Mengeruk Keuntungan Dari Usaha Semut Jepang

Saat ini banyak sekali jenis ide usaha yang  bisa mendatangkan penghasilan tambahan untuk anda. Salah satu dari ide bisnis tersebut adalah ternak Semut Jepang. Serangga ini bukanlah serangga asli Indonesia tetapi sudah lama sekali dikenal sebagai pengobatan non medis. Daerah-daerah di Asia yang sudah langganan menggunakan Semut Jepang sebagai pengobatan non medis adalah China dan Jepang secara turun menurun.

Ciri-ciri dari serangga ini sangat mudah ia memiliki tubuh yang keras, warnanya hitam, memiliki sayap walaupun ia tak bisa terbang, kakinya berjumlah enam, semut ini hidup secara berkelompok dan dapat bereproduksi dalam waktu yang singkat. Dalam beberapa referensi ilmiah tidak ada pembahasan khusus untuk serangga yang bukal berasal dari Indonesia ini.

Mengeruk Keuntungan Dari Usaha Semut Jepang

Mengeruk Keuntungan Dari Usaha Semut Jepang

1. Manfaat Dari Semut jepang

Serangga yang memiliki ciri fisik mirip dengna kutu beras hanya lebih besar ini memiliki kandungan tinggi asam amino, Asam Hialuronat, Asam Laktat, dan Enzym Hmes. Zat-zat ini memiliki manfaat yang cukup besar untuk tubuh manusia, baik untuk menjaga kesehatan atau mengobati beberapa penyakit. Antara lain dari kelebihan semut jepang adalah dapat mencegah atau menghambat kanker/tumor, meningkatkan sistem reproduksi, menggenerasi sel kulit, dan meningkatkan stamina tubuh dan masih banyak lagi.

Baca juga : Kerja Sampingan Untuk Meningkatkan Pendapatan

2. Usaha semut jepang

Melihat dari banyaknya manfaat yang terlihat dari semut jepang dengan memperhatikan kebiasaan dan pola hidup orang modern saat ini, yang kurang lebih sulit menjaga kesehatan maka usaha semut jepang bisa jadi bisnis sampingan yang menggiurkan. Selain keuntungan secara material keuntungan lain adalah bisa digunakannya semut jepang sebagai pengobatan non medis yang dapat menyembuhkan penyakit. Untuk mengembangbiakan semut jepang tidaklah terlalu sulit, karena media yang dibutuhkan adalah kapas dan toples atau anda  bisa menggunakan wadah dengan ukuran kecil, sedang atau besar. Untuk makanan semut jepang adalah ragi tape yang sangat mudah di dapatkan di warung ataupun pasar.

Untuk awal anda cukup menyiapkan tempat seperti toples atau wadah lain yang terbuat dari plastic ataupun kaca. Lalu taruhlah kapas-kapas didalam wadah atau toples tersebut sesuai ukuran wadahnya perbandingannya setengah wadah tersebut. Tarulah semut jepang diatasnya dengan beberapa ragi. Jumlah ragi cukup satu saja untuk kisaran 1 minggu.

Lalu tutup toples atau wadah yang anda gunakan sebagai tempat berkembang biak semut jepang dengan membuat lubang sebagai saluran udara. Lalu taruhlah di tempat yang kering dan minim cahaya. Waktu yang diperlukan oleh semut jepang untuk berkembang biak adalah sekitar 1 Bulan dari mulai terbentuknya larva hingga menjadi semut muda. Setelah jumlah semut bertambah anda bisa membuat tempat baru untuk menempatkan semut-semut muda tersebut. Semakin banyak maka perkembang biakan semut anda semakin baik pula.

Setelah memiliki jumlah yang dikira cukup anda bisa menjualnya dalam keadaan hidup dengan hitungan per ekor sekitar 1000-3000 kepada pembeli yang memang akan digunakan untuk dikonsumsi, sedangkan untuk reseller biasanya dijual dengan harga 500 sampai 1000 per ekornya. Anda bisa lihat sendiri berapa keuntungan yang anda dapat dengan kalkulasi harga tersebut.

Baca juga : Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Sukses Menguntungkan

3. Konsumsi semut jepang

Cara mengkonsumsi semut jepang pun sangat mudah, anda bisa menggunakan kapsul, per kapsul biasanya berisi 2-3 semut. Cara mematikan semut jepang pun mudah, anda bisa memasukan semut kedalam air hangat yang tidak terlalu panas. Selain dimakan secara langsung, anda bisa juga menggunakannya sebagai campuran sup atau masakan seperti orang-orang jepang yang sudah lebih dahulu meng konsumsi semut ini.

Nah sekarang tinggal bagaimana menurut anda, apakah anda ingin memanfaatkan peluang bisnis ini atau tidak .

author
No Response

Leave a reply "Mengeruk Keuntungan Dari Usaha Semut Jepang"