Kupas Tuntas Kampus Terbaik Jurusan Teknologi Informasi

19 views

Kampus Terbaik Jurusan Teknologi Informasi

Kampus Terbaik Jurusan Teknologi Informasi

Buat kamu yang saat ini sedang mencari informasi tentang jurusan kuliah, Jurusan Teknologi Informasi mungkin bisa menjadi pilihan. Selain karena lulusan Teknologi informasi banyak dibutuhkan oleh perusahaan, gaji yang ditawarkan juga sangat menggiurkan. Pilihlah kampus terbaik jurusan teknologi informasi untuk mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

 Apa Itu Teknologi Informasi?

Teknologi informasi (TI) melibatkan penggunaan komputer, penyimpanan, dan perangkat jaringan untuk membuat, memproses, menyimpan, berbagi, dan mengamankan data elektronik.  Ini adalah bidang yang berkembang pesat, sebagian besar karena tingginya permintaan akan layanan TI di semua industri.  Program gelar TI mempersiapkan siswa untuk mendapatkan gaji yang berpotensi menguntungkan saat bekerja untuk departemen TI dan perusahaan konsultan.  Upah tahunan rata-rata untuk karier TI  jauh lebih tinggi daripada itu untuk semua pekerjaan.

 Mengapa Kuliah Di Jurusan Teknologi Informasi?

TI mencakup berbagai layanan dukungan komputer dan jaringan yang dibutuhkan oleh sebagian besar jenis perusahaan dan organisasi, terutama dalam bisnis, manufaktur, dan pemerintahan.  Banyak spesialis TI bekerja sebagai administrator jaringan dan analis keamanan, mengelola sistem perangkat keras dan perangkat lunak, serta memecahkan masalah teknis.  Karena lebih banyak data disimpan di luar lokasi, bisnis juga mempekerjakan profesional TI untuk membantu kebutuhan komputasi awan mereka.  Program gelar sarjana mempersiapkan siswa untuk posisi tingkat awal dan menengah di seluruh spektrum TI.

Program kuliah TI empat tahun menawarkan belajar dasar komputer serta kesempatan untuk berspesialisasi di berbagai bidang seperti manajemen basis data, keamanan informasi, dan pengembangan perangkat lunak.  Gelar lanjutan membawa mata pelajaran ini ke tingkat berikutnya, untuk siswa yang ingin bekerja sebagai administrator database senior, analis sistem komputer dan pengembang perangkat lunak. Itulah sebabnya memilih kampus terbaik jurusan Teknologi Informasi sangat penting.

 Apa yang dipelajari di jurusan Teknologi Informasi?

Mahasiswa yang memperoleh gelar sarjana TI selama empat tahun mempelajari keterampilan teknis, operasional, dan pemecahan masalah yang diperlukan untuk kemajuan karir.

Di bawah ini adalah contoh mata kuliah yang dapat diambil siswa dalam program gelar sarjana IT.

  • Dasar-dasar Teknologi Informasi

Pengenalan luas tentang alat dan aplikasi yang berkaitan dengan komputer pribadi, aplikasi PC, jaringan, dan pengembangan web yang diperlukan dalam lingkungan TI.

  • Analisis dan Desain Sistem Bisnis

Pelajaran menguji peran sistem informasi dalam organisasi bisnis, termasuk konsep dan metodologi pengembangan sistem informasi bisnis.

  • Fase siklus hidup pengembangan sistem
  • Input dan output sistem
  • Proses sistem, peristiwa, dan aliran data
  • Alat analisis dan desain sistem
  • Masalah Hukum dalam Keamanan Internet
  • Menjelajahi bagaimana melindungi kekayaan intelektual dan kerahasiaan, melindungi konsumen dari identitas dan pencurian akun, dan melindungi perusahaan dari tuntutan pidana dan perdata.
  • Dasar-dasar Desain Web

Siswa mengeksplorasi dasar-dasar konstruksi, desain, dan pemeliharaan situs web menggunakan XHMTL dan CSS serta konsep desain situs web estetika, bisnis, dan teknis.

  • Menginstal dan Mengkonfigurasi Windows Server

Infrastruktur Server MCSE;  membahas cara menginstal, mengkonfigurasi, dan memecahkan masalah sistem operasi Windows Server

  • Mengkonfigurasi peran dan fitur server
  • Konfigurasi Hyper-V
  • Mengkonfigurasikan layanan jaringan inti
  • Instal dan kelola Active Directory
  • Strategi pemasaran

Analisis intensif dari teori dan praktik penelitian kualitatif, desain penelitian, metode pengumpulan data, dan analisis data yang lengkap.

Mempelajari langsung semua mata kuliah di atas dari kampus terbaik jurusan teknologi informasi adalah yang terbaik.

 

 Prospek Kerja Jurusan Teknologi Informasi

Munculnya layanan cloud dan big data, transisi ke pencatatan digital dalam perawatan kesehatan, dan pertumbuhan sektor energi yang memanfaatkan teknologi adalah salah satu alasan utama layanan TI melihat permintaan yang tinggi di berbagai sektor.  Faktanya, profesi TI adalah salah satu sumber pertumbuhan pekerjaan terbesar dan tercepat di dunia.

Mereka yang ingin bergabung dengan bidang TI dapat memilih untuk berspesialisasi dalam sejumlah bidang bergantung pada minat dan jenis pendidikan dan pelatihan yang ingin mereka selesaikan.  Diuraikan di bawah ini hanyalah beberapa jalur karir yang tersedia di bawah payung teknologi informasi.

 Analis Sistem Komputer

Para profesional ini adalah penghubung antara manajemen dan departemen TI.  Sering dipekerjakan sebagai konsultan, analis sistem komputer harus mampu melihat secara menyeluruh sistem komputer perusahaan dan kemudian mengidentifikasi cara untuk meningkatkan efisiensinya.  Karena bisnis perlu mempekerjakan analis sistem komputer untuk mengatur ulang departemen TI.

 Administrator Jaringan dan Sistem Komputer

Pengoperasian jaringan komputer sehari-hari merupakan tanggung jawab kritis di hampir setiap jenis organisasi.  Administrator jaringan dan sistem komputer menangani tugas-tugas yang terkait dengan operasi sistem komputer, seperti mengatur, menginstal dan mendukung jaringan area lokal (LANS), jaringan area luas (WANS), segmen jaringan, intranet, dan sistem komunikasi data lainnya.  Tugasnya termasuk mengawasi penyimpanan email dan data, menjaga workstation bekerja secara efisien, dan mengelola jaringan telekomunikasi.

 Administrator Basis Data

Para profesional ini menyimpan dan mengatur data serta melindungi data dari akses tidak sah menggunakan perangkat lunak khusus.  Administrator database harus mengidentifikasi kebutuhan pengguna untuk membuat dan memelihara database yang efisien.  Saat kebutuhan berubah, mereka juga harus memperbarui izin, menggabungkan database, serta mencadangkan dan memulihkan data.  Beberapa administrator database memilih spesialisasi, seperti administrator database sistem atau administrator database aplikasi.  Sistem DBA menangani persyaratan database fisik seperti mengupgrade program dan memperbaiki bug program dengan patch yang sesuai.  Sebaliknya, DBA aplikasi bekerja dengan aplikasi tertentu dalam database tertentu, seperti perangkat lunak layanan pelanggan.

 Pengembang Perangkat Lunak

Sebagai pemikir kreatif di balik program komputer baru, pengembang perangkat lunak membuat aplikasi dan sistem komputer yang mendasari.  Para profesional ini mulai dengan menentukan kebutuhan pengguna melalui analisis yang cermat dan kemudian merekomendasikan atau mengembangkan peningkatan perangkat lunak.  Mereka harus mendokumentasikan setiap aspek aplikasi untuk pemeliharaan di masa mendatang.  Kolaborasi dengan spesialis komputer lainnya, seperti programmer selama proses pengembangan juga merupakan aspek penting dari pekerjaan tersebut.  Ada dua jenis pengembang perangkat lunak:

 Pengembang Perangkat Lunak Aplikasi

Merancang aplikasi konsumen atau membuat database organisasi.

 Pengembang Perangkat Lunak Sistem

membuat sistem operasi dan membangun antarmuka sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan mudah dengan komputer.

 Pemrogram Komputer

Dengan menulis kode, pemrogram komputer mengimplementasikan rancangan program yang dibuat oleh pengembang perangkat lunak.  Mereka harus menguji program secara teratur, men-debugnya untuk menghasilkan hasil yang diperlukan.  Jika sebuah program tidak bekerja dengan baik, itu adalah tugas programmer untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam kodenya.  Pemrogram komputer dan pengembang perangkat lunak bekerja sama untuk merencanakan perangkat lunak, membuat model dan diagram alur, menulis kode, dan merancang aplikasi yang sederhana dan kompleks.  Mereka harus mampu menulis program dalam berbagai bahasa komputer, seperti C + + dan Java dan menulis ulang program untuk bekerja pada platform sistem yang berbeda.

 Analis Keamanan Informasi

Dengan meningkatnya ancaman serangan dunia maya, analis keamanan informasi menjadi bagian penting dari organisasi mana pun, karena mereka merencanakan dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga jaringan dan sistem komputer tetap aman.  Analis keamanan informasi harus terus memantau jaringan untuk pelanggaran keamanan dan menindaklanjuti penyelidikan.  Mereka harus nyaman menginstal dan menggunakan perangkat lunak yang dirancang untuk melindungi informasi, seperti firewall dan program enkripsi data.  Tanggung jawab lainnya termasuk menyiapkan laporan, melakukan pengujian penetrasi, meneliti standar TI terbaru dan membuat rencana pemulihan bencana.  Para profesional ini sering melapor langsung ke manajemen atas.

Lulusan dari kampus terbaik jurusan teknologi informasi, akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

 

 Ketrampilan yang dimiliki lulusan Teknologi Informasi

Untuk bisa sukses di bidang teknologi informasi diperlukan hard skill dan soft skill.  Berikut ini adalah contoh kemampuan yang biasanya dibutuhkan oleh pemberi kerja TI.

 Kemampuan analisis

Kemampuan untuk menganalisis kebutuhan pengguna sangat penting dalam merancang perangkat lunak dan mengevaluasi kinerja jaringan dan sistem.  Profesional TI harus mampu menafsirkan informasi kompleks dari berbagai sumber dan menentukan bagaimana potensi perubahan akan memengaruhi setiap proyek.

 Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal

Karena profesional TI sering kali bekerja sebagai bagian dari tim, keterampilan interpersonal dan komunikasi yang kuat diperlukan.  Baik itu memberikan instruksi yang jelas kepada seluruh tim proyek atau menjelaskan masalah dan solusi kepada orang-orang di luar departemen TI dalam bahasa yang dapat mereka pahami, profesional TI harus dapat berkomunikasi secara efektif.

Kampus Terbaik Jurusan Hukum

 Keahlian Komputer

Tanpa pemahaman yang komprehensif tentang kemampuan komputer dan bahasa, tidak mungkin merancang perangkat lunak, memperbarui peralatan, mengawasi koneksi, dan memastikan seluruh sistem berfungsi dengan baik.  Profesional TI perlu mempelajari seluk beluk komputer, termasuk mendapatkan pengalaman langsung, agar efektif di tempat kerja.

 Keterampilan Kreativitas

Untuk perancang dan pengembang perangkat lunak, kemampuan berpikir kreatif diperlukan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak yang efektif dan inovatif.  Para pekerja ini harus mampu “berpikir di luar kotak” lebih dari kebanyakan profesional TI, meskipun keterampilan ini berlaku di lapangan secara keseluruhan.

Baca: Rekomendasi Kampus Terbaik Jurusan Elektro

 Keterampilan Multitasking dan Pemecahan Masalah

Bekerja di lingkungan TI membutuhkan kemampuan untuk memecahkan banyak masalah pada saat yang sama karena karyawan sering kali menjadi orang yang “tepat” untuk masalah teknologi apa pun.  Selain mengetahui cara melakukan banyak tugas dengan baik, profesional TI harus dapat memecahkan masalah yang muncul selama proses desain.

Untuk dapat memiliki semua keterampilan di atas dengan baik,  kuliah di kampus terbaik jurusan teknologi informasi harus menjadi pilihan.

 Kampus Terbaik Jurusan Teknologi Informasi

Berikut adalah beberapa kampus terbaik jurusan teknologi informasi di Indonesia yang memiliki nilai akreditasi A dari BAN PT :

  • Universitas Telkom
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Surabaya
  • Universias Bina Nusantara
  • Universitas Ahmad Dahlan
  • Universias Pancasila
  • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogjakarta
  • Universias Hasanuddin
  • Politeknik Negeri Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Dian Nuswantoro
  • Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Presiden
  • Universitas Mercu Buana

Demikianlah informasi tentang kampus terbaik jurusan teknologi informasi yang ada di Indonesia, semoga bisa menjadi bahan referensi untuk Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Kampus Terbaik Jurusan Akuntansi

Gallery for Kupas Tuntas Kampus Terbaik Jurusan Teknologi Informasi

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *