5 Panduan Cara Meminjam Uang Di Bank Untuk Modal Usaha

21 views

Cara Meminjam Uang Di Bank

Ingin mulai membangun bisnis? Sudah yakin dengan modal yang dimiliki? Jika memang uang modal untuk buka usaha masih belum terlalu mencukupi, pinjam bank bisa menjadi solusi terbaik. Tidak perlu khawatir jika kurang paham tentang bagaimana cara meminjam uang di bank untuk modal usaha.

Pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara meminjam uang di bank, terutama bagi yang diperlukan sebagai modal usaha. Modal bisa dikatakan sesuatu yang sangat penting ketika memulai bisnis. Meskipun saat ini sudah ada beberapa jenis bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil, namun tidak sedikit juga yang perlu modal besar.

meminjam uang di bank
modal usaha

 

Langkah Apa Yang Harus Dilakukan?

Fakta jika beberapa usaha butuh modal besar, membuat sebagian pengusaha langsung menyerah. Padahal ada banyak sekali cara untuk mendapatkan dana sebagai modal usaha. Salah satunya dengan meminjam ke lembaga perbankan. Simak bagaimana cara yang benar untuk meminjam uang di bank sebagai modal usaha berikut ini :

  1. Meyakinkan Pihak Bank Tentang Bisnis Yang Dibuat

    Cara meminjam uang di bank untuk modal usaha yang pertama adalah cobalah untuk meyakinkan pihak bank tentang bisnis yang dibuat. Semua pasti sudah paham bukan, bank sebelum menerima pengajuan pinjaman nasabah, pasti melalui proses pertimbangan dulu. Mereka setidaknya akan mengidentifikasi seberapa layak nasabah tersebut dapat pinjaman.
    Oleh karena itu sebagai pemilik usaha yang butuh modal, sebaiknya buat pihak bank benar-benar yakin untuk memberikan pinjaman. Caranya dengan merinci tujuan usaha dengan sejelas-jelasnya. Misalnya jelaskan pada pihak bank, jika usaha yang dibuat tersebut punya prospek bagus, dan lain-lain.
    Selain itu, sebaiknya tunjukkan juga kesungguhan dalam membangun bisnis tersebut. Ada baiknya buat semacam proposal berbentuk hard copy, supaya mereka bisa melihat kesungguhan tersebut. Ini bisa menjadi alasan pihak bank langsung menyetujui pengajuan pinjaman tanpa banyak berpikir.

  2. Melengkapi Semua Persyaratan Yang Ditentukan

    Penting juga untuk melengkapi persyaratan pinjaman yang diberikan pihak bank. Ketika persyaratan yang ditentukan tidak dilengkapi maka kecil peluang bank menyetujui pinjaman untuk modal usaha tersebut. Maka dokumen seperti laporan keuangan, kartu keluarga, fotocopy KTP, slip gaji atau mutasi keuangan dan lainnya perlu disiapkan secara teliti.
    Selain itu biasanya pihak bank juga meminta syarat khusus seperti surat kepemilikan barang sebagai jaminan. Jaminan ini dipergunakan pada saat kemungkinan pada periode pembayaran nasabah mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Seperti kredit macet, dan lain sebagainya.

  3. Menunjukkan Citra Diri Yang Positif Pada Pihak Bank

    Saat bertemu pihak bank ketika akan mengajukan pinjaman, sebaiknya bangun citra diri positif di hadapan mereka. Misalnya usahakan untuk tetap tenang, dan jangan tunjukkan sikap tegang. Sikap yang tegang ini akan berpengaruh pada saat menjawab pertanyaan yang diajukan pihak bank.
    Bisa jadi jawaban yang keluar jadi terdengar penuh keraguan. Bank bisa menganggap bisnis yang akan dijalankan tidak meyakinkan. Bisa jadi pengajuan pinjaman modal usaha akan langsung ditolak.

  4.  Dapatkan Informasi Tentang Pinjaman Yang Diambil Sejelas Mungkin

    Sebagai seorang nasabah memang punya hak untuk mendapatkan kejelasan informasi terkait jasa keuangan yang digunakannya. Misalnya tentang kejelasan mengenai suku bunga yang ditawarkan pada setiap jenis pinjaman. Informasi seperti ini penting untuk ditanyakan.
    Tidak hanya itu saja, demi kelancaran pengembalian pinjaman tanyakan juga beberapa hal lain. Mulai dari bagaimana hitungan bunga, sanksi jika terlambat membayar cicilan, dan lain sebagainya.

  5. Melakukan Semua Kewajiban Yang Diberikan Pihak Bank

    Jika sudah disetujui pengajuan pinjamannya, jangan lupa juga untuk patuhi kewajiban sebagai seorang nasabah. Diantaranya seperti mengikuti semua prosedur pinjaman yang ditentukan. Tidak lupa juga untuk selalu membayar cicilan tepat waktu sesuai kesepakatan.
    Ini bisa berarti menjalin kerjasama yang baik dengan pihak bank. Di mana bank memberikan pinjaman, sementara nasabah bisa mempergunakannya sebagai modal usaha. Jangan lupa untuk selalu bertindak kooperatif dengan bank jika terjadi sesuatu yang perlu diselesaikan.

Itu tadi bagaimana cara meminjam uang di bank untuk modal usaha. Cukup sederhana sebenarnya. Jadi apa sudah mulai mempertimbangkan meminjam modal usaha ke bank? Silahkan ikuti panduan di atas.

Baca Juga: Langkah & Tips Usaha Modal Pinjaman Bank

Gallery for 5 Panduan Cara Meminjam Uang Di Bank Untuk Modal Usaha

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *