Tips Menjadi Pengguna Media Sosial Yang Cerdas

No comment 158 views

Tips Menjadi Pengguna Media Sosial Yang Cerdas – Era media sosial memang sedang kita alami. Semua kalangan sudah memiliki akun media sosial. tinggal bagaimana kita bermedia sosial secara cerdas agar tidak merugikan diri sendiri dan oranglain. Bijak dalam bermedia sosial sangat menguntungkan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Secara langsung maupun tersirat anda bisa membawa kebaikan untuk semua yang berteman dengan anda. maraknya berita hoax dan ujaran kebencian adalah salah satu tanda mulai banyak yang tidak cerdas dalam bermain medsos.

Jangan sampai anda menjadi golongan pengguna medsos yang senang menyebar hoax atau konten negatif. Media sosial yang anda miliki adalah cerminan diri anda. bahkan beberapa perusahaan ada yang menjadikan akun media sosial calon karyawannya sebagai patokan dalam penilaian apakah akan diterima atau sebaliknya. Nah, bagi anda yang ingin memanfaatkan media sosial sebaik mungkin, berikut ini beberapa tips menjadi penggunanya yang cerdas.

Berbagai Tips Menjadi Pengguna Media Sosial Yang Cerdas

Tips Menjadi Pengguna Media Sosial Yang Cerdas

1. Filter pertemanan

Bermain sosial media sangat besar pengaruhnya ke dalam diri jika anda memiliki pertemanan yang positif. Jika pertemanan anda di medsos berisi akun dengan isi penuh kebencian, maka hanya akan membawa dampak buruk bagi diri sendiri. oleh sebab itu filter pertemanan anda. privasi status sangat penting anda perhatikan agar tidak sembarang dilihat orang.

Baca juga : Tips Aman Cari Jodoh di Internet Yang Harus Anda Ketahui

2. Pasang identitas asli namun tidak bersifat pribadi

Pasang identitas asli namun jangan sampai menampilkan hal-hal yang lebih pribadi. Identitas asli seperti nama dan foto sangat bermanfaat agar teman-teman anda tidak kesulitan mengenali anda. selain itu identitas asli juga menunjukan bahwa akun anda benar-benar nyata bukan akun fiktif.

3. Tidak perlu pasang informasi pribadi berlebihan

Meskipun akun media sosial ini adalah milik anda, namun jangan pasang informasi pribadi secara berlebihan. Misalnya alamat rumah, kondisi keluarga, sampai riwayat kesehatan. Hal ini bisa jadi disalahgunakan oleh orang tak bertanggungjawab. Pasang informasi pribadi secukupnya agar orang lain mudah mengenali anda.

4. Pasang foto profil sewajarnya

Foto profil bermanfaat agar orang lain mengenali anda dan menjadi identitas akun anda. pasang foto sewajarnya. Jangan sampai terlalu vulgar karena akan mencoreng nama baik anda. namun jangan sampai foto profil berisi ujaran kebencian karena bisa membawa anda ke dalam urusan hukum. Pasang sewajarnya agar akun anda mudah dikenali.

5. Pikirkan sebelum menulis status atau mengunggah foto

Yang satu ini sangat penting. Banyak orang yang akhirnya tersandung masalah hukum karena sembarangan menulis status atau mengunggah foto. Pikirkan dua kali jika anda ingin mencaci, mengejek, atau menyindir. Posting dan bagikan status yang baik-baik saja agar oranglain tetap betah berteman dengan anda.

Baca juga : 5 Alasan Tidak Perlu Malu Bertemu Jodoh di Dunia Maya

Nah itu dia beberapa tips agar menjadi pengguna media sosial yang cerdas. Selain itu jangan sampai mudah termakan berita hoax. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Tips Menjadi Pengguna Media Sosial Yang Cerdas"