Keuntungan Memiliki Asuransi Pasutri bagi Pasangan Muda

Keuntungan Memiliki Asuransi Pasutri bagi Pasangan Muda

46 views

Keuntungan Memiliki Asuransi Pasutri bagi Pasangan Muda

Pasangan muda milenial harus merencanakan masa depan melalui asuransi pasutri. Jaman semakin maju menuntut semua pekerjaan serba cepat yang berpengaruh terhadap rutinitas setiap orang. Perubahan gaya hidup menjadi lebih konsumtif dan mengedepankan gengsi tidak dapat dihindari. Keadaan seperti ini tanpa disadari berdampak pada kondisi perekonomian.

Seakan bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari menyebabkan kurangnya kesadaran menabung. Alih-alih menabung, kelebihan penghasilan justru dimanfaatkan untuk kebutuhan tersier. Hiburan, traveling, belanja tidak dapat dipisahkan dari kehidupan anak muda. Sehingga jika terjadi suatu resiko diluar perkiraan mereka memilih berhutang.

Menabung harus dipaksakan jika ingin memiliki jaminan kesejahteraan di hari tua. Sebab semakin bertambah tahun kebutuhan semakin meningkat. Sedangkan penghasilan dari bekerja belum mengikuti secara signifikan. Bagi pasangan baru perlu mempertimbangkan kepemilikan asuransi karena banyak keuntungannya. Berikut manfaat asuransi untuk pasutri, antara lain:

  • #1 Keuangan Lebih Terencana dengan Asuransi Pasutri

Tidak semua orang memiliki kemampuan manajerial yang bagus terutama dalam hal keuangan. Kecenderungan mengikuti tren di masyarakat sangat besar. Seringkali orang membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Hanya mengikuti tetangga sekitar karena lebih dulu memiliki dan ingin dianggap sepadan dengan orang lain.

Padahal penghasilan setiap orang tidak sama, kebutuhannya juga berbeda. Jika tren yang berkembang di masyarakat selalu diikuti berbahaya bagi neraca keuangan. Terutama bagi pasangan muda, masih banyak kebutuhan lain yang lebih penting. Mulai dari kepemilikan rumah lengkap dengan perabot rumah tangga, fasilitas transportasi dan sebagainya.

Maka penting memiliki asuransi pasutri karena dapat membantu mengatur keuangan. Bagi yang memiliki sifat konsumtif asuransi bermanfaat sebagai pengalihan pengeluaran. Pihak asuransi yang ditunjuk bisa sekaligus berlaku sebagai financial advisor. Membantu merencanakan keuangan untuk kebutuhan yang lebih penting dimasa depan tanpa mengganggu alokasi kebutuhan pokok.

Sulit menyisihkan penghasilan untuk tabungan? Pihak asuransi akan memberikan solusi terbaik. Menabung tetapi tidak terasa berat karena jumlah yang disetor cukup terjangkau. Disesuaikan dengan jumlah penghasilan rumah tangga dan kemampuan menyisihkannya. Kebutuhan pokok tetap terpenuhi dengan baik dan masa depan lebih terjamin.

Asuransi Jiwa Tidak Diperlukan Jika Memenuhi 6 Persyaratan ini

Dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik mengurangi kemungkinan memiliki hutang. Sebab sudah ada dana cadangan yang bisa digunakan untuk kondisi tertentu. Pasangan baru bisa fokus memenuhi kebutuhan lain seperti kepemilikan rumah, kendaraan pribadi, perjalanan religi atau kebutuhan hiburan dengan tenang tanpa harus mengajukan pinjaman.

  • #2 Jaminan Kesehatan

Kesehatan merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi oleh siapapun. Tidak ada yang menginginkan sakit namun perlu mempersiapkan dana cadangan khusus jika mengharuskan perawatan medis. Sebab biaya pengobatan semakin tahun semakin tinggi dan tidak semua orang sanggup memenuhi. Sangat menguntungkan jika sudah memiliki asuransi kesehatan sebelumnya.

Bagi pasangan muda memiliki asuransi pasutri sangat penting guna menjamin kesehatan diri sendiri, pasangan serta anak. Tidak ada yang bisa menjamin seseorang terhindar dari resiko sakit. Meskipun tidak ada riwayat penyakit serius dari faktor keturunan dan menerapkan pola hidup sehat kondisi kesehatan bisa mengalami penurunan.

Resiko kecelakaan bisa mengintai setiap waktu. Kecelakaan lalu lintas, karena bencana alam, atau akibat dari aktivitas fisik beresiko lainnya adalah kondisi yang tidak diprediksi. Meskipun bisa dilakukan upaya pencegahan tetapi tidak ada salahnya menyiapkan dana khusus jika kondisi tersebut dialami.

Resiko kesehatan bisa terjadi pada pasangan dan anak. Kelebihan memiliki asuransi pasutri dalam hal ini adalah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan biaya perawatan seluruh anggota keluarga. Jaminan kesehatan bisa didapatkan melalui asuransi kesehatan swasta maupun Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Untuk kondisi tertentu bisa jadi asuransi tidak mengcover biaya perawatan secara penuh. Namun tetap memberikan manfaat sebab meringankan beban biaya yang harus ditanggung. Bagi pasangan muda yang masih perlu membangun pondasi perekonomian hal ini sangat membantu. Alokasi kebutuhan kesehatan meskipun tidak besar tetapi wajib diperhitungkan.

  • #3 Keamanan Aset¬†

Tidak ada yang menjamin bahwa rumah, tempat bisnis, kendaraan pribadi atau asset berharga lainnya selalu dalam kondisi aman. Resiko kebakaran, kerusakan, pencurian, bencana alam bisa saja dialami. Bahkan untuk lokasi tertentu resiko bisa menjadi lebih tinggi. Misalnya rumah yang berada dekat dengan bukit rawan longsor.

Memiliki rumah adalah kebutuhan pokok setiap pasangan bahkan semua orang pada umumnya. Semakin tahun harga tanah maupun rumah mengalami peningkatan signifikan. Itu sebabnya investasi properti sangat menguntungkan karena harganya pasti naik, namun dibalik itu resikonya juga perlu diperhatikan. Memiliki rumah harus siap dengan biaya perawatan.

Faktor penggunaan bisa menyebabkan rumah mengalami kerusakan sehingga perlu renovasi. Musibah seperti kebakaran atau karena faktor alam juga perlu dipertimbangkan. Meskipun kondisi tersebut tidak diharapkan tetapi kemungkinan terjadi tetap ada. Lebih tenang jika memiliki asuransi pasutri yang mampu menjamin biaya pada kondisi tak terduga tersebut.

Asuransi bangunan seperti rumah, ruko atau bangunan lain sangat penting untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Dengan membayar sejumlah premi yang lebih terjangkau dapat digunakan untuk mengcover kebutuhan lebih besar. Misal terjadi kebakaran atau aksi vandalisme biaya yang dibutuhkan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta.

Inilah Produk Asuransi Yang Cocok Untuk Anda

Resiko lain yang bisa saja terjadi adalah terjadinya pencurian harta benda berharga. Tidak hanya untuk melindungi asset berupa bangunan, asuransi pasutri bisa untuk kendaraan. Seperti diketahui musim hujan sangat beresiko banjir terutama yang tinggal didaerah langganan banjir seperti ibu kota.

  • #4 Pendidikan Anak Terjamin

Menikah berarti harus bersiap menjadi orang tua. Anak merupakan hal yang paling diimpikan banyak pasangan baru. Memiliki anak berarti harus mempersiapkan segala kebutuhan saat ini hingga nanti. Salah satu yang penting adalah pendidikan dimana setiap orang pasti menjalani masa sekolah baik formal maupun non-formal.

Di Indonesia sendiri biaya pendidikan terbilang mahal dan selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya. Bahkan saat ini sistem pendidikan Indonesia sudah mengarah pada kapitalis dimana peran sekolah swasta sangat besar. Orang tua lebih suka memasukkan anaknya ke sekolah swasta dengan ongkos pendidikan lebih mahal dibanding negeri.

Alasan paling mendasar adalah karena sekolah swasta memiliki kualitas sumber daya manusia lebih baik dengan sistem lebih maju. Hal ini tidak bisa dipungkiri sebab output sekolah swasta terbukti memiliki kualitas unggul. Ingin memberikan pendidikan terbaik untuk putra-putri tercinta, wajib menyiapkan dana lebih.

Mulai dari pendidikan pra-sekolah hingga perguruan tinggi harus diperhitungkan sejak awal. Inilah pentingnya memiliki asuransi pasutri, sebab perencanaan biaya pendidikan lebih mudah. Pasangan muda yang sudah memiliki jaminan pendidikan bagi putra-putrinya lebih tenang dan fleksibel dalam memilih sekolah. Sehingga tidak perlu khawatir dengan masa depannya.

Kenaikan biaya pendidikan setiap tahun hingga perhitungan kapan anak masuk jenjang pendidikan lebih tinggi bisa diantisipasi. Proses pendidikan anak lebih lancar serta kebutuhan selama belajar terpenuhi. Menariknya tidak perlu memaksakan diri membayar mahal tetapi bisa dicicil sejak dini melalui asuransi pasutri khusus untuk pendidikan.

Baca Juga: Sering Melakukan Perjalanan? Lindungi Diri Anda Dengan Asuransi ini