cara beli saham

Panduan Cara Beli Saham Paling Mudah Tanpa Khawatir Bagi Pemula

0 views

Panduan Cara Beli Saham Paling Mudah Tanpa Khawatir Bagi Pemula. Membeli saham barangkali hari-hari ini bisa menjadi investasi jangka panjang bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? Ibarat angin segar membeli saham dan barangkali tanam saham bisa saja dianggap penyelamat kondisi ekonomi di keadaan seperti sekarang. Pagebluk yang membatasi berbagai ruang gerak akhirnya membuat orang-orang berpikir lebih keras lagi untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Hadirnya investasi semacam ini dapat dianggap sebagai jawaban persoalan karena seseorang tidak perlu melakukan banyak hal tetapi tetap bisa mendapatkan keuntungan. Cukup dengan bermodalkan smartphone kita sudah bisa melakukan investasi, mengirim bentuk investasi bisa berupa uang dan sebagainya, bahkan menerima hasil investasi tanpa bersusah payah.

cara beli saham

Eits..tapi jangan serta menganggap membeli saham adalah hal pilihan tepat yang mudah dilakukan. Sebagai seseorang yang sedang tertarik atau pemula memang sudah seharusnya mempelajari lebih jauh soal saham. Apa itu saham, bagaimana sistem kerjanya, bagaimana proses pembelian dan tanam saham itu bekerja, dan siapa sih yang kita jadikan tempat dalam membeli saham. Hal ini penting kita ketahui untuk menanggulangi segala bentuk penipuan atau kecerobohan saat mengikuti kegiatan semacam ini.

Cara Beli Saham Paling Mudah

Sebelumnya mari berkenalan dengan saham itu sendiri. Saham merupakan instrumen penting yang seharusnya ada ketika melakukan investasi. Saham disebut sebagai bukti kepemilikan nilai dari suatu perusahaan yang mana pemilik saham mempunyai hak bagian sesuai dengan tanam saham yang dilakukan.

Meskipun memberikan keuntungan yang besar melakukan pembelian saham seperti ini juga sangat memiliki risiko lebih tinggi dibanding instrumen investasi lain semacam tabungan jangka panjang dan emas. Tetapi dengan cara langkah yang tepat anda akan terhindar dari berbagai bentuk kecurangan. Oleh karena itu disini akan dibahas mengenai bagaimana cara membeli saham dan panduan lengkap membeli saham untuk pemula.

Sebagai pemula penjelasan berikut ini semoga memberikan pemahaman yang dapat mudah diterima agar Anda kamu tidak perlu merasa khawatir akan dunia saham. Berikut penjelasan mengenai cara beli saham dan panduan lengkap cara beli saham untuk pemula:

1. Belajar dan Pahami Apa itu Saham

cara beli saham

Cara membeli saham pertama kali ialah dengan melakukan apapun jenis kegiatan sebaiknya pelajari terlebih dahulu ilmunya. Anda harus memahami betul apa yang akan anda lakukan begitu juga dengan saham ini. Memahami dan mengetahui sistem kerja saham penting bagi pemula yang ingin sukses.

Namun ketika pada akhirnya kita tidak punya kepedulian untuk belajar terlebih dahulu itu hanya akan membuat sebuah kebingungan dan tidak mengetahui langkah selanjutnya untuk bermain saham. Mengetahui dan memahami keuntungan beserta risiko yang kerap kali terjadi dalam pembelian begitu juga permainan saham itu sangat penting. Hal ini agar Anda siap mengalami risiko apapun yang akan terjadi. Sebab, semakin besar keuntungan, risiko besar sangatlah mungkin terjadi. Maka dari itu Anda harus paham betul tentang dunia yang sedang Anda kerjakan.

2. Pilih Perusahaan Terpercaya

Cara membeli saham berikutnya untuk seorang pemula, hal yang dapat dilakukan ialah dengan menentukan perusahaan sekuritas yang dapat membantu menjadi perantara pada saat bermain saham. Proses jual beli saham sangat penting dengan adanya bantuan dari perusahaan sekuritas. Selain daripada itu, perusahaan sekuritas dapat menjadi penolong untuk membuka rekening saham Bursa Efek Indonesia (BEI). Maka dari itu pilih dan pastikan perusahaan sekuritas yang terpercaya.

Selain terpercaya, tentukan pilihan perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar BEI dan mempunyai nama yang baik di masyarakat umum. Sangat disarankan untuk Anda mengetahui biaya yang ditetapkan dan bagaimana layanan perusahaan sekuritas.

Berikut berbagai website dan aplikasi yang dapat anda akses untuk melakukan jual beli saham :

  • MNC Trade New
  • BEST BCA Sekuritas
  • POEMS ProTrader
  • Trima Apps
  • MOST Mandiri Sekuritas
  • HOTS
  • Join
  • ESOne Ekuator Swarna Sekuritas
  • Sinarmas Sekuritas Online Trading

3. Tentukan Pilihan Anda

Cara membeli saham setelah menentukan pilihan perusahaan sekuritas yakni menentukan pilihan saham yang akan Anda beli. Setelah belajar mengenai dasar dari pengetahuan saham dan menyelidiki berbagai perusahaan sekuritas dengan pada masing-masing perusahaan segera pilih saham dan segera lakukan pembelian itu. Tentukan saham yang menurut Anda memiliki risiko terkecil.

Minimnya risiko dari sebuah perusahaan sekuritas yang Anda pilih juga merupakan bagian keuntungan tersendiri. Anda tetap dapat mendapat keuntungan meskipun tidak sebanyak yang diinginkan tetapi juga mendapat pembelajaran dari sebuah kegagalan untuk terus berbenah.

4. Laksanakan Pembelian Saham

Cara beli saham yang selanjutnya adalah segera membeli suatu saham. Sekarang untuk membeli saham juga sangat mudah,bisa dengan offline atau online. Jika Anda ingin membeli saham secara offline berikut panduan lengkap membeli saham untuk pemula :

  1. Siapkan beberapa berkas seperti NPWP, buku tabungan, KTP, dan materai untuk dibawa ke kantor sekuritas
  2. Isi formulir pendaftaran sebagai investor pada pasar modal yang disiapkan perusahaan
  3. Kemudian Anda menyetorkan dana awal berupa sejumlah uang ke nomor rekening dana investor atau RDI. Kebijakan dana yang disetorkan bergantung kebijakan masing-masing perusahaan.
  4. Setelah pendaftaran selesai Anda akan diberikan Pin transaksi, Password, dan user ID yang dapat digunakan untuk mengakses dan melakukan transaksi jual beli saham perusahaan sekuritas
  5. Selanjutnya Anda dapat melakukan jual beli saham

Atau ketika Anda ingin membeli saham tanpa perlu datang ke kantor sebuah perusahaan sekuritas. Berikut cara beli saham dengan cara online :

  1. Pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan broker saham, anda bisa mencari melalui laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI)
  2. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening online dan melengkapi data diri seperti nama lengkap, nomor ponsel dan email
  3. Selain membuka rekening saham pada broker anda juga diharuskan untuk membuat Rekening Dana Nasabah (RDN), pada tahap ini anda akan dimintai KTP sebagai salah satu syarat pelengkap
  4. Langkah keempat adalah melakukan penyetoran modal sebelum kemudian anda dapat melakukan jual beli saham

Perusahaan sekuritas yang mumpuni dan terpercaya biasanya sudah memiliki sistem trading yang bisa diunduh dan disimpan di smartphone masing-masing. Selain itu,aplikasi tersebut juga biasanya berisi tentang berbagai informasi pergerakan saham dari perusahaan.

5. Pemantauan Pasar Secara Berkala Pasar

Biasanya, perdagangan saham di pasar sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, keamanan, serta berbagai faktor lainnya. Mencermati naik turunnya harga saham juga hal yang harus kita lakukan dengan tepat. Keuntungan seorang pemilik saham sangat dipengaruhi oleh hal tersebut,apabila Anda tepat menjual dan membeli saham keuntungan maksimal dapat diperoleh dengan mudah. Itulah mengapa, sangat penting bagi Anda untuk memantau kondisi pasar saham secara berkala.

Jadi bagaimana menurut Anda sekarang? Tidak sulit bukan cara membeli saham bagi pemula seperti Anda? Namun, dalam bermain saham sangat diperlukan kesabaran dan kehati-hatian, ya. Risiko kerugian akan Anda dapatkan apabila anda gegabah dalam membeli saham di pasaran. Apabila Anda sudah tertarik atau sudah mencoba untuk membeli saham jangan lupa selalu meluangkan waktu untuk memantau harga saham di pasaran setiap harinya ya. Let’s try and enjoy it!

Gallery for Panduan Cara Beli Saham Paling Mudah Tanpa Khawatir Bagi Pemula