Rahasia Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Agar Dipanggil Wawancara Kerja

Perbedaan antara surat pekerjaan yang baik dan buruk adalah Apakah Anda mendapat undangan untuk wawancara untuk suatu pekerjaan atau tidak? Menulis surat lamaran kerja dengan tulis tangan akan memberi Anda kesempatan untuk bertemu pemilik perusahaan dan membuat kesan pertama yang baik.

Rahasia Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Agar Dipanggil Wawancara Kerja

Berikut ini adalah cara menulis surat lamaran kerja yang akan membantu Anda mendapatkan wawancara kerja:

1. Kata pembuka yang menarik

Anda ingin mernarik perhatian calon atasan dan langkah pertama untuk melakukan ini adalah memastikan surat lamaran kerja itu dikirim ke alamat yang benar. Jika Anda tidak memiliki nama atasan pada iklan lowongan pekerjaan, angkat telepon dan hubungi perusahaan tersebut untuk mencari tahu siapa yang akan melihat surat lamaran kerja dan cv yang Anda kirimkan.

Sekarang jika Anda sudah memiliki nama, buat kata pembuka yang menarik. Pastikan Anda menunjukkan beberapa hal yang terkait dengan perusahaan untuk menunjukkan bahwa Anda telah meneliti dan mencari informasi sebelumnya peruhahaan yang akan Anda lamar.

2. Poles diri Anda, iklankan diri Anda

Gunakan paragraf kedua, ketiga dan bahkan keempat (jika perlu) untuk mendiskusikan pengalaman, keterampilan, dan pendidikan Anda yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang akan dilamar. Ceritakan tentang pengalaman Anda dalam melayani pelanggan, misalnya, akan membantu perusahaan meningkatkan penjualan. Surat lamaran kerja harus fokus pada bagaimana Anda dapat membantu perusahaan tersebut dengan kemampuan yang dimiliki.

3. Penutup yang menarik

Surat lamaran kerja hanya memiliki satu halaman. Tapi Anda ingin memberi tahu pemilik perusahaan lebih banyak tentang Anda, dan berharap mereka akan menelepon dan menghubungi Anda. Anda harus membuat kata penutup yang menarik, beberapa paragraf terperinci tentang keterampilan dan pengalaman Anda akan membantu perusahaan, diakhiri dengan ringkasan yang mengesankan dan berikan kata menarik agar, mereka mau menghubungi Anda untuk wawancara kerja. Tebalkan paragraf terakhir, tekankan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu dan pembaca atau calon atasan dapat belajar lebih banyak dengan melihat cv yang terlampir atau menelepon Anda. Jangan monoton hanya ingin meminta wawancara kerja. Ingatlah untuk selalu berterima kasih kepada pemilik perusahaan atau HRD karena telah meluangkan waktu untuk membaca surat Anda.

4. Memasukkan kata kunci

Didalam isi lamaran kerja, cobalah untuk memasukkan beberapa kata kunci dari posting iklan lamaran kerja asli. Jika ada pepatah yang mengatakan bahwa perusahaan mencari seseorang yang mampu melakukan kerja tim, aktif, gunakan kata-kata ini dalam surat lamaran kerja Anda dan kemudian jelaskan seberapa aktif dan kerja tim Anda. Pengusaha akan memfilter surat pengantar yang menggunakan kata-kata mereka sendiri di dalamnya. Anda pasti akan mendapatkan perhatian dari mereka dengan cara ini.

5. Jangan menulis surat pengantar yang sama setiap Anda lamar kerja

Untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar, tulis surat pengantar yang baru dan unik. Jangan membuat surat dalam bentuk sama dengan orang lain. Karena setiap iklan lowongan kerja akan berbeda persyaratannya, Anda juga harus memiliki reaksi dan respon yang berbeda. Ingat, Anda harus menggunakan kata dan frasa tertentu dalam surat lamaran Anda yang sesuai dengan iklan lowongan kerja tersebut. Anda dapat menggunakan kalimat yang sama dalam surat lamaran Anda, tapi jangan hanya menggunakan “bisnis Anda” atau “perusahaan Anda”. Cari tahu lebih detail tentang perusahaan yang akan dilamar, atau lebih baik lagi jika Anda bisa mencari tahu nama pemilik perusahaan tersebut. Ini menunjukkan Anda bisa meluangkan waktu untuk meneliti dan mengetahui informasi perusahaan dengan lebih baik dari yang lain.

Baca juga : Petunjuk Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Terbaru

6. Pemeriksaan terakhir

Jangan terburu-buru membaca surat pengantar. Pastikan surat lamaran kerja Anda selalu dibaca lagi beberapa kali sebelum mengirimkannya ke perusahaan yang akan Anda lamar. Jika memungkinkan, mintalah seseorang untuk membacanya. Baca dan periksa surat lamaran untuk memastikan Anda telah menulis lamaran dengan benar baik dalam tata bahasa atau EYD dan tanda baca. Ingat, Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama untuk perusahaan yang Anda lamar.

author
2 Responses
  1. 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Lamaran Kerja ⋆ ARESPEDIA7 months ago

    […] Rahasia Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Agar Dipanggil Wawancara Kerja […]

    Reply
  2. Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik Posisi Teknik Mesin ⋆ ARESPEDIA6 months ago

    […] Baca juga : Rahasia Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Agar Dipanggil Wawancara Kerja  […]

    Reply

Leave a reply "Rahasia Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Agar Dipanggil Wawancara Kerja"