Peluang Usaha Martabak Manis

4 views

Peluang Usaha Martabak Manis

Anda tentu sangat mengenal martabak manis. Penganan yang berasal dari Bangka ini sangat populer dan disukai semua kalangan. Anak-anak, remaja, ibu-ibu, bapak bapak dan orang lanjut usia. Rasanya sangat manis. Yang membuat lidah kian ketagihan untuk mencicipinya lagi. Rasa yang enak dengan harga yang terjangkau membuat kuliner ini laris manis di masyarakat.

Bisnis berjualan martabak manis merupakan salah satu usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Omset setiap bulan bisa mencapai Rp 30 juta. Sedangkan modal awal untuk membuka usaha ini sekitar Rp 4 juta kurang. Bagi anda yang mau membuka bisnis martabak manis maka bisa mempelajari mengenai keuntungan bisnis ini, prospek usaha beserta rincian biaya modal usaha dan cara membukanya agar laris. Dan pada kesempatan di sore hari ini akan dijelaskan mengenai semua itu.

Keuntungan Usaha Martabak Manis

Adapun keuntungan membuka gerai usaha martabak manis, antara lain:

  1. Menjanjikan penghasilan harian sangat besar

    Setiap orang sudah mengetahui betul kue martabak manis. Makanan cemilan ini sering dijadikan oleh-oleh bagi calon mertua atau orang terkasih di rumah. Dan sering pula disajikan sebagai menu makanan untuk menjamu tamu maupun bercengkrama dengan keluarga dan teman.

  2. Mudah dijalankan

    Bisnis buka usaha martabak manis dinilai sangat mudah dijalankan dengan modal kecil. Anda hanya mempersiapkan peralatan usaha dan bahan baku maka anda sudah bisa buka usaha martabak manis. Adapun cara membuat martabak manis yang enak, anda dapat mencari resepnya di internet atau media sosial.

  3. Mudah berinovasi

    Salah satu kelemahan bisnis kuliner adalah usaha ini sangat cepat melambung popularitas pada awal usaha. Namun akan mengalami penurunan omset seiring dengan mulai jenuhnya konsumen dengan menu martabak yang ada. Hal ini bisa disikapi dengan membuat menu martabak manis terbaru. Misalkan menu martabak manis toping srikaya.
    Dalam bisnis martabak manis maka anda bisa bermain dalam toping. Sehingga unik dan membedakan dengan pesaing. Dari sinilah anda bisa melihat martabak manis toping apa yang paling banyak dibeli orang. Dan martabak manis toping apa yang jarang disukai orang. Fokuslah pada pembuatan martabak manis yang paling banyak dibeli orang.

  4. Digemari orang

    Martabak manis menjadi makanan yang sangat digemari orang. Rasanya sangat lezat dan manis. Dengan sekali makan terasa kriuk dan lembut. Apalagi ditambah toping kesukaan akan membuat setiap orang yang mencicipinya jadi terus ketagihan.

  5. Resep martabak manis

    Anda bisa dengan mudah mendapatkan resep pembuatan martabak manis di google maupun di grup makanan facebook, bisa juga membaca referensi dari sini: Cara Membuat Martabak Manis

Kelemahan Bisnis Martabak Manis

Yang menjadi kelemahan bisnis ini adalah tingkat persaingan yang sangat tinggi. Anda melihat usaha ini sangat menjamur di satu daerah. Contohnya saja di desa penulis ada empat gerai usaha berjualan martabak manis yang jaraknya saling berdekatan sekitar 50 meter kurang. Walaupun usaha ini sudah sangat menjamur tapi tetap menguntungkan. Karena pangsa pasar yang sangat banyak di setiap daerah.

Analisis Usaha Martabak Manis

Melihat perkembangan bisnis martabak manis di Indonesia sangat seru. Martabak manis yang merupakan kue tradisional mampu menembus berbagai pangsa pasar. Ada yang menyasar kalangan menengah atas dengan menjual di mall. Ada juga yang menguasai kalangan menengah ke bawah dengan berjualan martabak manis di pinggir jalan menggunakan gerobak atau booth. Dan terakhir ada usaha martabak manis yang membidik kalangan anak sekolah menggunakan gerobak yaitu usaha martabak mini 1000 an.

Bisnis martabak manis di Indonesia terus melaju pesat. Ditandai dengan kemunculan beberapa usaha waralaba martabak manis. Usaha ini sering dikombinasikan dengan usaha roti bakar dan kopi. Sehingga bisnis ini benar-benar menjanjikan penghasilan harian sangat besar bagi mereka yang mau bekerja keras dan menjalani bisnis ini dengan serius.
Seiring dengan menjamurnya bisnis kuliner hits kekinian maka usaha martabak manis tak mau kalah. Martabak manis sering dijadikan kuliner berkelas dan dengan rasa yang beragam hits dan kekinian. Harga yang ditawarkan bervariasi dari harga termurah sampai termahal. Salah seorang pengusaha martabak manis yang sukses adalah Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi.

Kesuksesan bisnis martabak manis yang dijalankan oleh Gibran Rakabuming Raka dengan brand Markobar tak terlepas dari penggunaan toping yang beragam dan kekinian. Penggunaan toping tidak lagi tradisional seperti toping meises, keju, kacang dan coklat. Namun juga menyediakan toping oreo, kitkat, chuncky bar, nutella, greentea dan lain sebagainya.

Kehadiran bisnis martabak manis hits kekinian memperoleh respon bagus dari seluruh lapisan masyarakat. Mereka lebih banyak pilihan dalam menikmati martabak manis yang lebih beragam. Hal ini pula yang membuat banyak pelaku bisnis lainnya seperti usaha donat mulai menyediakan toping kekinian.
Bagi anda yang mau merasakan manisnya bisnis martabak manis, berikut ini kami sajikan panduan cara membuka usaha martabak manis dari nol sampai menguntungkan.

peluang usaha martabak manis

Baca: Cara memulai Usaha Martabak Manis Mini untuk Pemula

Ketersediaan modal

Modal usaha buka kedai martabak manis mencakup dua hal yakni modal operasional dan modal bahan baku serta peralatan. Berikut ini modal usaha peralatan yang dibutuhkan yaitu cetakan martabak manis, kompor gas dan tabung gas, mixer, wadah, tutup cetakan, ayakan tepung, sendok takaran, timbangan dan booth. Adapun modal bahan baku usaha martabak manis meliputi tepung terigu, air, gula pasir, telur, susu kental manis, margarin, aneka toping, mentega, garam, dan butter.

Peluang Usaha Martabak Manis

Dalam mengambil peluang bisnis martabak manis anda jangan tergesa-gesa. Segala sesuatu harus dipersiapkan secara matang. Anda bisa melakukan studi kelayakan usaha. Seberapa besar pangsa pasar lalu berapa banyak kompetitor? Dan lain sebagainya. Kemudian pastikan juga anda telah mempersiapkan modal usaha dengan baik termasuk resep pembuatan martabak manis yang super lezat dan enak.

Untuk membuat martabak manis maka anda bisa memperoleh resepnya di google dan media sosial maupun buku masakan. Cara yang paling mudah tentu anda bisa mengikuti kursus atau pelatihan membuat martabak manis untuk jualan. Tahapan ini sangat penting karena anda tak boleh sembarangan dalam pembuatan martabak manis. Rasa martabak manis yang tidak enak akan membuat konsumen kecewa dan kapok membeli lagi di tempat anda.
Ada banyak pengusaha martabak manis yang gulung tikar disebabkan rasa martabak manis yang dibuatnya tidak enak. Kunci sukses bisnis usaha martabak manis adalah soal rasa. Seperti bisnis kuliner yang lain. Pembuatan martabak manis yang lezat, kreatif dan inovatif akan membantu usaha berkembang lebih maju.

Hal berikutnya yang tak boleh dikesampingkan adalah masalah penjualan. Untuk penjualan martabak manis bisa dilakukan dengan berbagai konsep. Misalkan buka usaha kedai martabak manis di rumah, membuka usaha martabak manis gerobak kaki lima di pinggir jalan yang ramai lalu lintas orang dan bisa pula anda menjalankan bisnis ini secara rumahan dan online menggunakan aplikasi ojek online.

Pada dasarnya bahan baku martabak manis terdiri dari margarin, gula pasir, air, baking soda, baking powder, garam, telur, susu segar, dan tepung terigu. Bahan tersebut dicampurkan yang menjadi adonan dasar martabak manis. Sedangkan bahan baku toping atau isian bisa berupa susu kental manis, mentega, margarin, dan toping coklat, keju, meises, kacang, stroberi dan lain-lain.
Itulah peluang usaha martabak manis yang sangat sayang untuk anda lewatkan. Mengingat bisnis ini dapat dimulai dengan modal kecil dikisaran Rp 1 jutaan. Adapun potensi keuntungan yang sangat besar dapat diraih lewat bisnis ini.

Baca Juga: Peluang Usaha Roti Bakar

Gallery for Peluang Usaha Martabak Manis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *