Ketahui Apa Itu P2P Lending dan Kelebihannya, Wajib Tahu Sebelum Pinjam Uang Secara Online
Ketahui Apa Itu P2P Lending?

Ketahui Apa Itu P2P Lending dan Kelebihannya, Wajib Tahu Sebelum Pinjam Uang Secara Online

0 views

Apa itu P2P Lending? Istilah ini memang cukup sering muncul ketika ingin memulai untuk meminjam uang secara online. Bagi yang selalu mengikuti tren seputar finansial pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Namun, bagi orang awam yang baru mengetahui bahwa meminjam uang bisa dilakukan secara online pasti belum mengetahuinya. Oleh karena itu, penting untuk memahami terlebih dahulu pengertian mengenai P2P Lending.

Pengertian Apa Itu P2P Lending?

Di era yang semakin canggih seperti saat ini berbagai hal telah beralih digital, tak terkecuali dalam hal pinjam – meminjam uang. P2P Lending atau Peer to Peer Lending adalah salah satu metode yang dipakai dalam pengajuan dan pemberian pinjaman uang secara online.

Jadi, secara pragmatis P2P Lending dapat diartikan sebagai metode sekaligus wadah untuk mempertemukan seseorang yang ingin mengajukan pinjaman dengan pemberi pinjaman dana. Kehadiran P2P Lending ini tentunya sangat memudahkan bagi siapapun yang ingin mendapat pinjaman dana karena bisa langsung terhubung dengan pemberi pinjaman tanpa melalui pihak ketiga.

Maka, siapapun yang ingin mengajukan pinjaman dana tidak perlu datang ke kantor bank dan persyaratannya pun menyesuaikan berdasarkan kesepakatan dengan pemberi pinjaman. Karena kemudahannya yang mirip seperti menemukan toko saat berbelanja online, tak sedikit orang yang menyebut bahwa P2P Lending mirip seperti marketplace.

Kelebihan P2P Lending

Setelah memahami pengertian P2P Lending, kini waktunya untuk mengetahui apa saja kelebihannya dibandingkan dengan meminjam dana secara konvensional. Selain metodenya yang lebih modern karena dapat dilakukan secara digital, ada beberapa kelebihan lainnya yang dapat menguntungkan bagi peminjam dan pemberi dana, yaitu:

1. Bisa Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan

Seperti diketahui, meminjam dana secara konvensional melalui bank atau layanan jasa lainnya seringkali memberikan syarat yang cukup rumit dan mengharuskan peminjam memberi jaminan. Namun, dalam P2P Lending peminjam dapat berkesempatan memperoleh dana pinjaman tanpa jaminan apapun. Tentunya hal ini berlaku setelah mendapat persetujuan dengan pemberi pinjaman.

2. Proses Pengajuan Pinjaman Lebih Mudah

Karena metodenya yang dilakukan secara online, proses pengajuan pinjaman P2P Lending menjadi lebih mudah karena peminjam tidak perlu datang ke tempat layanan jasa pinjam uang. Maka, selain mudah P2P Lending juga lebih praktis dan dapat menghemat waktu karena seluruh proses pengajuan pinjaman dapat dipantau dari manapun melalui sambungan internet.

Jadi, ketika ada dokumen yang belum lengkap, peminjam tidak perlu bolak-balik bepergian untuk melengkapinya karena dapat dilakukan secara online.

3. Peminjam Bisa Mendapatkan Suku Bunga yang Rendah

P2P Lending langsung menghubungkan peminjam dengan pemberi dana sehingga semua proses pinjam-meminjam, termasuk suku bunga dapat dinegosiasikan oleh kedua belah pihak. Jika pemberi dana tidak keberatan untuk memberikan suku bunga yang tidak besar, maka hal ini akan sangat menguntungkan bagi peminjam.

Maka, bagi peminjam sebaiknya komunikasikanlah dengan baik terkait kemampuan dalam membayarkan bunga. Jangan takut untuk menawar atau mengajukan suku bunga yang rendah dan sesuai dengan kemampuan dalam membayarnya.

4. Pencairan Dana Pinjaman Lebih Cepat

Dalam mengajukan pinjaman dana, peminjam dapat melengkapi persyaratan dengan mengunggah dokumen. Dengan begitu, dokumen tersebut akan lebih cepat diverifikasi karena proses yang dilakukan secara online relatif lebih cepat. Setelah pengajuan dana disetujui, peminjam akan segera dikabari melalui pesan atau email yang didaftarkan dan pinjaman dapat segera dicairkan.

5. Bagi Pemberi Dana, Bisa Menyalurkan Uang dengan Nominal Kecil

Selain memberi keuntungan bagi peminjam, pemberi dana juga dapat merasakan manfaat dari P2P Lending. Yaitu, bisa meminjamkan dana dengan nominal kecil seperti Rp.100.000 saja. Kemudahan seperti ini tentunya sangat bermanfaat bagi siapapun yang ingin mulai menginvestasikan dana dengan jumlah yang kecil.

Itulah penjelasan mengenai apa itu P2P Lending dan kelebihannya yang dapat dijadikan referensi. Setelah memahaminya, jangan lupa untuk mencobanya sebagai peminjam atau pemberi dana.

 

Baca Juga: Peluang Bisnis Di Masa Pandemi Yang Menguntungkan