Bisnis Fashion
Bisnis Fashion

Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri Untuk Pemula

9 views

Panduan Memulai Bisnis Clothing Line

Sama dengan makanan, bisnis fashion atau pakaian adalah bisnis usaha fashion yang tak pernah mati. Keduanya merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang tidak mungkin ditinggalkan. Salah satu jenis bisnis fashion kekinian adalah clothing line. Memulai bisnis clothing line sebenarnya tidak terlalu susah.
Bagi yang belum familiar, clothing line bisa berarti menciptakan brand pakaian sendiri. Salah satunya bisnis dari mulai desain hingga proses produksi semua dilakukan sendiri.
Masyarakat jaman sekarang sepertinya lebih menyukai fashion yang unik, sehingga lebih memilih belanja baju dari clothing line. Hal itulah yang menjadikan bisnis ini cukup berpeluang. Begini cara memulai bisnis tersebut :

bisnis fashion
Clothing Line

1. Melakukan Riset

Sama dengan langkah memulai bisnis lainnya, untuk bisnis clothing line ini juga diperlukan riset pada awalnya. Lakukan riset terkait berbagi hal. Mulai dari mencari tahu target pasar yang jelas dan mengamati tren. Dengan lebih dulu menentukan target pasar, maka akan lebih mudah menentukan mau membuat produk seperti apa.
Tidak lupa juga lakukan riset tentang strategi promosi apa yang sebaiknya dipakai. Misalnya sudah diputuskan target pasar clothing line yang dibuat adalah mereka para traveler.
Maka cara pemasaran paling efektif untuk memperkenalkan adalah melalui komunitas pecinta travelling. Selain itu perlu dilakukan juga riset tentang trend fashion seperti apa yang sedang digandrungi.

2. Menyiapkan Peralatan Dan Modal

Selanjutnya adalah mulai lakukan langkah persiapan. Mulai dari menyiapkan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk usaha clothing line. Supaya lebih hemat, sebaiknya gunakan saja peralatan yang sudah dimiliki. Misalnya saja memanfaatkan ruangan dalam rumah sebagai gudang penyimpanan.
Untuk membuat toko, tidak kalah penting untuk mempersiapkan modal. Modal untuk usaha clothing memang tidak bisa dikatakan sedikit. Namun setidaknya masih dapat dimaksimalkan dengan sebisa mungkin menekan biaya pengeluaran di awal.

3. Buat Desain Seunik Mungkin

Hal yang membuat fashion dari clothing line begitu diminati adalah desainnya yang unik dan tidak pasaran. Artinya ketika memulai bisnis clothing line ini upayakan untuk membuat desain semenarik dan seunik mungkin. Caranya dengan rajin mencari-cari referensi untuk sumber inspirasi.

4. Pilih Supplier Dan Vendor Yang Berkualitas

Saat sudah membuat desain yang unik dan menarik, saatnya untuk mencari supplier dan vendor berkualitas. Mereka akan membantu dalam memproduksi baju sesuai desain yang dibuat. Ingatlah jika proses produksi ini sangat berpengaruh.
Terutama pada hasil dan kualitas barang yang nantinya akan dijual. Untuk menentukan vensor mana yang terbaik lakukan beberapa survey. Supaya lebih yakin memilih mana yang benar-benar terpercaya.

5. Bangun Brand Image

Penting juga untuk membuat brand image produk. Brand ini berfungsi sebagai identitas bisnis clothing yang dibuat. Sehingga sangat disarankan untuk membuatnya dengan nama yang unik, tapi juga harus mudah diingat. Sebagai informasi saja yang membuat produk clothing line bisa berharga mahal adalah karena sudah terbangun brand image yang bagus.

6. Lakukan Kerjasama

Tidak ada salahnya untuk mencoba membuat kerjasama dengan pihak lain. Misalnya kebetulan punya teman atau rekan yang punya toko baju atau distro. Cobalah titipkan produk clothing line di tempat tersebut. Supaya mereka tertarik untuk bekerja sama, tawarkan pembagian keuntungan pada mereka.

7. Promosi Yang Efektif

Terakhir tinggal gencar lakukan promosi. Sebenarnya dari semua langkah, inilah yang terpenting. Cara promosi yang tepat adalah awali dengan memperkenalkannya dulu pada teman, rekan, atau sahabat. Baru setelah itu lanjutkan dengan melakukan promosi melalui media sosial.

Bila dirasa waktunya sudah tepat perkenalkan clothing line yang dibuat melalui para influencer. Cari para influencer yang mau ditunjuk sebagai endorser. Jangan lupa pastikan mereka lihai dalam mempromosikan produk clothing line.

Itu tadi beberapa panduan memulai bisnis clothing line. Jenis bisnis ini memang sangat cocok bagi generasi milenial yang masih suka menguji kreativitas. Maka jangan ragu untuk memulainya, pakai saja langkah-langkah di atas.

Baca Juga: Tips Bisnis Fashion Untuk Pemula

Bisnis Fashion
Bisnis Fashion

Selain menjalankan Clothing Line, perlu juga membikin Brand sendiri, dikarenakan Brand adalah identitas suatu bisnis atau usaha , dengan dikenalnya sebuah brand, berarti bisnis kita lancar dan berkembang.

Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri Untuk Pemula

Ada sebagian orang yang yang sangat menginginkan untuk memiliki brand fashion mereka sendiri. Namun, mereka tidak mengetahui bagaimana cara memulainya. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara memulai bisnis fashion dengan brand sendiri.
Pada pembahasan ini akan dijelaskan semua hal tersebut. Mulai dari awal membentuknya hingga cara untuk memasarkan produk-produk tersebut.

1. Mengenal Target Pasar

Sebelum memulai bisnis, terlebih di bidang fashion maka mengenal dan mengetahui target pasar adalah hal yang wajib. Hal itu, tentunya untuk mengetahui fashion mana saja yang sedang berkembang di pasaran saat ini. Selain itu juga, cara lain yang bisa dilakukan adalah melihat barang yang dipasarkan oleh calon kompetitor. Dengan cara itu, dipastikan peluang brand akan dilirik oleh orang lain semakin besar.
Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memulai langkah ini adalah dengan mencari katalog-katalog fashion kekinian di internet. Setelah itu, kembangkan ide tersebut. Lalu, boleh juga untuk mengajak beberapa teman berdiskusi. Dengan begitu, tentunya sudah mengetahui selera pasar di lingkungan terdekat. Sehingga tentunya sudah bisa menentukan barang yang sesuai dengan kondisi pasar di lingkungan sekitar.

2. Tentukan Titik Fokus Pada Brand

Pada awal merintis lebih baik untuk hanya fokus pada satu titik saja. Contohnya, jika memilih membuat brand untuk pakaian muslimah, maka beberapa waktu kedepan lebih baik untuk fokus pada bidang itu. Hal ini juga dapat ditentukan sesuai dengan hasil mengenai target pasar sebelumnya. Maka, pada langkah kedua ini terlihat bahwa mengenal target pasar adalah hal yang penting.

Selain itu juga, jika memiliki satu titik fokus, akan lebih mudah untuk mengembangkannya. Karena, setiap jenis fashion pasti selalu berubah dari waktu ke waktu. Maka dari itu, akan sangat memudahkan jika fokus pada satu titik saja pada saat merintis bisnis.

3. Membuat Nama Brand Sendiri

Setelah mengetahui fokus fashion yang akan dijual maka langkah selanjutnya adalah menentukan nama brand sendiri. Namanya bisa merupakan apa saja. Bisa diambil dari jenis fashion yang dijual ataupun dari nama lainnya. Hal pentingnya adalah nama brand ini harus dipikirkan secara matang dan serius. Karena nama brand adalah doa untuk brand itu sendiri ke depannya nanti.

Carilah nama brand yang tidak terlalu sulit untuk diucapkan. Karena nantinya jika brand yang dimiliki sudah besar, lebih mudah untuk diingat orang. Selain itu juga, dapat memilih nama brand yang memiliki artian yang luas. Sehingga jika kedepannya tertarik untuk membuka bisnis lain, maka bisa menggunakan nama brand yang sama. Lalu, gunakanlah nama brand yang sulit untuk ditiru oleh orang lain.

4. Membuat Logo Brand

Setelah menentukan nama brand, maka selanjutnya adalah membentuk logo dari brand itu sendiri. Pilihlah logo yang dapat membuat motif logo memiliki citra yang bagus. Karena, dapat dikatakan bahwa logo adalah wajah dari sebuah brand.
Orang-orang biasanya lebih mudah mengingat logo dibandingkan dengan nama brand. Maka dari itu, meskipun terlihat sepele, sebenarnya langkah satu ini adalah langkah yang cukup penting.

5. Mempromosikan Brand

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting untuk menjalankan bisnis dari semua langkah sebelumnya adalah mempromosikan brand tersebut, memperkenalkan produk dan memberikan diskon, Tentunya sebuah brand dan jenis produk ataupun produk yang akan dijual harus dipromosikan agar diketahui oleh orang banyak.
Maka dari itu, pada saat inilah kekuatan teknologi sangat diperlukan. Promosi ini lebih baik dilakukan di media sosial, dimana akan lebih banyak dilihat orang dari berbagai daerah dan lapisan masyarakat. Untuk saat ini media sosial yang bagus untuk berpromosi adalah Facebook dan Instagram, Sehingga peluang untuk membesarkan nama brand menjadi lebih besar.

Itulah beberapa langkah untuk memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Setiap langkah-langkahnya tentu sangat penting dilakukan. Karena memiliki fungsi-fungsinya tersendiri. Maka dari itu, sebisa mungkin jangan ada langkah yang terlewat jika para pembaca ingin memulai bisnis satu ini.

Baca Juga: Langkah-Langkah Menjadi Designer Sukses

Gallery for Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri Untuk Pemula

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *