Peluang Usaha Roti Bakar dan Kopi

12 views

Peluang Usaha Roti Bakar dan Kopi

Salah satu jenis usaha kecil-kecilan yang mudah ditemui di satu kota atau desa adalah usaha roti bakar dan kopi. Bisnis ini dapat dijalankan oleh siapapun tanpa mengenal usia, gender dan latar belakang. Ada beberapa karyawan yang menjalankan bisnis ini secara sampingan dan menguntungkan. Ada juga ibu rumahtangga yang membuka usaha roti bakar dan kopi secara rumahan dan menghasilkan laba yang cukup besar.

Usaha roti bakar dan kopi umumnya buka pada waktu jam 4 sore sampai larut malam. Karena pada waktu inilah banyak orang yang beristirahat atau pulang dari kerja di kantor. Pelaku usaha roti bakar akan dimudahkan dengan jam buka yang waktu sore. Ketika pagi hari, seseorang bisa bekerja atau melakukan usaha lain. Bisnis roti bakar sangat mudah dan dapat dikerjakan sampingan.

Untuk mengetahui gerai usaha roti bakar sangat gampang dikenali. Dengan melihat gerobak sederhana yang bertuliskan roti bakar. Di beberapa daerah di Indonesia, usaha roti bakar sering dikombinasikan dengan bisnis martabak manis dan kopi.

Keuntungan Usaha Roti Bakar

Roti bakar sangat digemari semua kalangan. Dari kalangan anak-anak, kalangan remaja, orang dewasa sampai nenek dan kakek. Rasanya yang sangat manis dan lezat membuat ketagihan. Penganan ini sangat cocok dijadikan cemilan untuk mengganjal perut yang lapar maupun sebagai oleh-oleh bagi orang terkasih di rumah.
Usaha kuliner menjadi jenis bisnis yang paling banyak dilakukan orang di seluruh dunia. Karena bisnis ini sangat menjanjikan dan perputaran uang sangat cepat. Begitupula usaha roti bakar. Di kala waktu santai maupun saat bercengkerama dengan keluarga dan teman maka makanan ringan roti bakar sering disajikan untuk disantap bersama.

Dari uraian di atas sangat jelas bahwa usaha roti bakar sangat menjanjikan karena pangsa pasar yang luas. Keuntungan yang diperoleh bersifat harian. Omset usaha bisa mencapai Rp 4 jutaan per hari. Asalkan didukung oleh rasa roti bakar yang enak dan lokasi yang strategis.

Peluang Usaha Roti Bakar dan Kopi
Roti Bakar Keju

Harga Jual Roti Bakar

Harga jual roti bakar berbeda antara satu gerai dengan gerai lain. Hal tersebut tergantung toping yang digunakan, kualitas rasa roti bakar dan berapa selisih keuntungan yang hendak didapat pedagang setiap item. Namun ada satu harga roti bakar yang umum atau pasaran sebesar Rp 14 ribu. Adapun harga roti bakar mini lebih murah lagi. Bisa setengah harga dari harga roti bakar biasa.
Anda bisa melihat harga roti bakar dikisaran Rp 14 ribu per porsi sangat terjangkau. Apalagi harga roti bakar mini. Inilah yang membuat bisnis roti bakar selalu diminati oleh masyarakat. Selain rasanya sangat lezat, harganya pun sangat murah.

Inovasi Roti Bakar

Setiap bisnis pastinya mengalami daur putar usaha. Dari usaha yang belum dikenal sama sekali menjadi bisnis yang mulai dikenal orang. Berjalan waktu, bisnis roti bakar mengalami peningkatan keuntungan seiring konsumen bertambah banyak. Namun satu tahun kemudian, usaha roti bakar bisa mengalami kelesuan. Sepi konsumen.
Salah satu tips untuk menjaga keuntungan dari usaha roti bakar yang menjanjikan adalah melakukan inovasi produk. Inovasi roti bakar terletak pada toping. Anda bisa membuka usaha roti bakar dengan berbagai macam toping yang aneh dan menarik. Misalkan toping green tea, toping bubble gum, cappucino, nangka, durian, nanas, rasa sirsak, rasa melon, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa menu rasa yang bisa diberikan pada roti bakar, antara lain:
1. Roti bakar kacang coklat
2. Roti bakar keju coklat
3. Roti bakar keju kornet
4. Roti bakar coklat, pisang dan keju
5. Roti bakar strawberry dan coklat

Modal Usaha Roti Bakar

Usaha roti bakar mempunyai brand masing-masing yang mudah diingat. Seperti usaha roti bakar 88 dan bisnis roti bakar Bandung. Namun semuanya sama dalam membuka usaha roti bakar yang memerlukan modal usaha berupa peralatan usaha roti bakar dan bahan baku serta keterampilan membuat roti bakar yang enak, lezat dan mantap.Bagi anda yang ingin memulai usaha roti bakar, berikut ini rincian biaya modal usaha roti bakar dari awal sampai siap buka, antara lain:

Peralatan Usaha

1.Booth atau etalase Rp 1 juta
2.Kompor gas dan tabungnya Rp 400 ribu
3.Kursi dan meja Rp 2 juta
4.Nampan, talenan, pisau, sendok, dan garpu Rp 200 ribu
5.Piring, serbet dan wadah Rp 100 ribu

Total biaya modal peralatan usaha sebesar Rp 3,7 juta.

Bahan Baku

Untuk modal usaha bahan baku roti bakar, antara lain:

1.Roti tawar atau roti kasino Rp 3000
2.Susu kental manis Rp 10 ribu
3.Pisang Rp 6000
4.Keju Rp 5000
5.Margarin Rp 7000
6.Coklat meses Rp 10 ribu

Sedangkan biaya operasional usaha roti bakar meliputi biaya listrik dan air bulanan, upah karyawan dan sewa lokasi usaha.

Baca: Daftar Rincian Modal Coffe Shop Sederhana

Konsep Usaha Roti Bakar

Konsep usaha roti bakar berbeda-beda. Ada yang menggunakan konsep kedai, warung, cafe, jualan keliling menggunakan gerobak atau sepeda motor, usaha roti bakar rumahan sampai konsep usaha roti bakar pinggir jalan. Semua konsep di atas dapat anda pilih sesuai kemampuan anda. Usaha roti bakar secara keliling menggunakan gerobak sama larisnya menjual roti bakar di pinggir jalan yang strategis.

Peluang Usaha Roti Bakar dan Kopi

Untuk anda yang mau menambah pemasukan baru dari bisnis maka usaha roti bakar dan kopi dapat menjadi pilihan usaha yang layak dipertimbangkan. Hal ini didasarkan atas beberapa kelebihan bisnis ini yaitu mudah dijalankan, tak memerlukan modal besar, dan potensi keuntungan yang lumayan besar setiap hari.
Usaha roti bakar dan kopi menjadi suatu bisnis yang sudah ada sejak lama. Disaat jenis usaha lain berguguran dan kehilangan popularitas maka usaha roti bakar dan minuman kopi tetap eksis dan diminati banyak orang dengan berbagai konsep modern. Sehingga bisnis roti bakar dan kopi bukanlah suatu usaha musiman. Namun bisnis ini akan menguntungkan dan langgeng sepanjang masa.

Resep Membuat Roti Bakar

Berikut ini cara sukses membuka usaha roti bakar dan kopi, antara lain:

  • 1. Mencari lokasi yang strategis

    Lokasi yang tepat bagi usaha roti bakar adalah dekat pusat keramaian orang. Misalkan dekat dengan universitas, pusat perkantoran, dan perumahan yang padat penduduk. Kemudian pilih juga lokasi yang masih jarang pesaing.

  • 2. Rasa yang enak dan lezat

    Yang diburu oleh penggemar roti bakar adalah rasanya yang benar-benar nikmat hingga ketagihan dan terus berlangganan. Oleh karena itu, sebelum membuka bisnis ini, sobat bisa melakukan ujicoba untuk mendapatkan resep pembuatan roti bakar yang pas.

  • 3. Promosi

    Kunci utama untuk mendapatkan banyak konsumen dan pelanggan adalah anda rajin berpromosi. Promosi yang dijalankan secara online dan offline. Contoh promosi jualan roti bakar di media sosial Facebook, menyebarkan brosur, dan promosi dari mulut ke mulut.

  • 4. Harga bersaing

    Anda bisa menerapkan harga roti bakar dengan harga lebih murah dari pesaing tanpa meninggalkan kualitas dan porsi. Kalau tak memungkinkan maka anda bisa memberi harga sama dengan pesaing.

  • 5. Menjaga hubungan baik dengan konsumen

    Sesekali anda dapat memberikan diskon atau hadiah menarik bagi pelanggan.

  • 6. Sediakan menu kopi

    Menikmati roti bakar akan semakin nikmat jika disajikan bersama kopi. Untuk kopi yang bisa disediakan bisa kopi sachet yang diseduh.

Demikian peluang usaha roti bakar dan kopi. Anda bisa menjalankan bisnis ini secara rumahan maupun di tempat strategis. Sediakan pula roti bakar biasa dan roti bakar mini supaya terdapat lebih banyak pilihan bagi konsumen.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Online Shop Pakaian

Gallery for Peluang Usaha Roti Bakar dan Kopi

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *