Sering Melakukan Perjalanan? Lindungi Diri Anda dengan 3 Asuransi Ini!

6 views

Lindungi Diri Anda dengan 3 Asuransi Ini!

Menggunakan alat transportasi publik adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Selain dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan, cara ini banyak dipilih karena mereka ingin sesuatu yang lebih praktis. Baik itu saat belanja ke mall, pergi ke kantor, sekolah, atau bahkan ke rumah teman.

Nama sama seperti pemakaian kendaraan pribadi, perjalanan dengan transportasi umum itu juga mempunyai resiko kecelakaan yang tinggi. Sehingga bisa menyebabkan terjadinya luka-luka atau meninggal dunia. Maka dari itu memiliki asuransi itu penting sekali untuk mengantisipasi berbagai macam resiko saat melakukan perjalanan kemana saja.

Namun sayangnya ternyata tingkat kepedulian masyarakat Indonesia untuk menggunakan asuransi masih sangat rendah. Padahal memiliki asuransi merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap keselamatan diri sendiri dan keluarga lainnya. Jadi pastikan membeli polis asuransi yang tepat supaya dapat memberikan perlindungan selama melakukan perjalanan dengan memanfaatkan transportasi publik.

Baca: Tips Memilih Perusahaan Asuransi Yang Tepat

Lindungi Diri Anda dengan 3 Asuransi Ini

Jenis Asuransi untuk Perlindungan Perjalanan Anda

Ada 3 jenis produk asuransi yang dapat dijadikan sebagai perlindungan ketika menggunakan alat transportasi umum. Yaitu asuransi kecelakaan diri, asuransi perjalanan, dan asuransi jiwa. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang 3 produk tersebut yang bisa dijadikan sebagai referensi Anda saat bingung memilih produk asuransi tertentu, antara lain:

  • #1 Asuransi Kecelakaan Diri

Sesuai dengan data Polri, hampir sepanjang tahun selalu ada kasus kecelakaan lalu lintas hingga ratusan ribu kali. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia dikarenakan kecelakaan lalu lintas bisa sampai puluhan ribu jiwa. Melihat angka yang begitu besar, hal ini merupakan bukti bahwa melakukan perjalanan itu memiliki resiko yang sangat tinggi.

Maka dari itu supaya diri Anda dan keluarga dapat terlindungi dengan baik, tidak ada salahnya membeli produk asuransi kecelakaan diri. Produk ini bisa memberikan jaminan pada beberapa resiko sekaligus. Misalnya saja resiko cacat tetap, kematian, biaya perawatan, dan pengobatan ketika terjadi kecelakaan di jalan raya.

Disamping itu, asuransi kecelakaan diri juga dapat memberikan perlindungan kepada tertanggung berbentuk uang santunan pada beberapa kondisi. Misalnya saja karena yang tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat akibat dari kecelakaan di jalan.

  • #2 Asuransi Perjalanan

Bila Anda sering melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, maka layanan asuransi perjalanan sangat penting sekali dan jangan diabaikan! Karena tingkat kecelakaan penerbangan itu sangat tinggi, maka tak heran bila hampir sebagian besar maskapai penerbangan selalu menawarkan produk asuransi perjalanan saat pembelian tiket atau berada di bandara.

Produk ini dapat memberikan jaminan perlindungan ketika terjadi kecelakaan dan biaya pengobatan karena hal tersebut. Resiko yang ditanggung produk ini cukup lengkap. Yaitu biaya perawatan, ganti rugi karena kecelakaan, kematian akibat dari kecelakaan, biaya perawatan karena sakit saat melakukan perjalanan, dan juga biaya pemulangan jenazah saat pemegang polisnya meninggal dunia selama perjalanan berlangsung.

Selain resiko tersebut, asuransi ini juga menanggung resiko lainnya selama perjalanan. Misalnya saja biaya ganti rugi karena kehilangan bagasi, penundaaan penerbangan, kehilangan barang pribadi, dll sesuai dengan isi polisnya.

  • #3 Asuransi Jiwa

Sementara itu untuk produk asuransi jiwa ini diberikan untuk memberikan perlindungan kepada ahli waris bila pemegang polisnya sewaktu-waktu meninggal dunia. Jumlah uang pertanggungannya bermacam-macam, disesuaikan dengan isi kesepakatan dalam polisnya. Jadi asuransi ini ditujukan secara khusus untuk orang yang mempunyai tanggungan, seperti anak, pasangan, orang tua, dll.

Tidak hanya itu saja, perusahaan asuransi juga memberikan sejumlah uang untuk membayar berbagai hutang peninggalan tertanggung. Misalnya untuk membayar angsuran mobil, rumah, kartu kredit, dll.

Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa, Perjalanan, dan Kecelakaan Diri

Melihat sedikit penjelasan tentang 3 jenis asuransi di atas, tentunya Anda mungkin masih penasaran dengan keuntungannya. Pada dasarnya hampir setiap orang terkadang enggan membeli polis asuransi jiwa, kecelakaan diri, dan perjalanan karena mereka tidak tahu manfaatnya. Maka dari itu berikut akan dijelaskan beberapa manfaat menggunakan 3 produk asuransi tersebut dibawah ini, antara lain:

  • #1 Memberi Rasa Aman dari Segi Keuangan

Melakukan kegiatan dengan nyaman dan selalu merasa terlindungi adalah salah satu dampak positif dari asuransi. Dengan begitu Anda bisa membuat produktivitas sehari-hari semakin tinggi. Terlebih setiap orang tentunya tidak pernah tahu kapan musibah itu datang. Musibah tidak dapat diprediksi dan umumnya hal tersebut memakan biaya yang tidak terduga.

Maka dari itu asuransi sangat penting sekali karena bisa memberikan perlindungan secara menyeluruh. Baik itu untuk kecelakaan ringan hingga fatal, seperti meninggal dunia. Hal ini tentunya sangat penting sekali untuk tertanggung yang berperan sebagai tulang punggung keluarga supaya anggota keluarga tetap merasa aman dari segi keuangan.

  • #2 Biaya Berobat Lebih Ringan

Setiap musibah yang datang pasti mempengaruhi produktivitas dan penghasilan seseorang, khususnya bila orang tersebut adalah tulang punggung keluarga. Namun bila Anda memiliki asuransi, tentunya musibah buruk apapun terasa lebih ringan. Seperti yang diketahui bahwa setiap resiko yang terjadi pada kesehatan, misalnya dalam musibah kecelakaan diri itu selalu membutuhkan biaya tinggi.

Anda tidak pernah tahu berapa banyak anggaran yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah kecelakaan. Karena memang pada dasarnya setiap musibah tidak dapat diprediksi sebelumnya. Dalam kondisi seperti ini, jika Anda sangat beresiko mengalami berbagai macam musibah seperti itu karena sering melakukan perjalanan, maka keberadaan asuransi jiwa, kecelakaan diri, dan perjalanan sangat penting sekali untuk meringankan masalah Anda.

  • #3 Dapat Dijadikan Jaminan di Hari Tua

Prinsip asuransi itu bila dimanfaatkan dalam jangka panjang sebenarnya seperti sebuah simpanan atau tabungan. Saat seseorang memiliki asuransi, mereka akan merasa lebih nyaman saat merencanakan keuangan keluarga di masa depan.

Karena 3 produk asuransi yang telah disebutkan tersebut mampu menjamin, sekaligus memberikan santunan terhadap segala resiko kecelakaan yang terjadi. Tentunya kenyamanan ini dapat memberikan jaminan masa depan Anda di hari tua supaya dapat terencana dengan baik.

  • #4 Perlindungan Keluarga saat Jiwa Tertanggung Terkena Musibah

Musibah apapun yang terjadi selama perjalanan berlangsung bisa berakibat fatal dan menyebabkan kematian. Saat hal ini terjadi pada tulang punggung, otomatis penghasilan keluarga langsung terdampak karena tidak ada yang mencari uang. Beruntungnya saat tulang punggung memiliki asuransi maka segala musibah yang menyebabkan penghasilan terhenti langsung digantikan pihak asuransi.

Baik itu bisa berupa santunan bulanan sesuai dengan yang termuat dalam polis asuransinya dalam jangka waktu tertentu. Skema lainnya adalah bisa mendapatkan uang pertanggungan dalam jumlah besar untuk menyambung kehidupan keluarga yang telah ditinggalkan oleh tertanggung saat terjadi musibah.

Supaya setiap perjalanan Anda dalam memanfaatkan transportasi publik terasa aman, sebaiknya pilih layanan asuransi yang bisa mengantisipasi berbagai macam resiko dengan baik. Maka dari itu gunakan asuransi sesuai kebutuhan agar manfaat yang diterima juga maksimal seperti yang diharapkan.

Baca Juga: 3 Peluang Bisnis Mudah Dijalankan Bagi Pemula

Gallery for Sering Melakukan Perjalanan? Lindungi Diri Anda dengan 3 Asuransi Ini!