Rekomendasi Pinjaman Online

9 Rekomendasi Pinjaman Online Yang Sudah Berizin OJK

0 views

Menyadur dari daftar Fintech Lending yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), per 27 Juli 2021 tercatat ada 121 layanan pinjaman online yang mendapat izin operasional dan diawasi. Tentu banyaknya pilihan aplikasi Fintech atau pinjaman online yang beredar bisa jadi membuat anda bingung. Guna menjawab kebingungan anda dalam memilih aplikasi pinjaman online yang aman dan sudah terdaftar di OJK, kami coba merangkum 9 rekomendasi pinjaman yang aman dan terpercaya, sebelum itu kami perlu menegaskan bahwa ini hanya bersifat rekomendasi saja, berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Pinjaman Online

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah penyedia layanan pinjaman online yang aktif 24 jam dan dapat cair dalam waktu cepat. Aplikasi ini dapat menjadi alternatif solusi saat anda membutuhkan dana yang bersifat darurat. Soal aspek keamanan, aplikasi Kredit Pintar dapat dikategorikan sebagai aplikasi fintech yang aman karena proses verifikasi ganda agar dana pinjaman anda tetap terhindar dari penipuan, ini sesuai dengan yang kami sarankan di artikel Cara Pinjam Uang Yang Aman di Fintech Pinjaman Online.

Proses pengajuan pinjaman diklaim mudah karena anda hanya perlu mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Play Store dan tinggal mengikuti syarat dan ketentuannya. Syarat pengajuan pinjaman online di Kredit Pintar cukup dengan dua tanda pengenal, yaitu KTP dan NPWP, dan disertai dokumen resmi lain.

Layanan pinjaman online Kredit Pintar memiliki keunggulan yaitu platform pinjaman hingga 2,3 juta rupiah, cocok untuk pinjaman darurat dengan nominal tidak terlalu besar, kemudian tenor pinjaman selama 60 hingga 90 hari, dan proses pencairan dana pinjaman yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam.

Selain kemudahan-kemudahan tersebut, hal-hal lain yang patut anda perhatikan sebelum memutuskan meminjam adalah biaya layanan atau administrasi sebesar 10-15 persen dari total pinjaman, ini berarti jika kita meminjam uang 1 juta rupiah setidaknya hanya 900 ribu rupiah yang bisa kita terima. Selain itu yang perlu anda catat, terdapat biaya denda keterlambatan sebesar 1 persen/hari. Jadi, anda harus berupaya membayar tepat waktu, diusahakan sebelum jatuh tempo.

Proses pelunasan dan pembayaran cicilan di Kredit Pintar juga tergolong mudah karena bisa dilakukan via M-Banking, transfer ATM, dan di semua cabang Alfa Group (Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson, dan lain-lain.

Baca: Cara Mendaftar Flip Mudah Anti Ribet

2. Rupiah Cepat

Produk selanjutnya yang sudah dan masih terdaftar di OJK adalah Rupiah Cepat. Produk ini diinisiasi oleh Kredit Utama Fintech Indonesia (KUFI) yang merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa pinjaman online mikro tanpa jaminan berbasis aplikasi yang memiliki reputasi baik di Indonesia.

Proses pinjaman online melalui Rupiah Cepat dapat dilakukan sepenuhnya melalui telepon seluler anda, tentunya yang sudah bisa menginstal aplikasi melalui play store. Keunggulan pinjaman online satu ini adalah karena memiliki limit pinjaman hingga 20 juta rupiah, tenor pinjaman hingga maksimal 1 tahun, dan proses pengajuan cepat dalam waktu rata-rata 15 menit selama data anda tidak bermasalah.

3. AdaKami

Disadur dari website resminya, Ada Kami adalah sebuah platform peer-to-peer lending online lokal yang menyediakan fasilitas pinjaman (kredit) tanpa agunan. Layanan AdaKami dapat diakses oleh pengguna yang berusia 20-50 tahun, artinya Ada Kami hanya mengizinkan pinjaman oleh nasabah yang masih berada di usia produktif, tentunya ini sebagai upaya meminimalisir terjadinya kredit macet.

Persyaratan lain yang perlu anda penuhi jika ingin menggunakan layanan fintech ini adalah memiliki rekening bank aktif dengan pilihan rekening mandiri, BCA, BRI, dan BNI. Tentu saja syarat paling utama adalah warga negara Indonesia yang tinggal di Indonesia yang dibuktikan dengan KTP.

4. Indodana

Aplikasi rekomendasi selanjutnya adalah Indodana. Hal yang membuat Indodana menarik untuk direkomendasikan adalah karena nasabah akan mendapatkan berbagai reward menarik mulai dari pulsa gratis atau voucher belanja, jika anda sebagai nasabah mampu membayar cicilannya tepat waktu.

Persyaratan untuk pinjam uang pribadi melalui aplikasi ini kurang lebih sama seperti memilih telepon pintar , KTP, NPWP, dan sosial media. Fitur Indodana yang ditawarkan kepada calon debitur antara lain plafon pinjam dengan limit hingga 8 juta rupiah, tenor pinjaman selama maksimal 3 bulan, pencarian dalam waktu kurang dari 1 jam, dan suku bunga kompetitif.

5. Danamas

Danamas adalah fintech pinjaman online yang berada di bawah naungan Sinarmas Financial Service yang fokus memberikan bantuan modal usaha mikro. Nama besar Sinarmas tentu akan membuat anda yakin untuk menggunakan layanan pinjaman online yang satu ini.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman online di Danamas adalah berusia minimal 21 tahun dan wajib memiliki rekening di Bank Sinarmas. Beberapa fitur Danamas yang patut anda pertimbangkan adalah limit pinjaman dana tunai hingga 7,5 juta rupiah, tenor waktu pinjaman mulai dari 90 hari hingga 1 tahun, bunga pinjaman sesuai dengan pendapatan pelaku usaha., dan pencairan dana akan ditransfer 1×24 jam setelah persetujuan. Pinjaman online di Danamas ini memang lebih direkomendasikan untuk pelaku UMKM.

6. JULO

Aplikasi pinjaman online yang satu ini bisa memberi pinjaman dana segar dalam waktu beberapa menit dengan nominal pinjaman sebesar 500 ribu rupiah sampai 8 juta rupiah. Sama halnya dengan aplikasi pinjaman online yang lain, meminjam di JULO juga tidak memerlukan agunan, cukup dengan bermodalkan KTP. Sebagai tambahan informasi, tenor cicilannya berada dalam rentang 61 hari sampai 180 hari (6 bulan). Bunganya, 4-7 persen per bulan, dengan suku bunga tahunan maksimum antara 48 hingga 84 persen, tergolong besar sebenarnya.

7. UangTeman

Aplikasi ini menyediakan pinjaman uang mikro jangka pendek, cocok buat anda yang butuh kredit tanpa jaminan dengan mudah dan cepat. UangTeman sesuai dengan Namanya memberikan bunga yang tergolong ringan, sekitar 6 persen per bulan atau ekuivalen 0.8 persen per harinya. Ini sudah sesuai dengan aturan yang dibuat oleh OJK. Limit pinjaman sebesar 10 juta rupiah dengan tenor maksimal selama 6 bulan.

8. Pinjaman GO

Pinjaman GO merupakan perusahaan pinjaman online yang mempertemukan antara pemberi pinjaman dan pencari pinjaman. Jadi, aplikasi ini semacam marketplace fintech yang bisa menjadi tempat bertemu kreditur dan debitur, sumber pinjaman bukan dari perusahan pemilik aplikasi.

Pinjaman Go yang hanya bertindak sebagai platform, menyebabkan segala risiko menjadi tanggung jawab dari pemberi dan penerima pinjaman yang melakukan transaksi. Jadi, ini merupakan rekomendasi yang unik bagi anda.

9. TunaiKita

Aplikasi pinjaman online terakhir yang kami rekomendasikan adalah TunaiKita. Pinjaman dari aplikasi ini akan langsung ditransfer tanpa syarat dan cair dalam waktu 24 jam. Bukan berarti benar-benar tanpa syarat, tentu tetap ada syaratnya yaitu usia minimal 19 tahun dan sudah memiliki KTP. Beberapa kelebihan pinjaman uang bagus Tunai Kita antara lain dapat diakses kapan dan dimana saja, proses yang cepat dan mudah, syarat yang tidak berbelit, serta tanpa jaminan.

Daftar rekomendasi di atas dibuat untuk memudahkan anda dalam membandingkan dan memilih pinjaman online yang sesuai dengan profil risiko. Anda tetap disarankan untuk melakukan riset sendiri sebelum memutuskan pinjaman online mana yang akan dipilih.

Jika anda perlu melihat indikator-indikator memilih aplikasi pinjaman online yang aman, anda bisa membaca artikel Cara Pinjam Uang Yang Aman di Fintech Pinjaman Online yang sudah kami publikasikan sebelumnya.

Baca Juga: Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian Lengkap dengan Syaratnya