Rahasia Sukses Menulis Daftar Riwayat Hidup Atau CV Untuk Lamaran Kerja

Salah satu faktor yang membantu kaum muda berhasil seleksi lamaran kerja dengan menaklukkan pemilik perusahan adalah mempersiapkan diri dengan membuat daftar riwayat hidup atau CV yang bagus. Karena CV Anda adalah faktor pertama yang memberi kesan kuat pada pemberi kerja, karena itu Anda harus mempersiapkannya dengan cermat untuk menunjukkan pengalaman dan mendeskripsikan hal yang terbaik tentang diri Anda. Berikut adalah hal-hal yang perlu diingat saat membuat daftar riwayat hidup atau cv yang efektif.

Rahasia Sukses Menulis Daftar Riwayat Hidup Atau CV Untuk Lamaran Kerja

Buat kesan pertama yang kuat

Sebagian besar pemilik perusahaan menghabiskan kurang dari 30 detik membaca CV Anda. Jadi kesan pertama sangat penting.

Misalnya, saat membaca artikel, Anda selalu membaca baris pertama, lalu memutuskan apakah akan membacanya atau tidak. Demikian pula, pemilik perusahaan hanya melompati CV Anda dan melihat pada satu titik di dalamnya. Karena itu, buat kesan dengan atasan dengan berfokus pada poin Anda yang paling menonjol.

Anda dapat meminta orang tepercaya untuk mengedit CV Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk membantu Anda mengatasi tantangan dan mendapatkan perhatian dari atasan. Tentu saja, cara termurah adalah dengan mengeditnya sendiri. Ada banyak buku dan situs web yang menyediakan templat CV, Anda dapat membacanya untuk referensi dan melengkapi CV Anda untuk membantu Anda lebih berhati-hati sebelum mengirim ke perusahaan.

Pengumpulan informasi

Hal pertama yang perlu Anda ingat adalah tujuan Anda saat menulis CV. Anda harus menjawab pertanyaan seperti: Untuk posisi apa Anda menulis CV ini? Apa persyaratan pemilik perusahaan untuk posisi itu? Mengetahui bagaimana spesifik deskripsi dari pemilik perusahaan dan memahami relevansi Anda untuk posisi itu, Anda dapat mulai menulis CV yang efektif dan menarik perhatian pemilik perusahaan.

Menekankan highlights dari judul itu sendiri adalah apa yang pemilik perusahaan akan lihat pada awalnya. Riwayat Hidup yang paling diperhatikan seringkali memiliki topik yang menarik bagi pembaca.

Pertama, tunjukkan kelebihan Anda karena pemilik perusahaan sering tidak punya waktu untuk membaca paragraf panjang di CV untuk mengetahui keterampilan penting Anda. Jadi cobalah ikuti tips di bawah ini. – Tuliskan judul untuk CV atau slogan mengesankan yang terkait dengan posisi dan keinginan yang telah Anda terapkan pada perusahaan.

Gunakan kata kerja yang kuat untuk menyoroti keterampilan Anda miliki. Kata kunci adalah kata sifat dan kata benda yang menggambarkan keahlian dan pengalaman Anda.

Nyatakan pencapaian Anda. Jika seorang kandidat menggunakan angka, atau daftar pencapaian, itu akan memudahkan pemilik perusahaan menilai Anda.

Menulis padat, ringkas dan jelas

Hapus semua simbol dan kata-kata abstrak sebelum mengirim CV Anda ke perusahaan dan ingatlah untuk mengeditnya. Periksa kesalahan pengejaan dan tata bahasa. Lebih baik lagi, Anda harus meminta orang lain untuk melihat apakah cv tersebut sudah benar tata bahasa dan pengejaannya belum, sebelum mengirimkannya ke pemilik perusahaan.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate 

Saat menulis CV Anda secara online, agar menonjol di depan ratusan pesaing lainnya, Anda perlu membuat kesan yang kuat pada CV Anda. Dengan CV yang singkat dan menarik yang dikirim ke para pemilik perusahaan, Anda dijamin pasti akan berhasil lolos ke tahap tes wawancara.

author
One Response
  1. 8 Poin Yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis CV (Bagian 1) ⋆ ARESPEDIA4 months ago

    […] Rahasia Sukses Menulis Daftar Riwayat Hidup Atau CV Untuk Lamaran Kerja […]

    Reply

Leave a reply "Rahasia Sukses Menulis Daftar Riwayat Hidup Atau CV Untuk Lamaran Kerja"