Keuntungan Usaha Bengkel Motor Yang Bisa Diketahui

17 views

 

bengkel sepeda motor

Usaha Bengkel Motor Yang Perlu Diketahui

Suka dengan dunia otomotif? Jika bingung ingin berbisnis di bidang apa, mengapa tidak coba saja membuka bengkel motor? Keuntungan usaha bengkel motor tidak bisa dipandang sebelah mata juga kok. Apalagi jika melihat fakta di lapangan, perhatikan saja motor adalah jenis kendaraan yang paling banyak melintas di jalan raya.
Rata-rata masyarakat Indonesia lebih menyukai menggunakan motor ketimbang kendaraan lain. Terutama di daerah perkotaan yang rawan kemacetan, pakai motor adalah solusi terbaik. Berangkat dari fakta inilah, peluang usaha bengkel motor dinilai cukup besar. Selain itu ada banyak sekali keuntungan usaha bengkel motor yang dapat dirasakan pebisnis seperti :

1. Peluang Usaha Yang Cukup Luas

Bisnis bengkel motor tentu punya cakupan pasar yang luas. Tak khayal jika bisnis ini termasuk bisnis yang menjanjikan. Motor terbukti menjadi andalan masyarakat sebagai alternatif kendaraan masa kini. Hal tersebut ditunjang dengan fakta jika motor merupakan kendaraan anti macet dan murah. Dalam satu keluarga setidaknya punya 1 unit motor di rumahnya.
Selain itu, pebisnis juga bisa menyediakan spare part di bengkel yang dijalankan. Jadi keuntungan usaha tidak akan hanya didapatkan dari service motor saja. Penjualan spare part dikenal dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Itulah mengapa usaha bengkel motor bisa dikatakan sangat berpeluang.

2. Bisa Dijadikan Usaha Sampingan

Jika ingin keuntungan bisa maksimal, jangan hanya melayani perbaikan motor saja. Cobalah dengan membuka pelayanan lain misalnya ganti oli. Ada banyak usaha sampingan yang bisa dijalankan berbarengan dengan usaha bengkel motor. Misalnya jual gas elpiji atau bisa juga dengan menyediakan bensin eceran. Jalankan semuanya dengan serius sehingga keuntungan bisa dimaksimalkan.

3. Selalu Diperlukan Para Pemilik Sepeda Motor

Meskipun faktanya ada banyak sekali pengguna motor, tapi tidak menjamin semuanya bisa memperbaiki sendiri bukan? Perbaiki di sini dalam artian luas. Pasalnya motor memang perlu diservice rutin, tidak peduli sedang rusak atau tidak. Misalnya harus dilakukan ganti oli, pengecekan rem, dan lain-lain.
Bagi yang mengerti mesin mungkin hal-hal seperti ini bisa dilakukan sendiri. Tapi bagaimana mereka yang awam dengan dunia otomotif. Bila memaksa diperbaiki sendiri, salah-salah malah rusak semua dan tidak bisa dipakai. Oleh karena itu tidak sedikit orang yang akhirnya mempercayakan pada bengkel untuk service rutin atau perbaikan kendaraannya.

Baca Juga: Cara Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor

4. Mudah Dijalankan

Keuntungan usaha bengkel motor lainnya adalah mudah dijalankan. Saat ini perkembangan pangsa pasar bisnis bengkel motor diketahui makin berkembang. Ini akan berdampak pada bisnis itu sendiri, salah satunya semakin mudah dijalankan. Sehingga tidak mengherankan lagi jika usaha bengkel motor sekarang sudah banyak sekali dan kian menjamur.
Apalagi bagi pebisnis yang memang punya background mekanik, usaha bengkel mungkin sangat mudah sekaligus menyenangkan untuk dijalankan. Lalu bagaimana jika yang masih sedikit awam dengan dunia otomotif? Sudah ada banyak waralaba bengkel yang siap membantu. Tinggal siapkan saja modal dan usaha bengkel motor siap dijalankan atas instruksi dari mereka.

5. Sangat Diuntungkan Saat Musim Mudik Tiba

Ada tradisi di Indonesia yang malah membawa keuntungan tersendiri bagi pemilik bengkel motor. Setiap tahun terutama saat hari raya lebaran tiba, masyarakat rata-rata ingin pergi ke kampung halaman bukan? Tujuannya tentu untuk bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kota lain. Pada umumnya mereka menggunakan kendaraan motor.

Pasalnya arus lalu lintas saat mudik, dikenal sangat macet sehingga lebih aman memakai motor. Sebelum mudik orang pasti berusaha membuat motornya dalam keadaan prima, supaya perjalanan lancar. Mereka rata-rata memilih membawa motornya ke bengkel, karena lebih terpercaya. Inilah sebabnya bengkel motor selalu kebanjiran order menjelang hari raya lebaran.
Itulah tadi apa saja beberapa keuntungan usaha bengkel motor. Bagi yang merasa mempunyai passion di dunia otomotif, ini mungkin bisa dijadikan sebuah ide atau peluang bisnis yang menjanjikan. Kuncinya adalah: selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan supaya tidak malah lari ke pesaing. Selamat Berusaha dan sukses selalu buat anda…

Baca Juga: Mengawali Bisnis Jual Beli Mobil Untuk Pemula

Gallery for Keuntungan Usaha Bengkel Motor Yang Bisa Diketahui

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *