Tips Investasi Saham Bagi Para Pemula Agar Bisa Sukses
Tips Investasi Saham Bagi Para Pemula

5 Tips Investasi Saham Bagi Para Pemula Agar Bisa Sukses

0 views

Investasi Saham Bagi Para Pemula

Menjadi kepala rumah tangga tentu akan mendapatkan banyak beban tanggung jawab dalam mengayomi semua anggota keluarga. Untuk itu senantiasalah bekerja keras agar bisa mendapatkan penghasilan bulanan sesuai dengan harapan. Namun pernahkan mempunyai angan-angan menjadi investor? Jika iya berikut ada tips investasi saham bagi para pemula agar sukses:

1. Lakukan Investasi di Tempat Terpercaya

Langkah pertama tips investasi saham bagi para pemula adalah dengan memastikan terlebih dahulu tempat yang akan dijadikan investasi. Maksudnya memastikan disini adalah melihat dengan teliti apakah bidang investasi tersebut sesuai dengan kemampuan. Sebab menjadi investor harus bisa mengendalikan sepenuhnya terhadap investasinya.

Untuk mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana berinvestasi adalah bisa mencari berbagai artikel, buku maupun jurnal. Pastikan kemampuan diri sesuai dengan bidang yang akan dibuat investasi. Dengan begitu, saat sudah mulai terjun langsung di lapangan tidak akan mendapat kendala karena sudah menguasai sepenuhnya bidang investasi tersebut.

2. Berinvestasi Sejak Dini

Ketika di dalam diri mempunyai tekad kuat untuk memulai bisnis investasi, maka langsung saja memulai sejak sedini mungkin. Memang ada sebagian orang beranggapan bahwa ingin melakukan investasi menunggu kalau sudah mapan dan kaya. Pemikiran semacam ini justru tidak akan membuat orang semakin maju melainkan kemunduran karena ketakutan yang ada.

Oleh karena itu berapapun harta yang ada bisa dijadikan investasi sehingga sedikit demi sedikit akan menjadi banyak karena berinvestasi. Tentu saja untuk mencegah terjadinya kegagalan maka harus menguasai bidang investasi yang akan dijalankan. Setelah itu kuatkan tekad dan keberanian untuk segera berinvestasi dan tetap semangat agar bisa berhasil.

3. Tekad Kuat Selalu Konsisten

Siapapun orangnya apabila tidak ada sifat konsisten di dalam diri, maka sampai kapanpun tidak akan pernah berhasil dalam menjalani pekerjaan. Tanamkanlah di dalam diri sifat konsisten tersebut karena suatu hal akan mudah rusak jika tidak ditelateni. Oleh karena itu sebelum berinvestasi sebaiknya bulatkan tekad dan selalu menjaga konsistensi.

Konsisten di sini bukan hanya amanah dan telaten saja, melainkan harus senantiasa menyisihkan penghasilan setidaknya 10 persen. Apabila perbuatan seperti ini dilakukan secara konsisten maka secara tidak sadar menjadi banyak dan bisa dinikmati setelah masa tua. Dengan begitu tidak perlu khawatir lagi tidak mempunyai uang simpanan.

4. Jangan Cepat Menjual Saham

Menjalani aktivitas di dalam investasi memang tidak bisa dalam jangka waktu pendek karena perlu mengambangkan bisnis tersebut agar menjadi besar. Apabila masih satu tahun sudah dijual maka besar kemungkinan akan mendapatkan harga murah sebab masih kecil. Namun sebaliknya kalau sudah besar bisa dihargai dengan nilai fantastis sehingga semakin untung.

5. Memahami Setiap Resiko Berinvestasi

Apabila ingin terjun di dunia Investasi maka sangat diwajibkan untuk mengetahui setiap detail mulai dari sistem kerjanya sampai bagaimana resikonya. Sebab apabila hanya sekedar ikut-ikutan teman saja tanpa mengetahui bagaimana cara kerja dari investasi, maka itu sangat beresiko. Sebaiknya belajar terlebih dahulu dengan teman yang memahami secara detail terkait investasi.

Kalau misal tidak mempunyai teman yang paham dengan masalah investasi, maka bisa secara langsung memahami melalui sajian tayangan youtube. Pada zaman sekarang apapun bisa dipelajari secara otodidak hanya dengan menggunakan HP saja. Jadi manfaatkan media internet untuk menambah wawasan tentang investasi.

Demikian tadi adalah penjelasan mengenai tips investasi saham bagi para pemula. Perlu diingat bahwa setiap bisnis itu membutuhkan kerja keras dan konsisten. Kalau tidak sudah dapat dipastikan akan mendapatkan kegagalan dan kerugian.

 

Baca: Saham Syariah Terbaik Sebagai Instrumen Investasi Jangka Panjang