investasi emas

Investasi Emas vs Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan?

0 views

Bicara soal investasi, mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Dunia digital yang semakin berkembang tentunya menjadi salah satu pendorongnya. Banyaknya keuntungan yang bisa didapat dengan investasi membuat banyak orang, terutama kaun milenial semakin banyak mengikuti berbagai investasi. Salah satu yang kini sedang marak dipasaran adalah investasi emas. Namun di sisi lain, Anda juga masih bisa melakukan investasi saham. Nah, di antara investasi emas dan saham, mana yang kira-kira lebih menguntungkan? Jika ingin berinvestasi, ada baiknya Anda baca lebih dulu ulasan berikut ini.

Kelebihan Investasi Emas dan Hal Penting Lainnya

Belakangan investasi emas kembali menarik perhatian. Pasarannya pun kini mulai menyasar para kaum milenial. Investasi ini barangkali terdengar cukup kuno. Namun saat ini, tak sedikit yang kembali melakukan investasi emas. Adapun cara-cara yang dipakai pun tak lagi sama. Konsep baru yang ditawarkan dalam investasi emas kali ini membuat para kaum milenial lebih tertarik. Meski tak sedikit pula yang menganggapnya kuno dan ketinggalan jaman.

Meski begitu, emas sebenarnya memiliki kelebihan tersendiri untuk dijadikan sebagai investasi. Bahkan beberapa orang juga menganggap investasi ini sebagai objek tertua yang terbaik. Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan memilih investasi emas. Mengapa bisa begitu? Berikut adalah beberapa kelebihan emas sehingga dijadikan sebagai investasi:

  • Nilai emas dari waktu ke waktu selalu mengalami kenaikan dan cenderung stabil. Bahkan, apabila mengalami penurunan, tidak akan berlangsung lama, dan bisa jadi ada pengaruh dari harga emas dunia
  • Emas dapat dijadikan investasi dalam jangka panjang dan cukup aman, karena tidak akan lekang oleh waktu.
  • Adapun selisih harga beli dan harga jualnya atau gainnya minimal sampai 30%.

Nah, tentu saja hal tersebut sangat mendukung keinginan Anda untuk memperoleh keuntungan dari investasi. Adapun kelebihan di atas juga sudah menjelaskan bahwa emas sangatlah aman dijadikan investasi. Jadi, jika Anda masih bingung ingin berinvestasi apa, maka investasi dengan barang riil atau nyata ini dapat menjadi solusinya. Apalagi, syarat untuk berinvestasinya pun lebih mudah. Kalian tak memerlukan dana atau modal yang sangat besar untuk sekedar membeli emas batangan ataupun perhiasan.

Ohya, akan tetapi ketika Anda memutuskan untuk melakukan investasi emas, ada baiknya Anda tidak menggunakan emas dalam bentuk perhiasan. Kenapa? Karena jika membeli emas perhiasan, sudah ada komponen biaya pembuatannya. Maka dari itu, di toko emas harga yang dijual bukan lagi harga murni emas, namun sudah ada komponen harga pembuatannya. Lalu semakin bagus dan rumit bentuk perhiasannya, maka semakin mahal pula biaya pembuatannya.

Namun ada cara lain jika Anda ingin berinvestasi dengan uang. Di sini, Anda bisa memilih menggunakan emas yang berkualitas bagus. Paling tidak, Anda membeli emas standar Logam Mulia dengan kadar kemurnian mencapai 99,9%. Kemudian, jangan lupa pula jika Anda membelinya di toko emas, pastikan bahwa toko tersebut telah memiliki sertifikat, yaitu sertifikat yang asli dari Antam atau yang telah mengeluarkan logam mulia. Anda juga perlu memastikan bahwa toko tersebut merupakan toko yang terpercaya.

Kelebihan Investasi Saham dan Hal Penting Lainnya

investasi emas

Beberapa orang mungkin masih asing dengan saham. Sebab memang bisnis investasi saham ini banyak digeluti oleh orang-orang tertentu saja. Kebanyakan yang berinvestasi di sini adalah mereka dari kalangan pengusaha dan program studi bisnis. Jadi wajar saja ketika masyarakat umum masih banyak yang belum tahu. Apalagi di media massa sering ada berita mengenai para pemegang saham yang mengalami kerugian.

Akan tetapi dengan kemajuan dunia digital saat ini, makin banyak kaum milenial yang melirik bisnis investasi. Salah satu yang mereka ikuti adalah investasi saham. Maka dari itu, investasi saham pun menjadi semakin mudah. Investasi ini tak hanya bisa dilakukan secara manual saja, namun Anda bisa mendownload aplikasi khusus yang memang digunakan untuk bermain saham. Jadi, dengan mengandalkan smartphone saja, Anda sudah bisa berinvestasi dengan menanam saham.

Karena makin banyak yang berinvestasi, tentu ada yang melatarbelakanginya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan investasi saham yang bisa Anda dapatkan.

1. Tidak membutuhkan modal yang besar

Jika dahulu Anda takut berinvestasi karena modal yang harus besar, kini Anda bisa berinvestasi saham.  Karena saat ini, Anda tak membutuhkan modal yang besar untuk bisa menanamkan modal. Saham saat ini per lembarnya dijual mulai dari Rp 2.000. Harga tersebut juga akan dipengaruhi oleh stabilitas, popularitas, dan kredibilitas perusahaan yang bersangkutan. Namun hal ini tentu memberikan kesempatan yang sangat lebar bagi Anda untuk bisa mulai berinvestasi dengan modal kecil.

2. Sangat mudah dilakukan

Barangkali untuk bisa menanamkan saham, dulu Anda harus pandai dalam mengelolanya. Anda harus bisa membaca peluang dan mencari kesempatan. Hal inilah yang membuat tak banyak orang mampu melakukannya. Namun saat ini, jika Anda masih belum memiliki kemampuan tersebut, tak usah khawatir. Anda bisa menggunakan pialang ahli atau moderator. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang secara otomatis akan melakukan sistem bidding. Pun saat ini, bursa saham sudah semakin variatif.

3. Memberi keuntungan yang menjanjikan

Apabila Anda sudah pandai dalam bermain saham, maka Anda bisa saja mendapat keuntungan yang besar. Bahkan bisa sampai 100% dari keseluruhan modal yang dimiliki. Tentu saja keuntungan tersebut bisa diperoleh melalui jual beli atau transaksi yang dilakukan dengan investor lainnya. Karena keuntungan inilah beberapa orang menjadi tertarik untuk menanamkan uangnya untuk berinvestasi dengan membeli dan menjual saham.

Akan tetapi, meski dibilang menguntungkan dan cukup menjanjikan, yang namanya bisnis tentu tak bisa berjalan mulus. Begitu juga dengan investasi. Ada beberapa kelemahan yang bisa menjadikan investasi merosot atau tidak menemui hasil. Nah, berikut ini adalah beberapa kekurangan investasi dengan saham.

1. Tidak ada Gain dari Trading

Ketika sebuah perusahaan mengalami pailit atau rugi, maka pemegang saham akan dengan segera menjual sahamnya. Nah, saat melakukan transaksi dalam keadaan seperti ini, biasanya pihak investor akan mengalami kerugian. Karena tentu harga per lembar yang dijual tidak bisa lebih tinggi dari harga beli saat perusahaan masih bagus.

2. Terkena Kasus Perusahaan

Saat Anda memiliki saham di perusahaan, tentu Anda memiliki hak dan kewajiban. Di mana jika perusahaan sampai tersangkur sebuah kasus, maka Anda juga harus ikut bertanggung jawab. Begitu pula ketika perusahaan sedang mengalami kerugian, Anda pun harus ikut andil untuk mengatasinya. Di samping itu, Anda juga akan mengalami kerugian juga.

Nah, itulah tadi bagaimana investasi emas vs investasi saham. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bergantung bagaimana cara Anda mengelola dan mengatasi setiap permasalahan yang muncul saat berinvestasi. Jadi, sebelum mulai investasi, ada baiknya jika Anda tetap memperhitungkan kemampuan dan efektifitas tiap jenisnya. Dengan begitu, Anda bisa bersiap untuk segala kemungkinan yang akan terjadi.

Gallery for Investasi Emas vs Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan?