Tips Cara Mudah Closing Dalam Bisnis Online
Tips Cara Bisnis Online

10 Tips Cara Mudah Closing Dalam Bisnis Online

24 views

Tips Cara Mudah Closing Dalam Bisnis Online

Bisnis online saat ini memang sedang booming dan banyak digemari. Hal ini karena bisnis online relatif mudah untuk dijalankan dan tidak memerlukan biaya yang banyak untuk membuka sebuah usaha atau bisnis. Banyak para pebisnis baik pemula maupun yang sudah lama menjalankan bisnis secara offline, ramai-ramai memasarkan bisnisnya dengan cara online. Akan tetapi, bisnis online dan offline tentunya sangat berbeda dalam managementnya. Perbedaan yang paling menonjol adalah konsumen tidak bisa melihat produk secara langsung apabila membeli secara online. Konsumen hanya akan memutuskan pembelian dari melihat photo produk dan deskripsi produk oleh si penjual. Hal tersebut membuat konsumen akan sedikit “cerewet” untuk bertanya detail produk maupun yang lainnya.

Baca: Cara Sukses Bisnis Oriframe

Menjual secara online membutuhkan strategi yang tepat agar sukses dalam penjualan. Banyak hal yang harus kita perhatikan untuk menjalankan bisnis secara online. Berikut adalah beberapa Tips Cara Mudah Closing Dalam Bisnis Online, simak selengkapnya.

10 Tips Closing Dalam Berbisnis Online

  • PERTAMA, Respon yang cepat! Di bisnis online, yang “cepat” akan memangsa yang “lambat”.

Selalu jawab setiap pertanyaan dari konsumen dengan cepat kilat. Jangan biarkan calon pembeli kita melirik lapak sebelah.

  • KEDUA, Siapkan jawaban atas pertanyaan yang sering ditanyakan.

Siapkan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang umum. Simpan jawaban tersebut dalam note atau jadikan autotext bila kita menggunakan hape blackberry. Hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga kita.

  • KETIGA, Siapkan koneksi internet untuk check ongkos kirim.

Buat daftar ongkos kirim ke seluruh indonesia. Khusus untuk wilayah pelosok, segera check melalui internet untuk ongkos kirimnya. Tanyakan kecamatan dimana dia tinggal agar tidak salah informasi.

  • KEEMPAT, Persiapkan gambar-gambar produk (kualitas gambar yang terbaik) untuk diinfokan ke calon pembeli.

Foto produk adalah hal yang paling penting dalam bisnis online. Jangan pelit mengeluarkan budget untuk membuat photo produk yang profesional.

  • KELIMA, Siapkan hadiah2 kecil/bonus/diskon tambahan/diskon ongkir.

Terkadang dalam case tertentu kita perlu memberikan hadiah kecil untuk membuat kesan yang “wow” dari konsumen.

  • KEENAM, Ketahui waktu pengiriman kurir yg kita gunakan.

Ini bermanfaat untuk meyakinkan calon pembeli agar segera transfer.

  • KETUJUH, Siapkan screenshoot testimoni dari pembeli2 sebelumnya.

Setiap calon pembeli perlu untuk diyakinkan bahwa kita bukanlah penipu dan memang produk yang kita jual sesuai dengan penjelasan. Testimoni yang positif dapat memberikan pengaruh yang besar dalam keputusan pembelian calon pembeli.

  • KEDELAPAN, Siapkan minimal 2 rekening bank yg paling banyak digunakan utk memudah transfer.

Memberikan pilihan rekening bank untuk transfer adalah salah satu poin plus buat kita. Calon pembeli tidak akan terbebani dengan biaya transfer antar bank apabila rekeningnya ternyata berbeda.

  • KESEMBILAN, Jauhi kata “nanti” ketika menjawab pertanyaan calon pembeli.

Segera layani calon pembeli kita jangan ditunda. Penundaan dapat mengakibatkan mood calon pembeli kita bisa hilang. Hal ini juga sama dengan berjualan offline, bila calon pembeli tidak segera dilayani, maka bukan tidak mungkin calon pembeli tersebut akan pergi.

  • KESEPULUH, Jawab semua pertanyaan sambil tersenyum tulus.

Senyuman yang tulus akan terasa pada setiap jawaban yang kita berikan kepada calon pembeli. Walaupun calon pembeli tidak bisa melihat senyum kita secara langsung, sebuah senyum yang tulus dapat membuat keramahan dan kehangatan kita sampai kepada calon pembeli.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa Tips Cara Mudah Closing Dalam Bisnis Online. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Salam sukses!

Baca Juga: Rahasia Sukses Bisnis MLM