8 Macam Usaha Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

1 views

Macam Usaha Kerajinan Tangan

Banyak sekali barang-barang tidak terpakai yang ada di sekitar kita. Barang tersebut masih bisa di daur ulang dan memiliki nilai jual. Oleh sebab itu, sebagian besar orang memulai usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang.
Dengan bahan baku yang mudah didapat dan ada di sekitar lingkungan, membuat usaha kerajinan tangan semakin diminati. Usaha ini memerlukan ide-ide yang kreatif dalam mengolah barang bekas sehingga bisa menjadi barang yang unik. Produk kerajinan tangan pun berbagai macam jenisnya, seperti :

Macam Usaha Kerajinan Tangan

Baca: Ide Usaha Rumahan Kreatif Untung  Besar

  • 1. Tas Slempang Rotan

    Tas yang terbuat dari rotan ini dibuat dengan penganyaman. Dalam membuatnya dibutuhkan keterampilan dalam menganyam. Tas rotan umumnya berbentuk bundar dan berwarna cokelat. Walaupun terbuat dari rotan, tas ini tidak kalah cantik dengan tas-tas yang lain. Tas rotan sangat cocok dipakai untuk pergi ke tempat wisata atau untuk piknik. Bentuk yang sangat simple dan pas untuk dipakai menjadi daya tarik tersendiri.

  • 2. Bunga Rajut Hias

    Merajut merupakan hal yang sangat memerlukan ketelitian. Bahan rajut biasanya dari benang wol yang berwarna-warni. Untuk membuat hiasan,diperlukan ide kreatif untuk membentuknya. Seperti halnya rajutan bunga, cukup sulit dan memakan waktu dalam pembuatannya. Namun,hasilnya pun sangat memuaskan. Sangat cocok untuk dijadikan hiasan interior rumah atau disusun dan dipasang di figura.

  • 3. Kotak Tisu Kardus

    Kebutuhan tisu semakin meningkat, hal itu mendorong untuk membuat kotak tisu sebagai wadah. Banyak sekali bahan yang bisa dijadikan kotak tisu, salah satunya kardus bekas. Bahan ini sangat mudah ditemukan dimana-mana. Oleh karena itu, perlu memodifikasinya menjadi kotak tisu yang menarik. Kardus ini bisa dilapisi kertas hias atau manik-manik yang dapat mempercantik kotak tisu.

  • 4. Bunga Plastik Hias

    Plastik semakin hari keberadaannya semakin banyak sehingga diperlukan daur ulang untuk menguranginya. Plastik bisa dijadikan hiasan, seperti dibentuk menjadi bunga warna-warni. Bunga plastik ini bisa dijadikan hiasan rumah, biasanya diletakkan di meja ruang tamu.

  • 5. Gantungan Kunci Kayu

    Gantungan kunci mempunyai bentuk yang beragam. Bahan dari gantungan kunci pun sangat banyak. Salah satu bahan yang mudah ditemukan adalah kayu. Bahan ini mudah dibentuk menjadi karakter-karakter lucu dan bisa juga diwarnai sehingga menjadi unik.

  • 6. Pot Tanam Botol Bekas

    Tentunya pot sangat diperlukan dalam bercocok tanam. Pot sebagai wadah tanaman bisa dibuat dari botol bekas yang tidak terpakai di sekitar lingkungan. Botol ini bisa dicat dengan warna-warna menarik untuk menambah keindahan pot. Dengan modal yang sangat murah, pot tanam ini bisa menghasilkan uang yang cukup banyak.

  • 7. Hiasan Dinding Kerang

    Kerang banyak sekali ditemukan di pantai dan tidak terpakai. Bentuk kerang pun bagus-bagus dan beragam. Hal ini bisa menjadi terobosan untuk menjadikannya sebagai hiasan dinding. Dengan menyusun kerang menjadi bentuk yang unik bisa menambah nilai jual pada kerang. Kerang bisa juga dipakai untuk hiasan pigura foto yang diletakkan di sepanjang pinggir pigura.

  • 8. Bantal Kain Perca

    Kain perca merupakan sebutan untuk kain sisa yang dihasilkan dari proses menjahit. Banyak sekali motif-motif kain yang bagus untuk dijadikan sarung bantal.Kain perca dapat dipotong menjadi kotak-kotak kecil setiap motif, lalu disambung dengan cara dijahit. Jika ingin menjadikannya bantal, sarung bantal kain perca perlu diisi dengan dakron yang empuk agar nyaman untuk digunakan.

Demikian lah beberapa jenis usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang. Pilih kerajinan tangan yang mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan banyak tenaga. Mulai lah dengan memikirkan ide-ide kreatif dalam memodifikasi barang-barang bekas.

Baca Juga: Tips Usaha Hantaran Pernikahan

Gallery for 8 Macam Usaha Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *