Usaha Katering Catering

Ingin Usaha Kuliner? Terapkan 4 Tips Usaha Katering Ini

81 views

Melakukan usaha katering merupakan salah satu usaha yang sangat digemari oleh banyak orang. Banyak yang beranggapan bahwa dengan memulai usaha katering merupakan suatu hal terbaik untuk dapat menyalurkan bakat memasak sehingga menjadi uang dengan modal yang kecil dan keuntungan yang didapatkan besar. Alasan lainnya karena usaha katering ini banyak diminati karena usaha ini adalah suatu usaha yang sudah pasti dibutuhkan oleh banyak orang. Alasannya karena makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi para masyarakat. Bagi Anda yang ingin memulai usaha katering maka perhatikan tips berikut ini :

 

4 Tips Usaha Katering

 

Tips Usaha Katering

 

  • Mempersiapkan modal

 

Modal menjadi salah satu yang harus Anda persiapkan setiap kali ingin memulai suatu usaha. Baik berupa modal keuangan ataupun juga modal mental. Modal keuangan adalah salah satu modal yang paling sering di pikirkan  oleh banyak pelaku usaha. Karena modal keungan ini merupakan suatu modal yang sulit untuk didapatkan. Terlebih lagi untuk memulai suatu bisnis Katering dimana modal keuangan yang dibutuhkan sangat bervariasi dan tergantung dari jenis Katering yang  akan Anda tekuni.

 

Baca juga : Bisnis Kuliner Ingin Sukses Baca 5 Tips Usaha Makanan Online Ini

 

Walaupun modal keuangan ini sangat bervariasi, namun modal krungan ini sangat penting untuk membeli bahan-bahan serta peralatan yang dibutuhkan untuk usaha katering. Banyak tidaknya modal yang Anda keluarkan tergantung dengan berapa banyak pesanan yang Anda dapatkan.

 

  • Mencari supplier yang murah

 

Jika Anda ingin memulai usaha katering maka Anda harus menemukan supplier bahan makanan yang memiliki harga miring atau lebih murah daripada yang ada di pasar umum. Tanpa  adanya supplier yang murah, maka pengelolaan keuangan usaha katering Anda akan lebih sulit lagi.  Karena jika Anda harus membeli bahan baku yang sesuai dengan harga yang ada dipasar umumnya, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan juga tidak terlalu besar.

 

  • Mulai merekrut karyawan

 

Jika usaha katering Anda sudah berjalan dengan pesat dan mulai banyak oesqnan dari berbagai acara. Maka Anda akan membutuhkan karyawan ekstra karena Anda juga tidak dapat menangani semua kebutuhan katering Anda, mulai dari mempersiapkan bahan baku, memasak, hingga mengemasnya. Carilah karyawan yang dapat terorganisir dan  dengan mudah mampu mendelegasikan tugas yang akan Anda berikan. Dengan Anda merekrut karyaean maka Anda akan sangat terbantu dalam menyiapkan pesanan katering. Selain itu Anda juga dapat mencapai target dari penjualan Anda.

 

  • Media sosial untuk promosi

 

Pada zaman sekarang ini media sosial sangat berpengaruh besar dalam hal untuk mempromosikan usaha Anda. Karena dari media sosial inilah Anda akan mengetahui perkembangan apa saja yang   sedang terjadi di kalangan masyarakat secara on time. Yaitu contohnya seperti  perkembangan trend fashion, makanan, ataupun juga konsep sebuah acara. Dengan menggunakan media sosial ini Anda akan dimudahkan dalam mencari ide sehingga konsep Katering Anda nantinya juga akan semakin banyak.

Selain itu, dengan cara mempromosikan yang tepat, bisnis Katering Anda juga akan dengan cepat dikenal oleh kalangan masyarakat banyak. Usahakan jika Anda mempromosikannya menggunakan media sosial maka menggunakan foto yang bagus dan juga informasi yang disampaikan  harus lengkap dan juga jelas, agar banyak konsumen yang tertarik ingin memesan katering Anda, cantumkan juga nomor yang bisa dihubungi oleh konsumen.

 

Baca juga : Tips Usaha Gado-gado Modal Kecil Untung Besar

 

Demikianlah artikel mengenai tips usaha katering. Bagi Anda yang ingin memulai usaha katering ini maka Anda perlu memperhatikan beberapa aspek serta merencanakannya dengan matang, agar berbagai kendala nanti yang ada pada saat usaha Anda berjalan, maka Anda mampu untuk menyelesaikannya. Semoga bermanfaat!

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *