Pedoman Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang Sukses

58 views

Surat lamaran kerja, apakah online atau di kertas, adalah langkah pertama yang penting untuk mendapatkan wawancara kerja.

Meskipun beberapa pemberi kerja lebih suka membaca CV, tapi kebanyakan mereka juga mengharuskan pelamar untuk mengisi formulir aplikasi lamaran kerja, online atau di atas kertas. Ini termasuk informasi biodata umum (contoh pendidikan dan pengalaman Anda), bersama dengan beberapa pertanyaan terbuka yang memberi Anda kesempatan untuk menyoroti relevansi Anda dengan pekerjaan Anda. .

Bagaimana pimpinan atau pemilik perusahaan menilai surat lamaran kerja?

Banyak pengusaha lebih memilih lamaran pekerjaan daripada CV karena mereka membantu menstandarkan lamaran. Ini mungkin dianggap lebih adil karena pengusaha dapat membandingkan kandidat dengan lebih mudah. Kelemahannya adalah bahwa metode standar ini juga memungkinkan pengusaha untuk dengan cepat menyaring kandidat yang tidak cocok (kadang-kadang ini bahkan dilakukan oleh komputer).

Pengusaha menggunakan formulir aplikasi tulisan tangan untuk menyaring kandidat untuk wawancara kerja, dan juga dapat merujuk pada informasi pada formulir dalam wawancara. Merupakan ide yang baik bagi Anda untuk mengingat apa yang Anda tulis.

Pedoman Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang Sukses

Langkah 1. Persiapkan dengan cermat

  • Nyatakan semua informasi dasar Anda : biodata pribadi, pendidikan, dll.
  • Menghubungi orang yang menurut Anda dapat memberi Anda nasihat, untuk mendapatkan pendapat dari
  • Pikirkan mengapa Anda menginginkan pekerjaan itu.
  • Pikirkan tentang apa yang Anda masukkan ke dalam aplikasi lamaran kerja dan apa yang membuat Anda lebih menonjol dibanding orang lain.

Langkah 2. Cari tahu apa yang diinginkan pimpinan atau pemilik perusahaan

  • Periksa tanggal akhir lowongan kerja; Jika memungkinkan, segeralah membuat lamaran kerja. Karena beberapa pimpinan atau pemilik perusahaan mulai memproses aplikasi sebelum tanggal berakhir perekrutan lowongan kerja dan mereka sering menghapus iklan jika sudah mendapatkan kandidat yang dibutuhkan, jadi jika Anda mengirim lamaran kerja lebih awal, Anda mungkin mendapatkan lebih banyak perhatian.
  • Baca deskripsi pekerjaan dan karakteristik pribadi yang diperlukan untuk mempelajari keterampilan dan pengalaman yang mereka cari.
  • Meneliti perusahaan untuk mendapat petunjuk lebih lanjut tentang kandidat seperti apa yang akan berhasil ketika melamar pekerjaan.

Langkah 3. Tulis aplikasi lamaran kerja Anda

  • Beri diri Anda waktu yang cukup: mungkin diperlukan waktu lebih lama daripada yang Anda harapkan untuk bisa menulis surat lamaran kerja yang memuaskan.
  • Persiapkan jawaban Anda terlebih dahulu, sebelum Anda mulai mengisi formulir.
  • Baca formulir tepat sebelum Anda menulis apa pun. Ikuti semua instruksi dan jawab pertanyaan yang diajukan.
  • Jika ada pertanyaan yang tidak cocok untuk Anda, tulis ‘tidak berlaku atau tidak berlaku di kotak yang sesuai. Ini menunjukkan bahwa Anda telah mempertimbangkan pertanyaan itu dan lebih baik membiarkannya kosong.
  • Jadikan jawaban Anda relevan, menarik, dan dipersonalisasi. Tujuan Anda adalah untuk menerima undangan wawancara Anda sendiri, jadi buatlah itu lebih

Baca juga : 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Lamaran Kerja

Langkah 4. Pemeriksaan terakhir

  • Periksa ejaan aplikasi Anda. Jika memungkinkan, minta teman atau orang lain untuk memeriksanya.
  • Periksa apakah Anda telah memasukkan semua yang diminta perusahaan yang ingin Anda lamar.
  • Simpan salinan aplikasi lamaran kerja Anda, sehingga Anda dapat membacanya lagi sebelum wawancara.

Gallery for Pedoman Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang Sukses

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *