Cara Memulai Usaha Warung Kelontong Untuk Pemula

6 views

Memulai Usaha Warung Kelontong

Usaha warung kelontong adalah sebuah usaha yang bisa dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, warung ini juga dapat dibuka di berbagai tempat, karena setiap tempat tentunya membutuhkan warung kelontong atau yang kadang disebut warung sembako karena menjual beberapa kebutuhan barang pokok. Mungkin para pembaca ada yang belum mengetahui apa itu warung kelontong. Warung kelontong adalah warung yang menjual berbagai macam jenis sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Lalu, jika berminat untuk memulai usaha warung kelontong ini maka lebih baik untuk membaca artikel ini sampai selesai. Karena, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara untuk memulai sebuah usaha seperti warung kelontong. Mulai dari menyiapkan tempat lalu juga bagaimana untuk melakukan promosi.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Ayam Goreng

Memulai Usaha Warung Kelontong Untuk Pemula
warung kelontong

Berikut dibawah ini adalah tahapan untuk memulai usaha ini :

  • 1. Mencari Tempat Yang Strategis

    Setiap tempat usaha tentunya memang lebih baik dibuka di tempat yang strategis. Tempat strategis adalah tempat yang sering dilewati orang dan juga mudah untuk dicapai. Sehingga bisa menaikkan peluang supaya lebih banyak didatangi pembeli. Biasanya bisa sebuah tempat di pinggir jalan yang dekat dengan perumahan. Karena, biasanya di perumahan jarang ditemukan warung kelontong.
    Selain itu juga lebih baik untuk membuka warung yang terletak cukup jauh dari warung lainnya. Karena, dengan begitu peluangnya akan terbuka lebih besar. Tempat usaha ini sendiri bisa disewa maupun memanfaatkan rumah sendiri. Namun, jika membukanya di rumah sendiri sangat perlu untuk memasang promosi.

  • 2. Melihat Keadaan Ekonomi Masyarakat Sekitar

    Keadaan ekonomi di sekitar tempat yang akan dibuka warung kelontong juga sangat perlu diperhatikan. Tentunya agar lebih memahami target pasar dan kebutuhan masyarakat sekitarnya. Dengan begitu, barulah dapat menjual barang-barang dengan kualitas dan harga yang pas.
    Jika salah sasaran maka tidak jarang hal inilah yang membuat sebuah toko menjadi sepi. Karena kurang menarik di mata masyarakat sekitar tempat usahanya. Contohnya adalah dalam menjual beras, jika tempat usaha terletak di lingkungan yang kebanyakan masyarakat memiliki ekonomi menengah maka juallah beras dengan kualitas biasa.

  • 3. Tentukan Modal

    Modal tentunya adalah hal yang paling penting dalam sebuah usaha. Modal dapat diperoleh dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menabung ataupun meminjam dari berbagai pihak. Untuk usaha warung kelontong lebih baik tidak meminjam modal, karena perputaran modal cenderung cepat. Lebih baik menggunakan uang tabungan ataupun menabung terlebih dahulu. Dengan begitu akan lebih merasakan hasil dari toko kelontong tersebut.

  • 4. Mencari Agen Kelontong

    Setelah mendapat tempat juga modal maka selanjutnya adalah perlu untuk mencari agen kelontong. Carilah agen yang cukup dekat dari lokasi jualan. Lalu jangan lupa mencari agen yang menjual lebih murah. Sehingga untung yang akan didapatkan lebih besar.
    Selain itu, penting juga untuk tidak terpaku pada satu agen saja. Lebih baik mencari beberapa agen agar bisa mendapatkan harga termurah. Karena tidak jarang, ada juga agen yang menjual barang seperti harga jual biasa.

  • 5. Melakukan Promosi

    Hal yang tidak kalah penting dalam hal berbisnis adalah melakukan promosi. Apapun bisnisnya, promosi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tentunya supaya orang-orang mengetahui keberadaan bisnis tersebut. Untuk usaha warung kelontong, promosi dapat dilakukan dengan memasang banner.
    Banner ini dapat diletakkan di dekat toko ataupun jalan-jalan yang banyak dilalui orang disekitar toko tersebut. Dengan begitu, masyarakat sekitar dapat mengetahui keberadaan toko dan mulai berdatangan untuk berbelanja.

Itulah beberapa cara untuk memulai dan menjalankan bisnis warung kelontong. Setiap langkah-langkah diatas adalah langkah yang wajib untuk dilakukan. Supaya kedepannya toko ataupun warung kelontong ini dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Konsep Memulai Usaha Warung Kopi Sederhana

Gallery for Cara Memulai Usaha Warung Kelontong Untuk Pemula

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *