Seandainya Anak Meninggal, Bagaimana Nasib Asuransi Pendidikan Ini Penjelasannya
Asuransi Pendidikan Anak

Seandainya Anak Meninggal, Bagaimana Nasib Asuransi Pendidikan? Ini Penjelasannya!

8 views

Seandainya Anak Meninggal, Bagaimana Nasib Asuransi Pendidikan?

Masa depan pendidikan anak harus disiapkan sejak dini, bahkan ketika mereka masih di usia belia. Sebagai orang tua, tentunya Anda menginginkan masa depan anak yang terbaik. Setiap orang tua pasti ingin agar buah hatinya memiliki masa depan yang cerah. Salah satunya adalah dengan memberi pendidikan yang terbaik.

Pendidikan adalah bekal utama terbaik untuk anak ketika beranjak dewasa. Wajar bila kebanyakan orang tua berpikir bila pendidikan merupakan salah satu investasi terbaik untuk masa depan anak. Sayangnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi itu butuh banyak biaya. Sehingga para orang tua harus memikirkan dan mempersiapkannya sejak dini.

Alasan Membeli Produk Asuransi Pendidikan

Supaya sang buah hati bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik, otomatis ada banyak dana yang harus disiapkan oleh orang tua. Karena tentunya butuh banyak biaya untuk memberikan pendidikan yang terbaik kepada buah hati. Besaran biaya yang tinggi tersebut tergantung dari jenis dan kualitas sekolah anak-anak.

Semakin lama menempuh pendidikan, otomatis besaran biaya yang harus disiapkan semakin banyak dan tinggi hingga berlalunya waktu. Melihat hal tersebut, hal ini membuat sebagian besar orang tua selalu mengkhawatirkan hal ini, terutama ketika membicarakan tentang biaya pendidikan untuk anak-anak mereka.

Maka dari itu, biaya pendidikan yang sangat tinggi ini menjadi alasan kenapa para orang tua harus mempersiapkan hal tersebut sejak dini. Waktu yang masih panjang memberi kesempatan kepada orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan lebih lama. Dengan begitu mereka bisa mengelola keuangan dengan baik untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

Umumnya salah satu instrumen yang dipilih para orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan adalah berbentuk investasi dan tabungan. Namun meski begitu ternyata masih ada produk lainnya yang sering dipilih oleh para orang tua karena memberikan manfaat untuk pendidikan anak kedepannya.

Produk tersebut adalah asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan dianggap bisa memberi jawaban terhadap rasa kekhawatiran para orang tua terhadap biaya pendidikan anak yang semakin tinggi dari waktu ke waktu. Maka dari itu sangat penting memahami isi polis produk asuransi pendidikan tersebut sebelum membeli produknya.

Karena tidak dapat dipungkiri bila ternyata masih ada banyak orang tua yang merasa rugi setelah membeli produk asuransi pendidikan tersebut. Salah satu alasannya adalah karena mereka tidak membaca isi polisnya dengan baik. Sehingga manfaat yang diterimanya menjadi tidak maksimal.

Inilah Produk-Produk Yang Cocok Untuk Anda

Pentingnya Memahami Isi Polis Asuransi Pendidikan 

Asuransi pendidikan merupakan salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini. Itulah sebabnya saat ini jumlah pemilik polis asuransi pendidikan semakin banyak dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi karena ada dampak positif yang diberikannya karena isi polisnya tepat sasaran sesuai kebutuhan di masa mendatang.

Sayangnya fakta membuktikan bahwa banyak orang tua tidak paham dengan manfaat asuransi pendidikan yang dipilihnya. Akibatnya timbul kesalahpahaman dan masalah yang rumit. Karena ternyata dana pendidikan anak yang diharapkan tidak dapat terpenuhi dengan baik. Saat melihat hal tersebut, beberapa orang umumnya berpikir bila investasi jauh lebih baik daripada membeli produk asuransi pendidikan.

Maka dari itu supaya manfaatnya benar-benar bisa dirasakan dengan baik dan benar, sebaiknya baca isi polis dan pahami dengan baik dan benar. Sehingga Anda tahu apa saja layanan pertanggungan yang diberikan oleh asuransi secara mendetail. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa produk pilihan Anda sesuai kebutuhan dan tepat sasaran karena bisa memberi manfaat yang maksimal.

Jadi jangan sampai salah paham karena hanya mengandalkan asuransi pendidikan saja tanpa memahami setiap ketentuan dan pertanggungan dari layanan tersebut. Dana pendidikan tersebut baru bisa digunakan saat anak sudah berada di bangku sekolah. Selain itu, dalam asuransi pendidikan umumnya memiliki beberapa pertanggungan resiko yang harus diperhatikan oleh pemilik polis.

Mulai dari resiko sakit, cacat permanen, meninggal, dan kehilangan penghasilan. Poin yang satu ini sangat penting sekali karena orang tua yang harus membayar biaya premi asuransinya. Penghasilan orang tua menjadi sumber dana pendidikan anak sehingga penting untuk mengalihkan resiko pada diri Anda sebagai pembayar premi asuransinya agar saat terjadi hal buruk, anak masih memiliki jaminan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Tips Memilih Perusahaan Asuransi Yang Tepat

Nasib Asuransi Pendidikan Bila Anak Meninggal Dunia

Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana bila anak yang diasuransikan ternyata meninggal dunia? Masalah seperti ini terkadang masih dianggap tabu oleh sebagian besar orang tua. Namun hal ini sangat penting sekali bila Anda membeli produk asuransi pendidikan untuk anak. Karena di sisi lain, ada berbagai macam resiko yang bisa saja terjadi kapan saja.

Maka dari itu Anda harus memahami isi polisnya dengan baika gar tahu bagaimana hak Anda sebagai pemegang polis itu. Meski resiko meninggal dunia pada anak merupakan hal yang sangat tidak diinginkan, namun hal tersebut tetap harus diperhatikan. Karena Anda tidak pernah tahu bagaimana nasib asuransi pendidikan yang preminya sudah dibayar selama bertahun-tahun.

Bagaimanapun juga setiap perusahaan asuransi pasti mempunyai kebijakan yang tidak sama terhadap nilai pertanggungan kepada para nasabahnya. Namun biasanya hampir setiap asuransi pendidikan selalu memberi manfaat pertanggungan jiwa dan resiko sakit kritis terhadap pemegang polisnya.

Selain itu, kebanyakan asuransi pendidikan meliputi sejumlah dana tunai, mulai dari investasi dan berbentuk tabungan. Jadi saat terjadi resiko meninggal dunianya anak, maka pihak perusahaan asuransi akan membayar dana pertanggungan jiwa ditambah dengan nilai tunai yang telah disesuaikan dengan isi polisnya tersebut. Hal tersebut biasanya diterima dalam bentuk uang tunai.

Pentingnya Merencanakan Biaya Pendidikan Anak sejak Dini

Sebaiknya sebelum membeli produk asuransi pendidikan untuk anak, pastikan selalu membaca dan paham betul dengan isi polisnya secara keseluruhan. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak menyesal karena manfaat yang diterima tidak maksimal. Karena tidak dapat dipungkiri bila ternyata masih ada juga pemegang polis yang akhirnya berhenti ditengah jalan tidak melanjutkan produknya.

Salah satunya karena ternyata produk asuransi pendidikan yang dipilihnya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Sehingga karena dirasa manfaat yang diterima tidak maksimal, akhirnya mereka memutuskan untuk mengakhiri sebelum waktunya. Akibatnya uang yang sudah disetorkan untuk membayar biaya premi tidak dapat dikembalikan lagi dan berakibat kerugian.

Melihat hal tersebut, sebaiknya bila Anda mempunyai seorang anak, rencanakan biaya pendidikan dengan matang sejak dini. Seperti yang diketahui bahwa untuk melanjutkan pendidikan itu butuh biaya yang cukup besar. Bahkan dana yang dibutuhkan akan semakin besar selang beberapa waktu kemudian.

Maka dari itu sebaiknya persiapkan dana pendidikan sejak dini, terlepas dari apapun produk keuangan yang dipilih. Sebaiknya hitung kebutuhan dana dengan baik dan pahami produk keuangan yang Anda pilih supaya manfaatnya bisa tepat sasaran. Dengan begitu anak mendapat manfaat maksimal saat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca: Sering Malakukan Perjalanan? Lindungi Anda Dengan 3 Asuransi Ini

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *