Tips Mempersiapkan Wawancara Kerja yang Sukses

Untuk berhasil wawancara kerja membutuhkan persiapan. Tanpa persiapan, kemampuan Anda untuk sukses tidak akan menjadi hal yang pasti. Ketika memasuki sebuah wawancara, pewawancara sering bertanya kepada Anda tentang kemampuan Anda untuk berkontribusi pada perusahaan, atau informasi tentang tahun sebelumnya dan apa produk terbaru mereka untuk memastikan Anda mengetahui segalanya tentang perusahaan tersebut. Tidak ada yang lebih mengecewakan daripada ketika seorang kandidat terus berbicara tentang antusiasme, tetapi dia tidak benar-benar mengetahui informasi dan data paling mendasar tentang perusahaan yang sedang diwawancarai.

Tips Mempersiapkan Wawancara Kerja yang Sukses

Berikut adalah informasi yang berguna bagi Anda sebelum melakukan wawancara kerja:

Cari informasi online

Situs web perusahaan adalah tempat terbaik untuk memulai proses pencarian. Di sini, Anda akan menemukan informasi, produk, dan layanan resmi yang saat ini dimiliki perusahaan. Anda juga dapat melihat gaya dan budaya perusahaan melalui presentasi situs web mereka.

Lihat laporan tahunan, cari siaran pers dan dapatkan informasi lebih lanjut di situs berita perusahaan. Harap perbaiki semua informasi ini dan identifikasi apa yang dapat Anda temui sesuai dengan orientasi perusahaan. Anda juga dapat menggunakan alat pencarian situs untuk menemukan lebih banyak informasi tentang orang-orang yang cenderung menjadi pewawancara Anda.

Luangkan waktu untuk mencari informasi lain tentang perusahaan secara online. Ketikkan nama perusahaan di Google untuk melihat apakah ada berita terbaru tentang perusahaan tersebut. Anda juga dapat berkonsultasi dengan beberapa informasi dari orang yang bekerja di sana, seperti mengapa mereka suka bekerja di lingkungan ini.

Satu hal lagi, Anda juga harus mencoba mencari informasi online dari nama Anda sendiri untuk melihat apakah ada sesuatu yang harus dan tidak boleh dilihat oleh pemberi kerja. Karena sangat mungkin bahwa pewawancara akan melakukan pekerjaan yang sama sebelum mewawancarai Anda.

Sumber informasi tentang karier

Anda tidak hanya memerlukan informasi tentang perusahaan, Anda juga memiliki latar belakang yang baik di industri yang relevan untuk dapat mengesankan pengusaha. Karenanya, menjelajah melalui publikasi bisnis dan situs web untuk mendapatkan informasi tentang pekerjaan potensial Anda dan industri terkait akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak informasi.

Jika mata kuliah utama Anda cocok untuk pekerjaan yang Anda lamar, Anda dapat meminta lebih banyak teman untuk dapat lebih memahami bidang yang dilamar perusahaan Anda, atau pengetahuan kelompok industri yang diperlukan, jika mereka tahu tentang perusahaan itu.

Persiapkan hal-hal yang diperlukan untuk diri sendiri

Seringkali, kandidat sering lupa menghabiskan cukup waktu untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sendiri. Ini sama dengan ketika Anda mengikuti tes, memiliki persiapan yang cukup akan membantu Anda merasa lebih percaya diri, membantu Anda percaya bahwa Anda akan melewati semua pertanyaan dan merasakan suasana hati yang baik.

Berikut ini beberapa tips untuk referensi Anda:

  • Lakukan sumulasi wawancara dengan teman berdasarkan pertanyaan wawancara umum.
  • Pastikan Anda tahu waktu, lokasi wawancara dan nama orang yang mewawancarai Anda.
  • Putuskan bagaimana Anda akan mendapatkan pekerjaan di sana.
  • Bersiaplah untuk datang tepat waktu, mengantisipasi keterlambatan.
  • Jika Anda berpakaian bagus, Anda akan merasa lebih baik. Agar semuanya nyaman, hindari panik pada menit terakhir, yang terbaik adalah mempersiapkan pakaian di malam sebelumnya.
  • Jangan membawa terlalu banyak barang saat wawancara – baik secara psikologis maupun fisik. Persiapkan sedikit hal untuk dibawa sehingga Anda bisa fokus pada wawancara dan tidak terganggu oleh hal lain.
  • Jika Anda diharuskan membawa ijazah, sertifikat, dan dokumen terkait lainnya, bersiaplah agar Anda tidak perlu membuang waktu mencari sepanjang pagi sebelum wawancara besar.
  • Ini mungkin terdengar aneh, tetapi Anda harus pergi ke kamar mandi sebelum memasuki wawancara untuk menghindari gangguan saat wawancara.

Disiapkan secara sistematis

Baca CV dan buat catatan, mirip dengan ketika Anda sedang mempersiapkan ujian. Pelajari catatan tentang pekerjaan Anda, mengapa Anda cocok untuk pekerjaan ini dan apa yang telah Anda capai. Bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri? Apa yang kamu lakukan sebelumnya? Prestasi apa yang telah Anda raih?

Catat dan visualisasikan cara Anda berbicara tentang diri sendiri. Akan lebih baik jika Anda bisa berbicara lantang. Ini akan membantu Anda merasa seolah-olah sedang dalam wawancara nyata.

Cobalah untuk menghubungi bagian-bagian tertentu dari CV dengan deskripsi pekerjaan. Ini memperjelas bagi pengusaha mengapa mereka harus memilih Anda di posisi ini.

Ingat, salah satu pertanyaan wawancara paling populer adalah “Bicarakan tentang dirimu sendiri?” Jadi bersiaplah untuk jawaban singkat dan ringkas untuk pertanyaan ini, bukan cerita panjang tentang hidup Anda. Harap jawab dengan cepat dan tidak terpengaruh oleh emosi. Hindari masalah sensitif seperti politik dan agama.

Baca juga : Cara Menghadapi Wawancara Kerja yang Sukses

Pengusaha sering menggunakan pertanyaan ini untuk mempelajari tentang kualitas pribadi Anda, bukan prestasi Anda – karena itu jelas dinyatakan dalam CV Anda.

 

author
One Response
  1. 4 Kesalahan Umum Saat Wawancara Kerja yang Harus Dihindari ⋆ ARESPEDIA8 months ago

    […] Tips Mempersiapkan Wawancara Kerja yang Sukses […]

    Reply

Leave a reply "Tips Mempersiapkan Wawancara Kerja yang Sukses"