es kelapa muda e1605587019487

Peluang Bisnis Es Kelapa Muda

3 views

Peluang Bisnis Es Kelapa Muda

Peluang bisnis es kelapa muda merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Hal ini tak terlepas dari jenis minuman ini selalu dicari banyak kalangan. Dari mulai anak-anak sampai orang dewasa menggemari minuman es kelapa muda yang menyegarkan dan mengandung khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Bisnis es kelapa muda termasuk usaha yang sangat sederhana dan mudah sekali dijalankan dengan modal minim. Usaha ini dapat dijalankan di perkotaan maupun desa. Untuk membuka usaha ini yang diperlukan adalah modal usaha es kelapa muda. Yang meliputi : resep pembuatan es kelapa muda, kelapa muda, plastik, sedotan, gula, kursi, toples, sendok, golok, meja dan lokasi usaha yang strategis.

Ada beragam konsep usaha es kelapa muda. Ada yang rumahan, berkeliling dan mangkal menggunakan sepeda motor dan mobil. Dan ada juga yang mangkal dengan membuka kios es kelapa muda di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor.

Peluang Bisnis Es Kelapa Muda
es kelapa muda

Meraup Keuntungan dengan Menjual Es Kelapa Muda

Untuk mendapatkan laba bersih yang maksimal dari bisnis kelapa muda maka seseorang harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Lokasi strategis

Lokasi dan lokasi merupakan hal yang mejadi pertimbangan penting dalam membeli suatu properti tanah atau rumah. Begitu juga yang berlaku bagi suatu bisnis es kelapa muda yang memerlukan lokasi yang strategis untuk memaksimalkan penjualan. Contoh lokasi yang tepat untuk membuka usaha es kelapa muda adalah di dekat pasar, dekat kampus atau sekolah, dekat perumahan padat penduduk, di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas manusia. Anda dapat buka usaha es kelapa muda dengan konsep kedai atau keliling menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Apabila anda memilih untuk buka usaha es kelapa muda dengan konsep kedai maka pastikan lokasi memberikan kenyamanan bagi konsumen. Seperti lahan parkir yang luas, fasilitas lengkap,  gampang dijangkau orang dan gampang dilihat dari berbagai sudut.

  • Kualitas yang sangat baik dari kelapa muda

Anda mesti menjaga kualitas kelapa muda yang baik. Hal ini supaya konsumen tak kecewa atas es kelapa muda buatan anda. Karena es kelapa muda yang enak dan nikmat berasal dari buah kelapa muda yang berkualitas baik.

  • Lengkap

Anda bisa berjualan es kelapa muda yang mencakup es kelapa muda, es kelapa kopyor dan es kelapa hijau. Selain menyehatkan, minum es kelapa muda dapat menyegarkan tubuh.

  • Lingkungan bersih

Dalam membuka usaha kuliner es kelapa muda maka anda mesti menjaga kebersihan lingkungan tempat anda jualan. Jangan sampai kotor. Karena bisa mengganggu kenyamanan dalam menikmati hidangan es kelapa muda. Konsumen akan kapok membeli es kelapa muda di tempat yang kotor dan berbau serta banyak lalat. Kebersihan lingkungan juga meliputi kebersihan peralatan usaha. Seperti sendok, sedotan atau gelas. Misalkan sendok atau gelas dicuci sampai bersih. Begitu juga kebersihan dalam penggunaan es batu.

  • Kualitas bahan baku

Anda harus menjaga kualitas bahan baku pembuatan es kelapa muda yang baik. Karena hal itu akan berdampak pada kualitas rasa. Bahan baku yang baik akan menghasilkan rasa es kelapa muda yang nikmat dan segar. Seperti menggunakan es batu yang berkualitas bagus, menggunakan gula merah dan gula murni berkualitas terbaik.

  • Rasa lezat

Salah satu hal penting dalam bisnis kuliner supaya lancar dan laku adalah menjamin rasa yang lezat. Begitu pula dalam usaha es kelapa muda. Anda bisa mencoba berbagai macam resep sampai ditemukan resep membuat es kelapa muda yang pas, nikmat dan lezat sesuai selera orang Indonesia.

  • Harga es kelapa muda

Harga es kelapa muda sangat umum. Harga berbeda-beda di tiap pedagang. Namun yang paling umum sebesar Rp 5000 sampai Rp 12 ribu per gelas. Anda mesti memahami bahwa manusia adalah makhluk yang ingin selalu untung. Mereka menginginkan mendapatkan porsi es kelapa muda lebih besar dengan harga termurah dan kualitas terbaik.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi pelaku bisnis ini untuk menjual es kelapa muda dengan harga lebih murah sedikit dari pesaing tanpa meninggalkan kualitas rasa. Gerai kelapa muda seperti ini akan mudah laris setiap hari. Karena dicari banyak orang yang ingin merasakan sensasi lezat dan segar es kelapa muda.

Untuk mendapatkan harga jual es kelapa muda dengan lebih murah ke tangan konsumen maka anda harus membeli bahan baku dengan harga lebih murah pula. Misalkan membeli kelapa muda langsung ke tangan petani dengan harga jual Rp 3000 per butir. Atau membeli gula dan plastik secara grosiran.

  • Pelayanan terbaik

Semua bisnis tak bisa dilepaskan dari pelayanan. Selama bisnis berjalan dengan pelayanan yang baik akan membuat konsumen untuk tetap loyal. Begitu juga dalam buka usaha es kelapa muda memerlukan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Pelayanan yang bagus dan maksimal meliputi kecepatan dalam membuat es kelapa muda, rasa kelapa muda yang lebih nikmat, porsi lebih banyak dengan harga terjangkau, kebersihan lingkungan terjaga baik, pelayanan ramah dan murah senyum serta bersahabat.

Baca Cara membuat Puding Sagu Kelapa Muda

Modal Usaha Es Kelapa Muda

Untuk membuka usaha es kelapa muda dibutuhkan persiapan yang matang. Terutama persiapan dalam menyiapkan modal usaha peralatan yang mencakup penyediaan kursi, meja, sendok, gelas, sedotan, golok, termos, toples dan lainnya.

Lalu dipersiapkan pula modal operasional es kelapa muda sehari-hari yang meliputi pembelian kelapa muda sebanyak 10 butir per hari. Diambil perhitungan sedikit karena masih dalam tahap merintis. Misalkan harga kelapa muda perbutir Rp 5000 maka modal uang yang diperlukan sebesar Rp 50 ribu perhari. Dikali satu bulan sama dengan Rp 1,5 juta.

Kemudian modal usaha untuk membeli gula, es batu, plastik, sedotan, biaya transportasi, sewa lokasi dan listrik bulanan diperkirakan Rp 3 juta per bulan. Sehingga total biaya awal untuk membuka bisnis es kelapa muda dari awal sampai buka sebesar Rp 4,5 juta.

Omset Usaha Es Kelapa Muda

Dari 10 butir kelapa muda dapat menghasilkan 30 porsi. Diumpamakan anda membanderol harga es kelapa muda Rp 10 ribu dan dalam satu hari anda dapat menjual 30 porsi es kelapa muda. Dan itu sangat mudah apalagi anda berjualan es kelapa muda di lokasi yang sangat strategis dan ramai dilalui banyak orang.

Dari asumsi di atas, kita dapat menghitung omset harian sebesar Rp 300 ribu (Rp 10 ribu x 30 porsi). Dikalikan 30 hari maka omset bulanan sebesar Rp 9.000.000. Bagaimana lumayan bukan? Usaha kelapa muda akan laris manis di saat udara panas. Selain menjual es kelapa muda maka anda juga dapat menjual kelapa muda mentah per butir atau kelapa hijau untuk kesehatan.

Berbicara mengenai laba atau omset usaha es kelapa muda sangat bervariasi. Ada pelaku bisnis ini yang mampu meraup untung bersih sampai Rp 9 juta setiap bulan. Dan adapula pengusaha es kelapa muda yang dapat meraih keuntungan sebesar Rp 1,5 juta per hari. Kalau dihitung, keuntungan sebesar itu sangatlah menggiurkan dan menjanjikan.

Demikianlah peluang bisnis es kelapa muda yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi anda yang tengah mencari peluang usaha terbaru dan terlaris maka bisa mencoba bisnis ini yang mudah dan sederhana. Usaha ini tak mengenal musim dan akan lebih sangat menjanjikan di musim panas atau kemarau seperti saat ini. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Membuka Usaha Es Kelapa Muda

Gallery for Peluang Bisnis Es Kelapa Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *