. Hal ini terjadi karena kita sudah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan mudah dipahami oleh mereka atau orang yang kita ajak berkomunikasi.

Kemampuan ini bisa diwujudkan melalui tindakan, taktik, atau diplomasi yang kita gunakan ketika berinteraksi dengan orang lain. Dengan kemampuan ini juga kita bisa memiliki sikap toleransi, mempunyai empati, dan bisa menghargai orang lain. Bahkan, cara kita dalam menyampaikan ataupun menerima kritik sangat dipengaruhi oleh interpersonal skill yang kita punya.

Contoh-contoh Interpersonal Skills

Keterampilan ini juga dikenal sebagai social skill. Hal ini terjadi karena kemampuan tersebut selalu berkaitan dengan hubungan sosial. Pada dasarnya, skill tersebut yaitu berkaitan dengan bagaimana kita bisa beradaptasi dengan orang lain. Berikut ini adalah beberapa contoh keterampilan interpersonal yang bisa menjadi referensi Anda dalam memahaminya.

1. Menyimak atau Memperhatikan

Meski terkesan sepele, namun sikap ini merupakan salah satu keterampilan yang tidak mudah untuk dilakukan. Menyimak atau mendengarkan untuk beberapa orang sangat sulit dilakukan. Terlebih untuk orang-orang yang selalu menyela cerita teman atau orang lain yang sedang mencurahkan isi hatinya.

Barangkali, masih banyak orang yang ingin selalu menjadi pusat perhatian. Sehingga mereka selalu menyela pembicaraan orang lain. Padahal sebenarnya kita harus mengetahui kapan kita harus berbicara dan kapan kita harus mendengarkan. Itulah mengapa, skill ini terkesan sepele namun ternyata sulit dilakukan.

2. Berkomunikasi Secara Efektif

Kualitas dalam berkomunikasi tidak hanya ditentukan oleh pesan secara verbal yang disampaikan seseorang. Namun, bagaimana cara mereka menyampaikannya juga mengimplemasikan sebuah pesan tersendiri.
Misalnya pesan yang kita kirim melalui SMS, chat, atau mungkin melalui komentar di media sosial. juga merupakan cerminan tentang bagaimana cara kita berkomunikasi kepada orang lain. Pemilihan kata yang pas dan tepat, mudah dipahami, dan tidak bertele-tele merupakan contoh interpersonal skills yang bagus dan wajib kita miliki.

3. Empati

Orang-orang yang mempunyai empati akan mampu memahami apa yang dirasakan oleh orang lain. Tak heran jika orang-orang yang memiliki rasa empati yang tinggi selalu membawa aura positif pada bagi lingkungan sekitarnya. Umumnya orang yang memiliki kemampuan ini lebih mudah bergaul dan mempunyai banyak teman.

4. Problem Solving

Mungkin kita semua sudah tahu bahawa di dalam kehidupan pasti akan ada masalah yang muncul dan menghampiri. Oleh karena itu, interpersonal skill yang satu ini wajib Anda miliki. Orang yang mempunyai orientasi problem solving yang baik biasanya akan selalu berpikir kritis dan memiliki nalar yang logis.Selain itu, kita juga membutuhkan sikap ulet dalam menyelesaikan suatu masalah, apapun itu.

5. Kepemimpinan

Tidak perlu menunggu sampai jadi seorang pemimpin untuk belajar interpersonal skills yang satu ini. Kepemimpinan atau leadership merupakan salah satu contoh kemampuan interpersonal yang mengintegrasikan banyak skills sekaligus.

Jadi, orang-orang yang memiliki kemampuan leadership yang baik, umumnya juga akan memiliki rasa empati, bisa diandalkan, dan bisa berkomunikasi secara efektif. Selain itu, orang tersebut pasti bisa menjadi pendengar yang baik, memberi feedback kepada lawan bicara dengan sopan, mengkritik dengan tepat, dan juga mahir dalam hal bernegosiasi.

Oleh karena itu, sebagian besar orang yang memiliki kemampuan leadership mampu bekerja sama dengan orang lain. Bahkan kerja tim yang terlihat biasa saja, akan menjadi sebuah kerja tim yang bagus jika dibarengi dengan leadership yang baik.

Cara Memaksimalkan Interpersonal Skills

Setelah mengetahui beberapa contoh interpersonal skills yang perlu Anda miliki. Sekarang mari kita pelajari bagaimana cara memaksimalkan interpersonal skill yang sudah kita miliki.

1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tentu kita akan lebih mudah melakukan adaptasi dengan orang lain, lebih mudah menemukan solusi masalah, mempercayai orang lain, dan lainnya. Lalu bagaimana agar kepercayaan diri kita meningkat? Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah bersikap ramah dan murah senyum kepada orang lain.

Kemudian biasakan diri untuk menghargai orang lain saat mereka sedang berbicara, yaitu menyimaknya, mendengarkan, serta memahami apa yang mereka sampaikan. Dengan bekal pemahaman yang utuh, maka kita bisa menyampaikan segala sesuatu dengan lebih percaya diri.

2. Minta Feedback Dari Orang Terdekat

Jika Anda ingin mengetahui seberapa baik kemampuan interpersonal yang Anda kembangkan selama ini. Maka cobalah untuk meminta feedback dari orang yang dekat dengan Anda. Tanyakan kesan mereka selama berhubungan dengan Anda. Mulai dari, apakah Anda sudah menjadi pendengar yang baik atau sudahkan Anda menjadi teman yang baik. Berbekal informasi tersebut, Anda bisa memulai untuk memperbaiki apa yang kurang dari interpersonal skill Anda.

3. Bertanya dan Menyimak

Usahakan untuk selalu menyimak dan memberikan feedback yang baik kepada teman Anda yang sedang bercerita. Lakukan itu secara berkala. Jika sudah bisa menahan ego untuk tidak menyela ataupun memotong pembicaran orang lain. Maka tak butuh waktu lama, keterampilan interpersonal tersebut akan menyatu dalam diri Anda.

4. Bayangkan Jika Kita Berada di Posisi Orang Lain

Ketika Anda sedang berinteraksi dengan orang lain, usahakan untuk tidak buru-buru bereaksi atas apa yang mereka sampaikan. Ambil sedikit jeda untuk membayangkan jika Anda diposisi orang tersebut. Apa yang sebenarnya dirasakan mereka, apa yang akan membuat mereka kecewa, apa yang bisa orang lain perbuat terhadap mereka, dan lainnya.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memberikan feedback yang baik kepada orang lain. Sebab, Anda sudah mengetahui perasaan mereka dan apa yang seharusnya mereka dapatkan dari lawan bicaranya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai interpersonal skills beserta contoh dan cara memaksimalkannya. Apapun yang akan Anda pilih, penting untuk kita selalu berusaha memperbaiki diri serta mengembangkan interpersonal skill yang sudah dimiliki. Sebab, kemampuan tersebut tidak hanya akan berpengaruh pada diri kita saat kerja, namun juga bisa membuat hidup kita menjadi lebih baik lagi dan berkualitas.

Gallery for Mengenal Interpersonal Skills Beserta Contoh dan Cara Memaksimalkannya