Mau Buka Usaha Fried Chicken? Begini Caranya

11 views

Usaha Fried Chicken

Buka usaha makanan sepertinya memang paling tepat bagi para pemula dalam berbisnis. Peluang usaha makanan sudah dikenal tidak akan pernah mati karena semua orang pasti butuh makan. Tapi para pengusaha pemula mungkin masih bingung memilih makanan jenis apa yang ingin ditawarkan. Daripada bingung, coba saja membuka usaha fried chicken, walaupun di jaman pandemi saat ini, usaha fried chicken masihlah tetap eksis dan tidak berkurang profitnya, kita bisa melihatnya, sebagai contoh saja KFC.

usaha fried chicken
Cara buka usaha fried chicken

Fried chicken merupakan sajian ayam goreng tepung yang begitu familiar di lidah orang Indonesia. Kepopuleran makanan ini membuat beberapa pengusaha lain bahkan sudah lebih dulu mengembangkannya. Mulai dari restoran fastfood yang sudah terkenal hingga pedagang dalam skala menengah ke bawah.
Namun, melihat selera masyarakat yang sangat menyukai sajian ini, usaha fried chicken sepertinya tetap bisa berpeluang tinggi meskipun banyak pesaing. Tinggal bagaimana pintar-pintarnya pengusaha untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Baca Juga: Tips Usaha Kecil-Kecilan Minim Modal

Berikut cara bagaimana memulai usaha fried chicken hingga sukses

 

  • 1. Siapkan Modal Usaha

    Langkah utama ketika akan membuka bisnis fried chicken adalah menyiapkan kebutuhan modal. Dengan begitu, bisnis baru bisa dijalankan. Menurut beberapa sumber yang lebih dulu memulai bisnis ini, perkiraan modal yang dibutuhkan sekitar Rp 12 jutaan. Modal tersebut dipakai untuk beberapa keperluan. Mulai dari gaji pegawai, beli bahan baku, sewa tempat, dan lain-lain.

  • 2. Memilih Tempat Usaha Yang Strategis

    Oleh karena jenis bisnis fried chicken ini cukup banyak pesaingnya, maka pemilihan lokasi jualan sangat penting. Usahakan memilih lokasi usaha yang strategis, sehingga meningkatkan peluang pembeli yang datang. Lokasi strategis misalnya pinggir jalan yang banyak dilewati orang, dekat sekolah atau kampus, tempat wisata, dan area keramaian lainnya.
    Akan sangat menguntungkan jika punya rumah yang kebetulan berada di tempat-tempat tersebut. Gunakan saja teras rumah sebagai tempat berjualan. Dengan begitu bisa menghemat biaya sewa tempat.

  • 3. Menyiapkan Segala Peralatan Dan Perlengkapan Usaha

    Jangan lupa juga untuk menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Beberapa peralatan yang harus disediakan seperti kompor gas, wajan, sendok, garpu, beberapa wadah, dan lain-lain. Jika ingin berhemat, pakai saja barang-barang yang ada di dapur. Namun saat tidak tersedia, cobalah untuk membelinya dengan harga murah tapi masih punya kualitas bagus.

  • 4. Menentukan Konsep Usaha

    Bila belum mampu menyewa tempat yang serupa dengan restoran, coba saja dengan menggunakan gerobak kaki lima. Buat tampilan gerobak semenarik mungkin untuk menarik pembeli. Jangan lupa usahakan gerobak tersebut selalu bersih. Bila perlu tambahkan kaca transparan sebagai upaya untuk menjaga higienitasnya.
    Agar lebih memikat bisa dipasang lampu-lampu untuk menambah penerangan. Selain itu fungsi lampu tersebut dapat membuat ayam selalu dalam keadaan hangat.

  • 5. Mempelajari Teknik Menggoreng Yang Tepat

    Pelanggan juga sangat pemilih soal rasa ayam goreng yang dijual. Usahakan untuk mempelajari teknik menggoreng yang paling tepat supaya menghasilkan rasa yang unik dan enak. Dengan menghasilkan cita rasa yang khas, diyakini bisa membuat konsumen tidak akan lari ke pesaing.
    Sebagai saran, sebaiknya jangan langsung menggoreng semua ayam sekaligus. Sebagian harus disimpan dalam lemari es. Lihat nanti ketika dagangan sudah mulai laku terjual, baru sisa ayam boleh digoreng.

  • 6. Membuat Menu Paket Hemat

    Selain ayam goreng sediakan juga menu lainnya sebagai pelengkap. Bisa kentang goreng, nasi, serta beberapa jenis minuman. Setelah itu, cobalah dengan membuat paket hemat dengan kombinasi menu-menu tersebut. Jangan lupa bandrol dengan harga ekonomis. Cara ini sangat ampuh untuk menarik minat pembeli.

  • 7. Melakukan Kerja Sama

    Terakhir, cobalah untuk melakukan kerja sama misalnya dengan ojek online. Saat ini hampir semua masyarakat mempergunakan layanan ini. Dengan bekerja sama dengan layanan ojek online, merk fried chicken akan mudah terlacak oleh pelanggan yang ingin memesan makanan. Dengan begitu tidak sulit lagi mencari pembeli.

Itulah tadi bagaimana cara membuka usaha fried chicken. Rasanya yang enak dan gurih membuat masyarakat tidak mungkin bosan dengan makanan ini. Maka tidak ada salahnya mencoba peluang berbisnis fried chicken dengan melakukan cara-cara diatas. apabila belum tahu cara membuatnya, anda bisa berkunjung di situs BukuMasakan.com untuk mempelajari resep-resep nya.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Kuliner Tanpa Modal

Alat Alat Usaha Fried Chicken Yang Pasti Dibutuhkan

Untuk membuka sebuah usaha fried chicken tentunya hal pertama yang diperlukan adalah alat alat usaha fried chicken. Banyak yang masih belum mengetahui, bahwa membuka usaha fried chicken bukanlah hal yang mudah. Karena, jika ingin dilakukan secara benar, ada alat-alat yang harus dimiliki. Artikel ini akan membahas alat-alat tersebut.

alat usaha fried chicken
Deep Fryer

Siapa yang menyangka, sebenarnya membuat usaha fried chicken dengan benar bukanlah perkara yang mudah. Ada alat- alat yang dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun, demi mencukupi kebutuhan usaha fried chicken alat tersebut harus dimiliki. Maka dari itu, berikut dibawah ini adalah salah beberapa contoh alat alat usaha fried chicken :

  • 1. Meja Dusting (Meja Penepungan)

    Untuk membuat usaha ayam goreng ini dengan benar, maka meja dusting ini adalah peralatan yang wajib untuk dimiliki. Karena dengan keberadaan alat ini proses penepungan akan berjalan dengan lebih mudah. Selain itu juga, dengan menggunakan meja penepungan ini akan lebih menjaga kebersihan dari tempat usaha. Karena, jika kebersihan tempat usaha baik, maka pembeli pun tidak akan sungkan untuk membeli makanan di tempat tersebut.
    Pada umumnya meja ini dibuat dengan berbahan dasar stainless. Hal itu untuk memudahkan proses pembersihan dari meja tersebut. Selain itu juga tentunya supaya tidak cepat tidak dimakan rayap ataupun hama kayu lainnya. Dengan berbahan dasar stainless pun tentunya akan menghindari alat tersebut karatan. Sehingga dengan kata lain supaya alat tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • 2. Deep Fryer (Alat Menggoreng)

    Ini adalah rahasia mengapa fried chicken yang dijual lebih enak dibandingkan dengan hasil buatan sendiri. Itu karena adanya bantuan dari alat penggorengan satu ini. Alat ini adalah alat yang sangat membantu membuat ayam goreng garing dan matang dengan sempurna. Hal itu dikarenakan biasanya pada alat ini suhunya dapat diatur sedemikian rupa. Sehingga mencapai kematangan yang diinginkan dengan sempurna.
    Selain itu juga, dengan menggunakan deep fryer ini produksi ayam goreng akan meningkat. Karena alat ini mampu menghasilkan ayam yang matang sempurna dengan jumlah banyak dalam satu kali jalan. Sehingga, dengan menggunakan alat ini tentunya akan sangat menghemat waktu, tenaga dan juga biaya operasional.

  • 3. Meja Sink (Tempat Cuci Piring)

    Meja Sink ini adalah meja khusus untuk mencuci piring yang mencukupi standar kebersihan. Karena terbuat dari stainless tentunya membuat meja cuci piring ini menjadi sangat mudah untuk dibersihkan. Karena, rumah-rumah makan kecil biasanya tidak terlalu memperhatikan kebersihan dari wilayah mencuci piring.
    Tentunya jika hal ini terlihat oleh pembeli, pembeli pun akan mulai berpikir untuk makan menggunakan alat makan tersebut. Dengan meja sink ini, kegiatan mencuci piring akan lebih berjalan dengan bersih.

  • 4. Warmer (Alat Penghangat)

    Alat ini juga merupakan salah satu alat yang paling dibutuhkan untuk membuat bisnis usaha fried chicken. Karena, jika tanpa keberadaan alat ini ayam yang dijual akan cepat dingin. Lalu, ketika ayam goreng dingin biasanya sudah tidak krispi lagi.
    Hal ini tentunya akan sangat merugikan penjual ayam goreng jika tidak memiliki alat ini. Karena tidak mungkin untuk menggoreng secara berkali-kali.

  • 5. Peralatan Dapur Lainnya

    Selain keempat alat pokok diatas, masih ada lagi hal-hal yang harus dimiliki. Alat-alat tersebut adalah alat-alat printilan kecil untuk dapur. Contohnya adalah seperti pisau, talenan dan lain sebagainya. Alat-alat ini pun tentunya harus dimiliki saat membuka usaha fried chicken.

Itulah contoh alat alat usaha fried chicken yang wajib untuk dimiliki. Hal itu wajib, untuk mereka yang ingin secara benar menjalankan bisnis ini. Karena, alat-alat diatas memiliki peran penting sendiri-sendiri.

Wajib Baca: Strategi Bisnis Ayam Goreng Paling Jitu

Gallery for Mau Buka Usaha Fried Chicken? Begini Caranya