Rumus Sukses dan Cara Memulai Usaha Bengkel Motor

Jika anda ingin membuka usaha di bidang otomotif maka anda harus membuka usaha bengkel motor. Dengan banyaknya popularitas orang yang menggunakan sepeda motor, pastinya anda sudah membayangkan bahwa usaha ini prospek usaha yang cerah. Untuk semua motor yang melintas di jalanan pastinya juga membutuhkan servis dong. Dan servis dimana lagi kalau bukan servis di bengkel?

Selain memiliki prospek yang cerah, pada saat bulan Ramdhan volumen servis motor di bengkel meningkat dengan drastis bisa mencaapai 10 %, apalagi kalau menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mengapa meningkat pada saat itu? Karena banyak orang yang akan melakukan mudik menggunakan motornya. Jadi anda tidak pelru heran kenapa mereka menservis motornya pada saat itu banyak.

Selain pada saat menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, pada saat menjelang Tahun Baru juga banyak dari mereka yang menservis motornya. Karena pada saat Tahun Baru banyak dari mereka yang mengambil cuti panjang dan banyak dari mereka yang pulang kampung atau berlibur ke luar kota.

Kebanyakan dari anda pastinya hanya tahu servis motor yang hanya servis motor itu saja, tetapi servis motor ini terdapat 3 jenis yaitu yang pertama servis motor umum yang hanya melayani servis motor yang ringan maupun berat untuk motor dengan tipe apa saja. Yang kedua yaitu bengkel motor spesialis yang hanya membuka servis motor dengan tipe tertentu tanpa afilisasi dengan Agen Pemagang Merek (APM). Dan untuk yang terakhir yaitu bengkel motor custom yang hanya melayani modifikasi motor saja.

Cara Memulai Usaha Bengkel Motor

Tetapi untuk membuka usaha bengkel mootor mempunyai tantangan yang sama yakni pelayani konsumen dan opersional. Dan untuk kali ini saya akan membahas seputar membuka usaha bengkel motor.

Baca juga : Cara Menjalankan Usaha Jual Beli Motor Bekas Yang Laris

Untuk membuka usaha bengkel motor dapat anda harus memperhatikan hal berikut :

  • Menentukan tempat dan lokasi untuk membuka usaha bengkel motor

Pilihlah tempt dan lokasi yang strategis, dengan anda memiliki tempat dan lokasi yang strategis dapat memungkinkan usaha bengkel motor anda mudah untuk di temukan oleh banyak konsumen. Banyak orang yang membuka usaha bengkel motor di tepi jalan raya utama, selain di stu anda juga bisa membukanya di dekat landmark kota yang anda tinggal. Atau anda bisa membukanya di dekat tugu, jembatan masjid, hotel dan masih banyak lagi. Tetapi anda juga harus memperhatikan lokasi untuk anda membuka usaha ini, anda juga jangan memilih tempat yang dengan bengke yang juga memberikan layangan yang sama dengan usaha anda.

  • Mencari montir yang dapat di andalkan

Jika anda bukan seorang yang ahli di bidang teknis kendaraan motr, anda juga bisa mencari montir yang sudah ahli dalam bidangnya. Anda juga bisa mengambil montir yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Dengan keterampilan yang anda miliki pastinya akan sangat berpengaruh ika ada kru yang tidak berngkat atau jika keadaan konsumen yang anda layani dalama jumlah yang banyak.

  • Menyediakan sparepart

Anda juga harus menyediakan jasa pemasangan untuk mengantikan sparepart yang sudah lama dan mengalami kerusakan

  • Pengelolaan dan pelayanan

Untuk membuka usaha bengkel motor ini juga harus memenejemen pengelolaan yang tepat, yakni dari sistem penggajian untuk karyawan, prosedur pelayanan untuk konsumen, target pendapatan yang anda inginkan, perhitungan aset, rugi dan laba usaha bengkel motor anda.

Baca juga : Tips dan Trik Menjadi Penjual Beli Mobil yang Sukses

Demikian artikel tentang Cara Memulai Usaha Bengkel Motor, semogaa bermanfaat untuk anda.

author
No Response

Leave a reply "Rumus Sukses dan Cara Memulai Usaha Bengkel Motor"