Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

0 views

Pasti Anda memiliki salah satu dari kartu debit dan kredit. Bahkan bisa jadi Anda memiliki keduanya. Namun, Apakah Anda mengetahui perbedaan Kartu debit dan kredit untuk kebutuhan keuangan Anda? Sebagian orang bahkan masih kesulitan membedaan dari kedua kartu ini.

Di era yang semakin berkembang seperti sekarang, produk penunjang keuangan juga semakin canggih. Salah satunya penggunaan kartu debit dan kredit untuk melakukan transaksi keuangan. Selain mempermudah, kartu debit dan kredit juga dapat menunjang keuangan Anda dalam jangka panjang.

Itulah sebabnya Anda perlu memahami manfaat penggunaan kartu debit dan kredit. Apakah Anda termasuk orang yang masih bingung mau memilih menggunakan kartu debit atau kredit? Tidak perlu khawatir, artikel ini akan mengulas tentang kartu debit dan kredit sehingga Anda bisa menentukan mana yang lebih menguntungkan utntuk kebutuhan keuangan Anda.

Pengertian Kartu Debit dan Kredit

Dalam istilah akuntansi dan keuangan, debit dan kredit adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Perbedaan diatara keduanya secara umum terletak pada jenis transaksi yang mengkutinya. Jadi debit diartika sebagai pertabahan uang sedangkan kredit diartikan sebagai pengeluaran uang dalam satu proses transaksi.

Pengertian kredit dalam istilah perbannkan adalah penyediaan uang atas kesepakatan pinjam antara pihak bank dan nasabahnya. Jadi dalam raktiknya, kartu debit dan kredit tidak dapat diartikan secarasederhana hanya berkaitan dengan pertmbahan dan pengurangan uang saja.

Jadi kartu debit adalah jenis kartu pembayaran secara elektronik yang siterbitkan perbankan untuk digunakan nasabahnya dengan beberapa pelayanan. Sedangkan kartu kredit dikenal pula dengan sebutan kartu hutang yang berfungsi untuk meminjam uang dari bank yang menerbitkan kartu tersebut dengan batas waktu dan jumlah yang telah ditentukan.

Mana yang lebih menguntungkan antara kartu debit dan kredit? Sekilas dua jenis kartu ini mungkin tampak sama, padahal kartu debit dan kredit memiliki perbedaan dasar. Anda perlu memahaminya agar bisa memanfaatkan kartu debit maupun kartu kredit secara maksimal. Berikut ini beberapa hal yang membuat kartu debit dan kredit berbeda dan perlu Anda ketahui agar tidak bingung memilih keduanya.

Hal yang Menjadi Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

1. Limit Penggunaan

Perlu Anda ketahui bahwa berlaku limit penggunaan pada kartu kredit, namun tidak berlaku bagi kartu debit. Limit penggunaan ini adalah batas maksimal yang ditentukan bank penerbit kartu kepada nasabahnya untuk melakukan transaksi.

Limit pembayaran kartu kredit berlaku bulanan dengan nominal yang berbeda-beda. Jumlahnya tergantung jenis kartu kredit dan ketentuan bank yang menerbitkan kartu. Biasanya besar nominalnya mulai dari Rp. 3.000.000 sampai puluhan juta.Berbeda dengan kartu debit yang tidak memiliki limit dalam penggunaannya. Jika Anda masih memiliki saldo di dalam rekening, maka Anda dapat terus melakukan transaksi pembayaran. Anda juga mengisi saldo rekening di kartu debit dengan setoran tunai atau transfer.

2. Biaya Transaksi

Dari segi biaya transaksi yang dikeluarkan pengguna kartu debit dan kredit tersebut berbeda. Jika Anda menggunakan kartu debit akan dikenakan biaya transaksi kecil. Misalnya jika Anda transfer uang ke rekening bank lain melalui ATM hanya dikenakan biaya Rp. 6.500.Sedangkan jika Anda menggunakan kartu kredit maka akan dikenakan sejumlah biaya, misalnya iuran tahunan. Jadi Anda perlu membayar cicilan dengan biaya bunga yang harus dibayar.

3. Mekanisme Transaksi

Mekanisme transaksi antara kartu debit dan kredit tentu berbeda. Kartu kredit perlu verifikasi dan membubuhkan tanda tangan saat melakukan transaksi. Jadi kartu kredit ini hanya bisa digunakan oleh pemiliknya sendiri.Sedangkan kartu debit bisa dipindahtangankan saat ingin melakukan transaksi pembayaran. Asalkan tahu pin kartu debit tersebut. Berdasarkan mekanisme transaksinya, kartu debit debil lebih mudah dibandingkan karu kredit.

4. Solusi Pembayaran

Dari segi solusi pembayaran, kartu kredit lebih efesien digunakan karena  bisa melalukan transaksi meskipun tidak memiliki saldo rekening. Solusi pembayaran ini kemudian akan dihitung sebagai utang oleh bank. Kartu kredit bisa menjadi solusi pembayaran bagi orang yang membutuhkan dana saat mendesak.Berbeda dengan kartu debit yang memerluka saldo rekening agar bisa malakukan transaksi pembayaran. Jika Saldo Anda tidak cukup membayar jumlah transaksi maka kartu debit tidak bisa digunakan.

5. Promo yang Tersedia

Promo biasanya banyak diberikan kepada pengguna kartu kredit. Jenis promo biasanya berupa poin yang nantinya bisa ditukar dengan aneka hadiah dan Cashback dari hasil transaksi.Jika Anda menggunakan kartu kredit maka bisa mendapat banyak promo berupa diskon belanja juga. Sedangkan promo pada kartu debit tidak sebanyakkaru kartu kredit.

6. Kewajiban yang Ditanggung Nasabah

Selain pelayanannya yang beda, perlakuan terhadap kartu debit dan kredit juga berbeda. Untuk mengurus kartu debit, Anda perlu mendaftarkan diri menjadi nasabah bank. Maka setelah itu Anda akan mendapat nomor rekening tabungan untuk menyimpan sejumlah saldo.Sedangkan untuk menggunakan kartu kredit, Anda tidak perlu mendaftarkan diri sebagai nasabah bank tersebut. Anda hanya perlu membuat surat permohonan membuat kartu kredit saja. Namun jika Anda menjadi nasabah di bank tersebut, maka surat permohonan akan lebih mudah dikabulkan.

Perlu Anda ketahui bahwa pembuatan kartu debit dan kredit bergantung pada kebijakan bank yang menerbitkan kartu tersebut. Berikut ini ringakasan kelebihan dan kekurangan kartu debit dan kredit untuk digunakan dalam kebutuhan keuangan.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

1. Kelebihan Menggunakan Kartu Debit

    1. Lebih Efesien Digunakan untuk Transaksi dengan Hanya Gesek kartu
    2. Dapat Melakukan Transaksi dalam Jumlah Besar
    3. Bukan Termasuk Berutang Seperti Kartu Kredit
    4. Tanpa Terbebani Bunga
    5. Dapat Melakukan Tarik Tunai dengan Jumlah Tertentu
    6. Tanpa Membayar Cicilan Bulanan
    7. Lebih Aman Digunakan dalam Jangka Panjang

2. Kekurangan Menggunakan Kartu Debit

      1. Jarang Ada Promo Dari Bank
      2. Rawan Disalahgunakan Karena Mudah Dipindahtangankan
      3. Tansaksi Harus Sesuai Merchant Bank
      4. Hanya Bisa Digunakan Jika Saldo Mencukupi untuk Melakukan Pembayaran

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

1. Kelebihan Menggunakan Kartu Kredit

    1. Praktis dan Nyaman untuk Transaksi Pembayaran
    2. Menawarkan Berbagai Manfaat Tambahan
    3. Relatif Aman Karena Tidak Bisa Dipindahtangankan
    4. Memberi Perlindungan Tambahan atas Pembelian yang Tidak Diberikan Saat Berbelanja Tunai
    5. Membantu dalam Keadaan darurat
    6. Mempermudah Mengatur Anggaran Keuangan
    7. Lebih Fleksibel saat Melakukan Pembelian Karena Banyak Promo yang Ditawarkan
    8. Pengeluaran Lebih Terlacak Dari Lembar Tagihan yang Rutin Diterima
    9. Lebih Mudah Melakukan Transaksi Online
    10. Dapat Digunakan Di Seluruh Dunia

2. Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit 

    1. Adanya Batasan Nominal Transaksi pada Beberapa Merchant Bank
    2. Dapat Menimbulkan Perilaku Konsumtif Karena Bersifat Hutang
    3.  Dikenakan Beban Bunga Disetiap Cicilan
    4. Ada Aturan Ketat yang Dapat Merugikan Nasabah Sebagai Jaminan Bagi Pihak Bank

Nah, itulah penjelasan tentang perbedaan kartu debit dan kredit yang perlu Anda ketahui agar tidak bingung menggunakan kedua kartu tersebut. Dari kelebihan dan kekurangan kartu debit dan kredit di atas, Anda dapat menentukan mana yang lebih unggul.

Hal ini karena Anda sendirilah yang mengetahui kebutuhan keuangan Anda. Dari situ Anda bisa menyesuaikan dengan kegunaan kartu debit dan kredit. Itulah sebabnya Anda perlu memahami penggunaan kartu debit dan kredit secara tuntas.

 

Gallery for Perbedaan Kartu Debit dan Kredit, Mana Yang Lebih Menguntungkan?