Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan di Jaman Now

Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan di Jaman Now

5 views

Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

Semakin maju dan modern masyarakat asuransi menjadi salah satu kebutuhan penting termasuk juga asuransi kendaraan. Tuntutan pergaulan modern dan rutinitas sehari-hari menuntut setiap orang dapat melakukan mobilitas dengan lebih fleksibel. Hal ini menjadi alasan bahwa memiliki mobil pribadi itu penting.

Bukan sekedar gaya hidup tetapi juga untuk kemudahan. Terlebih bagi yang tinggal di kota besar dimana macet menjadi kebiasaan. Opsi untuk menggunakan moda transportasi umum nyatanya belum memadai. Selain itu biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi setiap hari cukup tinggi. Memiliki mobil pribadi selain memudahkan mobilitas juga dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan.

Terlindung dari panas dan hujan, serta bisa digunakan kapan saja. Menyingkat waktu dan jarak tempuh menuju tempat tujuan. Asuransi kendaraan merupakan kelengkapan penting yang harus dimiliki pengguna mobil.

Berikut ini adalah 4 manfaat memiliki asuransi kendaraan di zaman now, antara lain:

  • #1. Menghemat Biaya Memperoleh Manfaat Besar

Mengendarai mobil pribadi setiap orang semestinya sudah paham akan resiko selama diperjalanan. Kecelakaan akibat kelalaian, tertabrak kendaraan lain, tertimpa pohon tumbang kadang tidak terprediksi. Bahkan pada saat tidak digunakan kendaraan yang dimiliki tetap dapat mengalami kerugian misalnya pencurian, kerusakan akibat huru-hara, banjir, longsor dan sebagainya.

Banyak sekali kerugian yang bisa dialami pemilik kendaraan pribadi. Disinilah asuransi kendaraan sangat berperan. Jika terjadi resiko selama memiliki kendaraan tersebut, tidak perlu memikirkan biaya perbaikannya. Cukup melakukan klaim kepada pihak asuransi dan semua akan diurus. Sangat membantu khususnya bagi yang memiliki rutinitas padat.

Pemilik kendaraan pribadi hanya cukup menyetor uang premi sesuai kesepakatan dalam jumlah terjangkau. Besarnya nominal yang disetor sangat kecil dibanding dengan biaya perbaikan jika terjadi resiko kecelakaan. Biaya yang disetor tersebut merupakan bentuk antisipasi. Sehingga nominalnya tidak memberatkan konsumen, namun disesuaikan dengan manfaat.

Mempercayakan keamanan mobil kepada pihak asuransi lebih menghemat biaya. Sebab resiko yang dialami akan ditanggung. Jika memperbaiki mobil secara mandiri, biaya yang harus dikeluarkan cukup besar. Besarnya bisa diluar dari prediksi, sehingga akan sangat menguras tabungan. Belum lagi harus menyediakan waktu khusus untuk memperbaiki.

Bagi anak muda dengan segudang rutinitas dan kesibukan memiliki asuransi sama saja dengan meringankan pekerjaan. Apabila terjadi kerusakaan akibat huru-hara atau banjir tidak perlu memikirkan kondisi mobil. Meskipun kerusakan sangat mungkin terjadi. Cukup menghubungi pihak asuransi untuk klaim manfaat dari premi yang sudah disetor.

  • #2. Meminimalisir Kerugian

Dalam berkendara ada kalanya terjadi kecelakaan akibat kelalaian yang melibatkan orang lain. Kerugian bukan hanya pada diri sendiri tetapi juga orang lain. Tanpa asuransi kendaraan jika hal tersebut terjadi maka kita harus menanggung ganti rugi sebagai bentuk pertanggungjawaban. Nilainya bisa sangat besar sesuai tingkat kerusakan.

Jadi asuransi semakin berkembang tidak hanya untuk melindungi diri pribadi tetapi juga orang lain yang kita tabrak. Dengan premi yang dibayarkan manfaat bisa digunakan untuk orang lain. Asuransi tersebut membebaskan kita dari tanggungan pihak ketiga. Meminimalisir ketidaknyamanan dengan pihak ketiga karena permasalahan di jalan.

Kecelakaan yang melibatkan orang lain, dalam hal ini kita sebagai penyebab membawa konsekuensi besar. Di satu sisi kita harus memikirkan bagaimana memperbaiki mobil yang rusak. Di sisi lain ada mobil orang lain yang juga harus kita tanggung. Biaya yang dikeluarkan tentunya akan sangat besar.

Tetapi hal tersebut tidak perlu menjadi kekhawatiran jika sudah memiliki asuransi. Cukup menghubungi pihak asuransi tersebut maka semua akan langsung terselesaikan. Jumlah biaya yang dikeluarkan tidak sebesar jika mengurus semuanya sendiri. Karena tidak hanya biaya perbaikan kendaraan tetapi juga perawatan medis orang yang menjadi korban.

Menyingkat segala urusan dengan melimpahkannya kepada pihak asuransi. Sehingga bisa tetap fokus pada kepentingan yang lain. Tidak perlu mengkhawatirkan orang-orang yang ikut terlibat dalam kecelakaan. Tidak menyita waktu, tenaga apalagi biaya yang menyebabkan pekerjaan jadi terbengkalai karena sudah membayar sejumlah premi dimuka.

  • #3. Tenang selama Berkendara

Mengendarai mobil tidak ada yang tahu bagaimana kondisi lalu lintas di setiap waktu. Bisa jadi kita sudah berhati-hati dan menaati peraturan lalu lintas yang ada namun bukan berarti orang lain berkendara seperti kita. Banyak sekali pengendara mobil yang tidak paham akan rambu lalu lintas dan peraturannya.

Bahkan tidak sedikit yang dengan sengaja melanggar rambu lalu lintas. Akibatnya kecelakaan tidak terhindarkan. Kecelakaan di jalan raya bisa saja melibatkan orang lain sebagai korban. Kecil atau besar sebuah kecelakaan mobil di jalan raya kerugian yang harus ditanggung cukup banyak bukan hanya secara material.

Jika menjadi korban kecelakaan di jalan raya dan orang yang menabrak tidak memiliki asuransi, maka kita sendiri harus menanggung kerugian. Mulai biaya perbaikan mobil hingga perawatan kesehatan. Akan lebih aman dan tenang jika kita sudah tercover oleh asuransi sebab resiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja.

Memiliki asuransi kendaraan kita akan menjadi lebih tenang selama berkendara. Tidak perlu memikirkan jika terjadi hal-hal negatif diluar prediksi karena justru akan mengurangi fokus berkendara. Pikiran lebih tenang dan santai setiap hari ketika meninggalkan rumah untuk bepergian menggunakan mobil pribadi baik di siang hari maupun malam.

Terutama bagi yang tinggal di kota besar dimana jalanan sangat padat. Kemungkinan resiko kecelakaan mobil sangat besar. Pada jam-jam tertentu bisa jadi jalanan sangat ramai yang meningkatkan resiko tabrakan karena saling terburu waktu. Asuransi kendaraan memberikan jaminan keamanan dari resiko kerugian.

  • #4. Asuransi Kendaraan Merupakan Investasi

Masyarakat modern jaman now terkenal sebagai orang-orang yang sangat sulit menabung. Tuntutan gaya hidup serta gengsi menjadi penyebab perilaku konsumtif secara berlebihan. Kesadaran memiliki tabungan atau investasi sangat rendah. Lebih mementingkan kebutuhan jangka pendek yang sebenarnya tidak banyak memberikan manfaat.

Masyarakat milenial lebih mudah memiliki mobil pribadi karena merupakan kebutuhan. Padahal memiliki mobil harus melakukan perawatan berkala agar nilainya tidak cepat menyusut yang pastinya menambah pengeluaran. Pengeluaran menjadi sangat bermanfaat jika dialihkan pada asuransi kendaraan. Sebab selama pemakaian pastinya terjadi resiko kerusakan karena berbagai faktor.

Memiliki asuransi, kita tidak perlu menyisihkan penghasilan bulanan untuk perawatan khusus atau jaga-jaga jika terjadi kerusakan pada mobil. Uang yang harusnya dialokasikan untuk kebutuhan tak terduga tersebut bisa digunakan untuk kepentingan lain. Asuransi merupakan manfaat jangka panjang yang berguna di kemudian hari dimana biaya-biaya semakin tinggi.

Asuransi yang dimiliki bukan hanya sebagai sarana mengamankan aset berjalan tetapi juga tabungan. Contohnya pada saat membeli sebuah mobil, Anda membeli asuransi dengan premi Rp 5 juta. Uang tersebut tidak hilang begitu saja tetapi bermanfaat jika terjadi kecelakaan, kerusakan akibat vandalism, atau resiko selama musim hujan.

Hanya dengan Rp 5juta, manfaat yang didapat bisa berlipat. Lain halnya jika tidak memiliki asuransi. Jika terjadi resiko kecelakaan biaya yang harus ditanggung menjadi lebih besar mencapai puluhan juta rupiah. Tentu menguras tabungan apalagi kerusakan bisa saja terjadi berulang, lebih menguntungkan jika memiliki asuransi kendaraan.

Baca: Keuntungan Memiliki Asuransi Pasutri Bagi Pasangan Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *