8 Tips Mudah Untuk Memulai Usaha Toko Kelontong Modern

19 views

Langkah Mudah Untuk Memulai Usaha Toko Kelontong

Toko kelontong umumnya mudah diakses oleh banyak orang. Mayoritas orang pernah berbelanja di toko kelontong. Para pengusaha pun sangat antusias untuk memulai usaha toko kelontong modern yang sedang terkenal saat ini.
Biasanya toko kelontong memiliki desain seperti ruko pada umumnya. Namun, toko kelontong modern berbeda. Toko ini didesain dengan menarik dilengkapi berbagai fasilitas canggih, seperti AC,mesin ATM,dan mesin kasir modern.

Memulai Usaha Toko Kelontong Modern

Baca Juga: Panduan Memulai Bisnis Fashion Untuk Pemula

Toko kelontong modern di Indonesia semakin merajai dunia waralaba. Banyaknya konsumen yang datang tidak hanya sekali dua kali menjadikan usaha ini sangat laris. Beberapa toko kelontong modern di Indonesia yang terkenal, seperti Indomaret dan Alfamart. Untuk memulai usaha toko kelontong modern harus memperhatikan hal-hal penting yang diperlukan seperti :

  1. Pilih Tempat Strategis

    Tempat merupakan hal penting dalam mendirikan suatu usaha. Memilih tempat yang letaknya strategis sangat wajib dilakukan karena mudah untuk menjangkau konsumen. Tempat strategis bisa dilihat dari segi keramaian penduduk di sekitar lingkungan tersebut. Biasanya kawasan padat penduduk merupakan tempat yang strategis untuk mendirikan sebuah usaha.

  2. Sediakan Barang Menarik

    Pelanggan mendatangi toko kelontong untuk berbelanja produk yang mereka inginkan. Untuk menambah daya tarik pelanggan, pemilik toko bisa menyediakan barang-barang yang unik. Dengan demikian, orang akan tertuju pada barang tersebut dan akan mencoba untuk membelinya.

  3. Memasang Wi-Fi

    Pengguna internet semakin merebak pada semua kalangan. Untuk mengakses internet tentunya diperlukan paket data. Biasanya orang lebih senang menggunakan wi-fi gratis daripada paket data yang harganya lebih mahal. Hal itu bisa menjadi alternatif bagi pemilik toko kelontong untuk menyediakan fasilitas wi-fi agar pelanggan betah di tempat tersebut.

  4. Desain Toko Kekinian

    Desain toko yang kekinian bisa dicari pada berbagai sumber misalnya internet. Banyak desain interior unik yang bisa dicoba. Buatlah area di dalam toko menjadi nyaman dan memiliki kesan warna yang estetik. Sediakan hiasan-hiasan unik untuk mempercantik interior toko, seperti bunga dan aksesoris menarik lainnya.

  5. Promosi Melalui Media Sosial

    Media sosial merupakan suatu wadah yang sangat terkenal saat ini. Untuk menjadikan toko kelontong modern dikenal banyak orang, perlu membuat akun media sosial misalnya Instagram dan Facebook. Di sana akan banyak orang mengakses dan melihat promosi produk toko kelontong.

  6. Sediakan Alat Pembayaran Digital

    Mayoritas masyarakat sudah mengenal sistem pembayaran digital. Sebagian besar sudah mempunyai kartu ATM. Untuk memberi kemudahan pembayaran bagi pelanggan, sebaiknya sediakan alat pembayaran digital. Selain itu, alat ini juga cepat dan praktis dalam memproses sistem pembayaran.

  7. Area Parkir Luas

    Toko kelontong sebagian besar terletak di dekat jalan raya. Banyak pengendara mobil biasanya mampir untuk membeli makanan atau minuman. Untuk itu, perlu membuat area parkir yang luas sehingga para pengendara mobil akan mudah untuk mengunjungi toko kelontong.

  8. Buat Suasana Tempat Menjadi Nyaman

    Suasana nyaman di toko akan membuat pelanggan yang berbelanja menjadi senang. Pemilik toko bisa membuat suasana nyaman dengan memasang AC pada ruangan. Hal ini dapat membuat udara di dalam toko menjadi sejuk. Selain itu, bisa juga menyediakan kursi dan meja untuk bersantai di area luar toko.

Itulah beberapa tips yang memudahkan untuk memulai usaha toko kelontong modern. Persiapkan hal-hal penting yang diperlukan untuk membangun usaha toko tersebut agar bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa terapkan tips -tips yang sudah tertera di atas.

Baca Juga: Tips Usaha Frozen Food Dengan Modal Kecil

Gallery for 8 Tips Mudah Untuk Memulai Usaha Toko Kelontong Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *