Layanan Perbankan Paling Sering Dicari oleh Generasi Milenial

5 Layanan Perbankan Paling Sering Dicari oleh Generasi Milenial

0 views

Layanan Perbankan Paling Sering Dicari oleh Generasi Milenial

Saat ini generasi milenial di Indonesia semakin melek terhadap lembaga jasa keuangan yang tersedia, termasuk soal produk perbankan. Lebih menariknya lagi adalah literasi keuangan serta ibklusi keuangan yang ada di Tanah Air semakin naik hingga melampaui target.

Bahkan berdasarkan hasil surveibyang didapatkan dari SLIK OJK (Survei Nasional Literasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan) 2019, besaran indeka literasi keuangan (pengetahuan seputar lembaga jasa keuangan dan produknya) sudah mencapai hingga 38,03%.

Sedangkan untuk indeks inklusi keuangan (pemanfaatan jasa dan produk keuangan masyarakat) sudah menyentuh hingga 76,19%. Pencapaian indeks tersebut sudah berhasil melebihi target yang ditetapkan pada tahun 2019. Yaitu sebesar 35% dan juga 75%.

Inklusi dan literasi keuangan terdiri atas lembaga jasa keuangan perbankan. Melihat hal tersebut, hal ini dapat disimpulkan bahwaa warga Indonesia semakin sadar terhadap layanan bank. Terlebih untuk generasi milenial yang semakin peduli dengan dunia perbankan digital.

Daftar Layanan Perbankan yang Disukai Milenial

Seiring berjalannya waktu, hal ini membuat jumlah pengguna ponsel pintar (smartphone) semakin banyak di Indonesia. Bahkan anak muda di zaman sekarang ini lebih suka apaoun yang berbau simple, praktis, dan mudah demi mendukung kegiatan mereka sehari-haro, termasuk ketika melakukan transaksi keuangan.

Hanya dengan sekali klik saja, maka semua orang sudah bisa melakukan transksi digital, seperri transferbuang, membayar tagihan listrik dan air, membayar apapun yangbdibeli secara online, membeli pulsa, sampai dengan melakukan top up saldo ke dalam dompet digital.

Melihat hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya fungsi layanan perbankan yang tersedia saat ini semakin banyak. Hal ini membuat semua kebutuhan masyarakat, termasuk generasi milenial semakin mudah terpenuhi. Penasaran seperti apa layanan yang disukai milenial? Dibawah ini adalah daftar 5 layanan perbankan terpopuler bagi generasi milenial, antara lain:

1. Saldo Minimum dan Biaya Admin Bulanan Rendah

Produk perbankan terpopuler diantara yang lainnya adalah tabungan. Tabungan ini merupakan sebuah produk simpanan yang dilengkapi dengan suku bunga. Produk keuangan ini bisa ditarik kapan saja tanpa tenor (tanpa jangka waktu). Namun sebelum membuka rekening tabungan, sebaiknya perhatikan dulu biaya dan saldo minimum setoran awal, serta batasan minimal saldo yang sudah ditetapkan oleh pihak perbankan.

Setiap bank memiliki biaya admin dan saldo minimum yang berbeda. Halnini tergantung dari jenis tabungannya. Sementara untuk rata-rata biaya administrasi bulanan biasanya dimulai dari Rp10 ribu hingga Rp15 ribu.

Sementara untuk saldo minimum yang biasanyan ditahan masing-masing bank sekitar Rp20 ribu. Sedangkan untuk saldo minimum (batasan setoran awalnya) sebesar Rp100 ribu. Biasanya kebanyakan calon nasabah dari generasi milenial menyukai layanan bank yang memiliki biaya admin bulanan rendah san saldo minimumnya ringan.

Pasalnya kebanyakan generasi milenial tidak hanya memiliki 1 rekening saja, namun mereka membuka banyak rekening dari bank yang lainnya. Sehingga hal ini membuat banyak generasi milenial lebih menyukai saldo minimum dan biaya admin yang rendah.

Waspada! Inilah 5 Modus Penipuan di ATM Paling Ramai

2. Memiliki Banyak Kantor Cabang dan Mesin ATM

Produk perbankan yang paling sering dicari generasi milenial adalah yang memiliki banyak kantor cabang dan juga mesin ATM dimana-mana. Itulah sebabnya beberapa orang dari generasi milenial biasanya melihat jumlah kantor cabang dan jaringan ATM-nya dulu.

Entah itu dari kota besar hingga ke desa dan pelosok. Seperti yang terlihat, generasi milenial itu hobby beprgian dan jalan-jalan. Itulah sebabnya keberadaan kantor cabang dan jaringan ATM sangat penting sekali. Dengan begitu saat ada masalah seperti kehabisan uang tunai, maka mereka tetap bisa mencairkan uangnya dari haringan ATM yang tersedia.

Selain itu, keberadaan kantor cabang juga penting sekali bagi mereka karena dapat memudahkannya dalam mengurus kartu ATM yang terblokir karena banyak hal. Jadi saat ada masalah sengan produk perbankan, mereka tidak perlu lagi mengunjungi kantor pusat bank. Karena mereka bisa langsung mengunjungi kantor cabang yang dekat dengan rumah.

3. Tersedia Layanan Digital

Sekarang ini banyak bank mulai berlomba-lomba untuk memberikan layanan terbaiknya dengan cara menghadirkan produk digitak demi meningkatkan layanan transaksinya. Misalnya saja untuk membuka rekening, calon nasabah tidak perlu ke kantor langsung karena semuanya bisa dilakukan secara online.

Begitu juga saat ingin melakukan transfer uang, maka dengan hadirnya mobile banking dan internet banking, ataupun layanan digital yang lainnya membuat proses transfer semakin praktis, mudah, dan cepat. Segala aktivitas transaksi keuangan bisa dilakukan dari 1 genggaman saja si ponsel kesayangan mereka.

Untuk itu beberapa calon nasabah umumnya menyukai pihak perbankan yang menyediakan layanan digital didalamnya. Sehingga mereka bisa melakukan segala aktivitasnya secara mobile tanpa harus bersusah payah lagi.

4. Punya Produk Investasi

Selain tabungan biasanya generasi milenial menyukai produk tambahan seperti investasi. Beberapa diantara dari mereka biasanya selalu ingin menaruh uangnya ke dalam produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu beberapa bank. biasanya melihat hal tersebut sebagai pasar besar untuk mendapatkan keuntungan besar.

Dari sinilah pihak perbankan biasanya menawarkan berbagai macam produk investasinya untuk para milenial, seperti reksadana, deposito, surat utang negara, dan emas. Tentunya setiap produk investasi tersebut memiliki kelebihan dan resiko tersendiri.

Hal ini berlaku sama ketika membicarakan tentang modal yang dibutuhkan. Bank biasanya akan meyakinkan calon nasabahnya bahwa produk investasi miliknya lebih menguntungkan dibandingkan dengan produk tabungan biasa karena imbal hasilnya besar.

5. Reputasi Keamanan Bank Baik

Mengingat kejahatan cyber semakin meningkat, hal ini membuat segala aktivitas kriminal seperti pembobolan rekening menjadi lebih banyak. Maka dari itu salah satu hal paling dicari oleh generasi milenial adalah keamanan sistemnya. Mereka ingin mendapatkan produk dan layanan yang benar-benar aman.

Itulah sebabnya beberapa bank biasanya meyakinkan bahwa produknya dijamin aman. Namun meski begitu generasi milenial wajib melihat rekam jejaknya dulu. Misalnya saja harus mengecek dari kasus yang pernah menimpa nasabah bank tertentu. Misalnya terkait dengan kegiatan pembobolan rekening atau kejahatan digital lainnya.

Bagaumanapun juga memilih jasa yang aman dan memikiki reputasi baik itu penting sekali. Karena hal tersebut dapat membuat calon nasabah terhindar dari aksi kejahatan seperti cyber crime.

Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan

Seperti yang diketahui bahwa generasi milenial sering dijadikan sebagai tardet utama para bank dalam memperkenalkan produk dan layanannya. Baik itu dari kartu kredit, tabungan, kredit pemilikan rumah, dan kredit tanpa agunan. Namun meski begitu, sebaiknya generasi milenial tidak memilih produknya sembarangan.

Semakin banyak pilihan layanannya, hal ini membuat para generasi milenial harus lebih teliti dalam memilih produk sesuai kebutuhan. Dengan memilih produk perbankan yang tepat, otomatis hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Maka dari itu sebaiknya perhatikan beberapa penjelasan diatas supaya dapat menemukan produk yang tepat.

Baca Juga: Usaha Jajanan Anak Dengan Modal Kecil Dan Laba Besar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *