Bisnis Jual Beli Mobil Bagi Pemula, Ini 7 Cara Menjalankannya

25 views

Bisnis Jual Beli Mobil Bagaimana cara memulainya?

Harga kebutuhan yang makin tinggi saat ini, memaksa orang harus pandai memutar otak. Selain mengandalkan gaji bulanan, berbisnis bisa menjadi solusi terbaik untuk menutup biaya sehari-hari. Jika punya modal cukup besar tidak ada salahnya membuka bisnis jual beli mobil. Menjalankan bisnis jual beli mobil bagi pemula juga cukup sederhana.
Ditambah lagi, bisnis ini diketahui punya prospek yang tinggi. Pasalnya, Indonesia mengalami peningkatan jumlah penduduk setiap tahun. Otomatis peluang kebutuhan kendaraan makin meningkat. Rata-rata konsumen juga lebih menyukai mobil bekas, karena lebih murah dan bebas cicilan.

Tips jual beli mobil bekas
mobil bekas

Bagi yang belum tahu, begini cara memulai bisnis jual beli mobil bagi pemula :

 

  • 1. Pilih Lokasi Untuk Dijadikan Showroom

    Langkah pertama adalah memilih lokasi showroom mobil yang tepat. Usahakan untuk memilih lokasi perkotaan dan dekat dengan jalan besar. Dengan begitu akan makin mudah orang melihat mobil-mobil yang ditawarkan. Kemudahan tersebut akan mempengaruhi meningkatnya peluang mobil akan terjual.

  • 2. Sediakan Mobil Yang Sekiranya Banyak Peminatnya

    Ingatlah untuk menjual mobil yang sekiranya banyak peminatnya. Ini juga bisa menambah peluang mobil cepat laku terjual. Caranya adalah cukup lakukan survey kecil, misalnya dengan melakukan pengamatan mobil apa yang banyak dipakai orang di sekitar lokasi showroom. Usahakan juga untuk menjual mobil yang tidak terlalu tua.
    Mobil yang tahun pembuatannya cukup lama akan berpotensi besar mengalami kerusakan. Selain itu pertimbangkan juga untuk menyediakan mobil yang punya layanan after sales baik. Beberapa orang juga terbukti lebih menyukai membeli mobil yang sparepartnya mudah dicari.

  • 3. Tidak Terlalu Mengambil Keuntungan Terlalu Tinggi

    Bisnis jual beli mobil memang terbukti banyak memberikan keuntungan. Namun jangan lupa pesaing untuk bisnis ini juga cukup banyak. Cara supaya lebih unggul dari mereka adalah upayakan untuk tidak mengambil keuntungan yang terlalu tinggi. Dengan begitu, mobil akan cepat laku terjual daripada pesaing.

  • 4. Hindari Membeli Mobil Dari Makelar

    Bisnis jual beli mobil memang tidak bisa lepas dari makelar. Namun sebisa mungkin hindari lah mereka. Alih-alih dapat keuntungan, mendapatkan mobil dari makelar justru berpotensi menanggung kerugian. Pasalnya mobil yang diterima dari mereka belum bisa dipastikan dengan jelas bagaimana kondisinya.
    Jadi ada baiknya untuk beli mobil sendiri langsung dari pemiliknya. Dengan begitu kondisi mobil sebenarnya bisa diketahui, dan dapat langsung dijual kembali.

  • 5. Melakukan Perawatan Terhadap Mobil

    Selalu lakukan perawatan terhadap mobil-mobil yang akan dijual. Lakukan pembersihan semua bagian pada mobil. Tidak ada salahnya memberikan sedikit perbaikan jika memang ada yang harus dibetulkan. Entah itu mesinnya, bagian interiornya, dan lain-lain. Melakukan perawatan seperti ini bisa menaikkan harga jual mobil tersebut.

  • 6. Memperhatikan Kelengkapan Mobil

    Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil untuk dijual kembali adalah kelengkapan surat-suratnya. Mulai dari Surat Tanda Nomor Kendaraan serta Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Surat-surat penting tersebut adalah hal yang tidak pernah dilupakan oleh pembeli.
    Maka sebelum menjual mobil, kelengkapan surat-surat ini perlu dipersiapkan dengan teliti. Ada baiknya tawarkan jasa balik nama surat kendaraan bagi para pelanggan. Bukankah seperti ini bisa menjadi peluang bisnis baru yang menguntungkan ?

  • 7. Gencar Melakukan Promosi

    Tidak boleh sampai lupa adalah lakukan promosi dengan gencar. Sebenarnya tidak hanya bisnis jual beli mobil saja, tapi semua bisnis memang butuh adanya strategi promosi yang tepat. Semua channel promosi bisa dimanfaatkan. Mulai dengan cara offline seperti menyebar brosur, spanduk, kartu nama, dan lain-lain.
    Bisa juga dengan promosi secara online dengan memanfaatkan media sosial. Selain itu tidak ada salahnya untuk membuatkan website khusus showroom sehingga terlihat lebih professional. Dengan cara ini dikenal cukup ampuh menarik minat pembeli yang datang.

Itu tadi beberapa cara menjalankan bisnis jual beli mobil bagi pemula. Bisnis ini cukup berpeluang saat ini. Jika dijalankan dengan baik, meskipun masih pemula sekalipun pasti bisa berkembang pesat asal ditekuni dan tetap ulet. Sukses selalu buat anda.

Baca Juga: Mengintip Peluang Jual Beli Mobil Yang Menguntungkan

Gallery for Bisnis Jual Beli Mobil Bagi Pemula, Ini 7 Cara Menjalankannya

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *