Kenali Apa Itu Dividen Saham dan Ragamnya Agar Tidak Salah Paham
apa itu dividen saham

Kenali Apa Itu Dividen Saham dan Ragamnya Agar Tidak Salah Paham

13 views

Keuntungan menarik yang dapat diperoleh oleh para pemain investor pasar sekunder adalah mendapatkan bagian dividen. Ada beberapa pilihan bagi perusahaan ketika hendak melakukan pembagian keuntungannya. Salah satunya yaitu berupa dividen saham. Pembahasan menarik mengenai apa itu dividen saham, terkadang salah diinterpretasikan sebagai dividen itu sendiri.

Memahami Apa Itu Dividen Saham

Investor pemula biasanya sering keliru memahami apa itu dividen saham perusahaan. Dividen tidak lain merupakan share laba sebuah perusahaan, dalam hal mana sebelumnya telah disepakati melalui RUPS. Namun ternyata, dalam hal pembagiannya, saham-saham tersebut memungkinkan dibayarkan dengan ragam selain kas.

Salah satunya yaitu memberikan tambahan jumlah atau porsi saham. Pembagian bentuk inilah yang dinamakan sebagai dividen saham. Jenis dividen yang sering didengar dan juga dibagikan memang dalam bentuk uang tunai.

Akan tetapi, itu bukanlah maksud dari dividen saham, melainkan merujuk ke definisi dividen tunai. Dalam hal mana, pembagian dengan bentuk cash hanya memungkinkan jika perusahaan benar-benar memiliki cukup dana untuk dibagi kepada para pemegang saham.

Dividen saham umumnya dipilih dalam rangka menjaga arus kas perusahaan tetap stabil. Pembagian dalam bentuk tunai, tentu akan menyebabkan pengeluaran kas dalam jumlah besar, yang tentunya sedikit mengganggu jalannya operasional perusahaan.

Ragam Dividen Perusahaan

Setelah mengetahui apa itu dividen saham serta pembandingnya dengan jenis dividen tunai, ada juga jenis dividen lain yang dapat dipilih perusahaan melalui RUPS, untuk dibagikan. Para calon investor atau pemain saham pemula sebaiknya mempelajari jenis dividen sebagai berikut:

1. Properti

Sesuai dengan namanya, sharing keuntungan ini dilakukan dengan memberikan aktiva selain kas. Seperti halnya pembagian dividen dengan jenis saham, pembagian laba dengan properti dilakukan untuk menjaga kestabilan, khususnya manakala entitas kekurangan likuiditas. Properti tersebut tentu saja yang memiliki komponen sama secara jenis maupun nilai.

Rumitnya mekanisme serta pemilihan properti yang sering tidak disepakati, membuat pilihan ini jarang dipakai oleh banyak entitas. Membagikan dividen properti pun memungkinkan dalam bentuk saham. Namun, saham dalam kasus ini adalah saham milik perusahaan lain yang juga dimiliki oleh entitas tersebut.

2. Skrip

Jenis dividen lain yang bisa dipilih adalah surat utang, atau yang biasa disebut dengan skrip. Jika perusahaan menerbitkan dividen jenis ini, berarti perusahaan memberikan janji bayar untuk para pemegang saham. Sehingga, pada waktu yang telah ditentukan, perusahaan akan membayar sejumlah uang, baik dengan tambahan bunga, atau juga tanpa bunga.

Pemilihan jenis ini pun biasanya diambil ketika perusahaan tidak memiliki cukup kas tunai untuk dibagikan kepada pemegang saham. Akibatnya, perusahaan menjadi memiliki tanggungan utang jangka pendek, yang juga tercatat pada neraca, sampai dengan jatuh tempo dibayarkannya surat utang tersebut kepada yang berhak menerima.

3. Dividen Likuidasi

Tipe pemberian dividen lain adalah liquidating dividend atau dividen likuidasi. Pembagian dividen jenis ini hanya terjadi jika perusahaan harus mengambil langkah likuidasi. Hal itu pun jika perusahaan masih mempunyai sisa kas. Artinya, setelah semua share dibayarkan untuk para pemodal, maka sisa kas itulah yang dinamakan dividen likuidasi.

Memahami apa itu dividen saham dan jenis lain dari dividen dalam dunia saham, menjadi pengetahuan penting bagi para pemain saham. Bukan hanya pemula, tetapi juga para investor yang hendak menanamkan modalnya pada perusahaan. Hal ini karena tidak selamanya perusahaan membagi keuntungannya dalam bentuk tunai, melainkan bisa juga dalam bentuk lain yang disepakati oleh RUPS.

 

Baca Juga: Tata Cara Jual Beli Saham Bagi Pemula