Spear Phishing semakin Mengerikan, Seperti Ini 3 Modusnya dan Tipsnya!
Spear Phishing

Spear Phishing semakin Mengerikan, Seperti Ini 3 Modusnya dan Tipsnya!

13 views

Spear Phishing semakin Mengerikan, Seperti Ini 3 Modusnya dan Tipsnya!

Saat ini tindakan penipuan online semakin canggih karena kemajuan teknologi yang meningkat. Maka dari itu Anda harus paham dengan baik seputar modus penipuan online yang sedang marak saat ini. Sehingga Anda tidak tertipu lagi dan tidak rugi. Terlebih sekarang ini korban akibat penipuan online semakin banyak.

Banyak dari mereka uangnya terkuras habis karena tidak paham dengan modus kejahatan online saat ini. Maka dari itu jangan mudah tergiur dengan ucapan manis sampai lupa menjaga data pribadi Anda. Karena itu bisa menyebabkan Anda terkena aksi kejahatan online.

Data Perbankan yang Sering Dicuri Spear Phishing

Sebelum membahas tentang spear phishing lebih jauh, sebaiknya pahami dengan baik seputar data pribadi yang bersifat sensitif dan harus dijaga. Sehingga Anda lebih berhati-hati dan mawas diri dalam memberikan informasi data pribadi ke pihak lain. Berikut ini adalah data perbankan penting yang bersifat pribadi dan rawan dicuri dalam aksi spear phishing, antara lain:

  1. Data akun online berupa username dan password.
  2. Data perbankan: No kartu kredit, rekening, CVV, kode OTP, tanggal expired kartu debit/ kredit.
  3. Data identitas diri: NPWP, KTP, KK, SIM, Paspor.
  4. Data lain: alamat rumah lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung.

Setelah memahami data pribadi apa saja yang rawan dicuri, sebaiknya kenali modus penipuannya dengan baik. Sehingga Anda tidak terkena jebakan batman dari sang penipu tersebut. Untuk lebih lengkapnya akan kami kupas selengkapnya di bawah ini:

Definisi Spear Phishing

Spear phishing adalah salah satu modus penipuan online berbentuk phishing. Phishing merupakan teknik penipuan dengan cara mencuri data informasi penting dari korbannya. Setelah itu, data informasi tersebut dipakai untuk mengeruk harta korbannya secara online. Sedangkan spear phishing merupakan gabungan dari teknik phishing dengan rekayasa sosial atau social engineering.

Jadi modusnya adalah melakukan pencurian data pribadi penting menggunakan teknik mengelabui korbannya secara psikologis. Dengan begitu mereka menjadi tidak sadar karena telah tertipu dan membagi data penting pribadinya. Hal seperti ini sangat marak terjadi, itulah sebabnya modusnya harus dipahami dengan cermat.

Cara Aman Agar PIN Bebas Dari Pembobolan

Modus Penipuan Spear Phishing

Perlu diingat bahwa bentuk aksi penipuan spear phishing sering dilakukan lewat telepon dan email. Terkadang mereka juga menjerat korbannya lewat email, SMS, WA, dan media sosial. Modus yang dilakukan lewat telepon biasanya berupa kabar memenangkan undian, informasi hadiah tanpa diundi senilai jutaan rupiah, promo kartu kredit, promo diskon dari perusahaan e-commerce atau dompet digital, dll.

  • #1. Modus lewat Telepon

Ciri-ciri dari modus spear phishing lewat telepon biasanya suara penipunya terdengar meyakinkan. Mereka dapat berbicara dengan luwes dan intonasi bicaranya cepat. Sehingga Anda tidak memiliki banyak waktu berpikir jernih. Selain itu, biasanya mereka akan diyakinkan akan mendapat hadiah berupa uang yang dikirim ke nomor rekening langsung.

Namun tentunya dengan syarat harus memberi nomor rekening serta kode OTP dari SMS yang diterima pada saat itu. Tidak hanya itu saja, modus ini biasanya juga dilakukan dengan meyakinkan Anda supaya segera memperbarui atau mengupdate data perbankan, bila tidak, rekeningnya akan diblokir. Padahal hal seperti itu sangat tidak benar.

Berbagi data seperti username, OTP, dan password tidak pernah ada, kecuali dari pihak penipu. Modus lewat telepon lainnya biasanya penipu sudah mempunyai data pribadi Anda, seperti nama, email, nomor NPWP dan KTP. Setelah itu mereka menghubungi korban dengan menyebutkan data itu agar calonnya tertipu dan percaya bahwa yang menghubunginya memang pihak resmi.

Akibatnya calon korbannya merasa yakin dan tertipu saat dihubungi lewat telepon. Di bawah ini adalah contoh percakapan singkat dari modus kejahatan spear phishing yang sering dilakukan oleh penipu, antara lain:

“Selamat pagi, apa betul ini dengan Bu Badriyah dengan alamat email badriyah@gmail.com? Terima kasih sudah melakukan pengajuan pinjaman. Kami dari pihak bank ingin melakukan konfirmasi tambahan supaya proses pencairannya dipercepat menjadi hari ini. Ketika Anda menerima SMS yang isinya kode rahasia dari kami, mohon segera informasikan kode tersebut.”

Cara Menghindari Modus Phising lewat Telepon

Untuk menghindarinya, sebaiknya segera tutup teleponnya. Jangan mudah tergiur terhadap penawaran yang tidak jelas. Karena perusahaan resmi tidak mungkin meminta hal penting seperti data pribadi username, kode OTP, password, CVV, dll untuk melakukan proses lebih lanjut.

  • #2. Modus lewat EMAIL

Ciri-ciri modus lewat email ini ada berbagai macam cara. Biasanya berupa penawaran seputar promo, newsletter, dan informasi lowongan kerja yang alamat emailnya mirip sekali dengan email resmi perusahaan tertentu. Saat itu terjadi, cek kembali akhiran emailnya. Karena dari situ akan terlihat jelas apakah emailnya asli atau palsu dari teknik phishing.

Cara Menghindari Spear Phishing lewat E-Mail

Untuk menghindari metode phising lewat email, sebaiknya cek kembali alamat email dan situs atau link yang tertera. Perhatikan akhiran alamat emailnya. Jangan pernah langsung percaya dengan penawarannya meski hanya mengklik linknya. Selain itu, jangan pernah membalas emailnya dalam bentuk apapun.

Selalu abaikan email penipuan tersebut dan hapus emailnya. Bila perlu lakukan pemblokiran. Karena segala bentuk informasi promo dari perusahaan tertentu pasti dikirim lewat email resmi, bukan email pribadi seseorang.

#3 Modus lewat Sosial Media

Modusnya biasanya lewat FB dan IG. Jadi penipu membuat akun media sosial mirip akun resmi perusahaan. Jadi perhatikan dengan baik akunnya. karena akun resmi pasti memiliki centang biru sebagai tanda verifikasi langsung dari Instagram. Penipu biasanya mengirim pesan singkat atau direct message lengkap dengan linknya agar calon korbannya penasaran dan mengklik link tersebut.

Cara Menghindari Spear Phishing lewat Media Sosial

Untuk menghindarinya sebaiknya jangan pernah tergiur dengan pesan singkat yang masuk ke akun Anda. Selain itu jangan langsung percaya dengan testimoni apapun di media sosial yang tidak resmi. Karena testimoni foto itu bisa di copas dari pihak resmi. Sehingga penting untuk selalu berhati-hati terhadap link phising yang dikirim secara direct message ke akun media sosial Anda.

Jangan diklik dan berkomentar ataupun memberikan data pribadi langsung di kolom komentar tersebut. Hal seperti ini perlu dilakukan supaya akun Anda tetap aman. Jadi pastikan selalu berhati-hati terhadap semua informasi dari akun palsu yang mengatasnamakan perusahaan resmi. Bisa jadi hal tersebut dilakukan guna menipu Anda dan korban lainnya. Jadi selalu berhati-hatilah terhadap segala tindakan yang bisa merugikan Anda sendiri.

Segala bentuk penipuan di atas umumnya bisa terjadi karena kelalaian Anda sendiri. Maka dari itu pahami modusnya dengan baik dari segi ciri-cirinya hingga tipsnya supaya Anda bisa melindungi data diri pribadi dengan baik. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari metode penipuan yang terbaru dan marak dalam dunia perbankan, yaitu modus spear phishing.

Segera laporkan ke Patrolisiber.id apabila menemui aktifitas yang mencurigakan.