Peluang Bisnis Menguntungkan Di Tengah Pandemi
Peluang Bisnis Menguntungkan Di Tengah Pandemi

Peluang Bisnis Di Masa Pandemi Yang Menguntungkan

20 views

Peluang Bisnis Menguntungkan Di Tengah Pandemi

Peluang Bisnis Di Masa Pandemi Yang MenguntungkanWabah covid-19 yang makin meluas di Indonesia membuat pemerintah menghimbau seluruh masyarakat untuk membatasi segala kontak fisik. Semua kegiatan masyarakat seperti belajar, beribadah, bekerja dilakukan di rumah.

Pemerintah yang telah menetapkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) membuat dampak yang sangat jelas bagi segala sektor, termasuk pelaku bisnis. Dampak yang dirasa oleh pelaku bisnis yaitu mengalami penurunan keuntungan selama pandemi ini berlangsung

Pandemi telah membuat para pelaku bisnis mengalami kerugian yang cukup banyak bahkan ada beberapa pelaku bisnis yang gulung tikar. Hal ini mengakibatkan banyaknya karyawan yang harus dirumahkan dengan kata lain angka pengangguran semakin meningkat.

Untuk bertahan hidup di tengah pandemi saat ini, sebuah kreativitas sangatlah diperlukan sekali. Salah satu bentuk kreativitasnya adalah menjadi seorang wirausahawan. Seorang wirausahawan harus pintar membaca peluang bisnis yang sangat cocok untuk diterapkan di tengah pandemi.

Peluang Bisnis Mudah Dijalankan Bagi Pemula

Nah, kira-kira apa aja sih yang dapat dijadikan bisnis untuk para wirausahawan pemula. Yuk mari disimak penjelasannya.

Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Beragam peluang bisnis di masa pandemi yang dapat Anda coba untuk menambah pemasukan keuangan. Bisnis ini dapat berupa jasa atau produk.

  1. Jualan tanaman hias yang sedang trend

Saat ini hampir semua orang banyak melakukan kegiatan di rumah. Untuk menghilangkan kejenuhan, banyak orang melakukan suatu kegiatan positif. Salah satunya yaitu bercocok tanam. Nah untuk para pelaku bisnis, suatu kegiatan masyarakat ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis. Dimana kita dapat menjual berbagai tanam hias kepada masyarakat yang sedang gemar bercocok tanam.

Modal yang diperlukan tidak begitu besar, hanya dengan memanfaatkan tanaman, pupuk, dan wadah tanamannya. Anda bisa memperoleh keuntungan yang besar dengan menjual tanaman hias, terutama untuk tanaman hias yang sedang trend.

  1. Jualan produk kerajinan tangan

Dengan ketrampilan dan kreativitas yang dimiliki, seseorang dapat membuat kerajinan tangan untuk dijual. Di masa pandemi, sebuah masker sangat dibutuhkan sekali. Pihak Kemenkes yang menganjurkan masyarakat untuk memakai masker dengan double (masker medis dan masker kain).

Nah sebagai pebisnis pemula, Anda dapat membuat masker kain dengan berbagai macam jenis warna dapat menarik konsumen untuk membelinya.

Modal yang dibutuhkan untuk jenis usaha ini tidak terlalu besar, Anda hanya membutuhkan kain sebagai bahan kerajinan tangan. Pasti banyak keuntungan yang Anda peroleh jika bisnis ini Anda jalankan. Peluang bisnis ini termasuk bisnis modal kecil pemula.

  1. Bisnis laundry

Di zaman yang serba maju ini, bisnis laundry masih sangat menjanjikan. Jasa mencuci dan menyetrika dengan cepat pasti dibutuhkan oleh mereka yang sangat sibuk. Seperti para karyawan kantor dan anak kos.

Untuk memulai bisnis ini Anda dapat memulainya di rumah, dengan bermodalkan mesin cuci dan setrika Anda bisa langsung memulai bisnis ini.

Bisnis laundry ini bisa di promosikan secara online. Dengan memanfaatkan internet Anda bisa memperluas jaringan bisnis Anda. Bisnis ini menjadi peluang bisnis online di zaman modern sekarang ini.

  1. Bisnis fashion

Sekarang ini permintaan pasar tentang fashion semakin meningkat. Sehingga membuat bisnis fashion terus berkembang dan sangat menjanjikan. Target bisnis ini pun sangat luas, dari berbagai kalangan usia yaitu anak-anak hingga orang tua.

Perlu Anda ketahui, trend fashion setiap tahunnya akan terus berubah-ubah. Sehingga Anda harus selalu update mengenai fashion yang sedang berkembang. Berbagai produk yang dapat Anda jual seperti mukena, gamis, jilbab, sepatu, tas, baju, celana, dan sebagainya.

Untuk modal Anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan modal yang sangat besar. Karena Anda dapat menggunakan sistem preorder. Dimana sistem ini dilakukan dengan cara konsumen memesan terlebih dahulu, sehingga Anda sebagai pelaku bisnis mengetahui jumlah produk yang akan Anda produksi. Jadi modal yang Anda keluarkan tidak terlalu besar

  1. Jualan kosmetik dan skincare

Produk kosmetik dan skincare akan selalu dibutuhkan oleh kaum wanita, dan beberapa pria juga ada yang membutuhkan produk skincare.

Bisnis produk kosmetik dan skincare akan sangat menjanjikan untuk Anda yang ingin memulai berbisnis. Anda bisa memulai sebagai reseller dan menjualkan produknya secara online

  1. Jualan pulsa dan token listrik

Ide bisnis ini dapat Anda lakukan, karena pulsa dan token listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini. Untuk sistem pembayarannya dapat dilakukan via transfer.

Bisnis ini sangat cocok sebagai peluang bisnis pemula. Modal yang dikeluarkan untuk bisnis ini sangat kecil. Anda hanya memerlukan smartphone saja dan sudah bisa memulai bisnis ini.

Tips Jitu dan Cara Cerdas Memulai Bisnis Dari Nol

Sebagai pebisnis pemula selain mengetahui peluang bisnis apa saja, Anda juga perlu mengetahui tahap-tahap sebelum memulai bisnis

Tahap-Tahap untuk Memulai Suatu Bisnis

  1. Membuat perencanaan tentang ide bisnis

Sebuah bisnis berawal dari ide, bukan berasal dari faktor ketidaksengajaan dan keberuntungan saja. Untuk memulai bisnis Anda perlu membuat perencanaan yang matang untuk bisnis Anda. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki sebuah bisnis yang berkualitas.

Mendapatkan sebuah ide bisnis dapat Anda lihat referensi dari lingkungan sekitar. Harus peka terhadap apa saja yang sedang dicari oleh banyak orang.

  1. Melakukan survei / riset pasar

Salah satu alasan sebuah bisnis tidak lanjut yaitu karena suatu jasa atau produk yang di jual tidak sesuai dengan keinginan konsumen atau pasar. Banyak dari pebisnis pemula terlalu percaya diri terhadap produknya, sehingga mengabaikan tahap ini.

Cobalah untuk yang ingin memulai bisnis, buat survei kecil-kecil untuk mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasar, sehingga produk atau jasa bisa diterima oleh masyarakat dan bisnis bisa berjalan dengan lama.

  1. Menyiapkan modal untuk bisnis Anda

Dalam membuat bisnis perlu dibutuhkan adanya modal. Modal yang dikeluarkan pastinya sesuai dengan bisnis dan keuangan Anda. Tak perlu khawatir, dengan modal yang kecil juga bisa untuk memulai bisnis.

  1. Produk yang ingin Anda jual

Sebuah logo dan kemasan yang berkualitas baik akan menjadi cerminan dari produk yang akan jual. Jadi, buatlah logo dan kemasan yang cantik agar dapat diterima oleh pelanggan dari bisnis Anda.

  1. Membangun jaringan / networking

Sebuah kunci keberhasilan dalam berbisnis yaitu memiliki banyak relasi. Karena dalam berbisnis perlu jaringan yang luas untuk membantu memasarkan produk yang dijualnya. Sehingga produk dapat dikenal oleh banyak orang.

Untuk menambah relasi Anda perlu menghadiri kegiatan-kegiatan yang banyak terdapat pelaku usaha. Sehingga Anda akan banyak menambah relasi dan selalu menjaga hubungan baik terhadap relasi Anda.

Nah, itu beberapa tahap Peluang Bisnis Menguntungkan Di Tengah Pandemi, untuk memulai bisnis yang bisa Anda ikuti. Di masa pandemi ini bukanlah hal yang mustahil untuk Anda memulai bisnis. Yang pasti Anda sudah menyiapkan strategi dan membaca semua peluang bisnis yang akan Anda lakukan. Jadi, jangan menunda untuk memulai ya.

Baca Juga: Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Mie Ayam