Tips Sukses Bisnis Ala Erick Thohir

No comment 21 views

Erick thohir merupakan pengusaha kaya yang memiliki banyak bisnis mulai dari bisnis makanan sampai mampu membeli klub sepak bola nomor satu di dunia. Jika kalian ingin belajar bisnis, cocok sekali jika kalian meniru cara bisnisnya. Erik merupakan anak dari teddy thohir, salah seorang pemilik astra internasional Tbk. Walaupun dia anak orang kaya tapi dia tidak bermalas-malasan dan terlena dengan harta orang tuanya. Malah justri dia ikut terjun dalam dunia bisnis.

Erick diwarisi restoran Hanamasa dan Pronto oleh sang ayah. Tapi dia lantas tidak puas puas dengan menjalankan satu bisnis aja. Lulusan National University California ini  akhirnya mengembangkan sayap bisnisnya dengan mendirikan grup media bernama Mahaka Group. Dari Mahaka, dia pun membeli Republika, sebuah surat kabar bernuansa Islam terbesar di Indonesia. Salah satu alasan Erick membeli media itu lantaran dia adalah seorang yang paham soal advertising dan komunikasi. Setelah Republika, dia pun meluncurkan Jak TV, 98,7 Gen FM, dan 101 Jak FM. Pada 2011, dia bersama Anindya Bakrie menjadi co-owner dari TvOne dan Viva. Sementara itu di tahun 2014, Erick jadi Presiden Direktur ANTV.

Ambisi bisnis Erick tampaknya tidak berhenti di media aja. Dia pun mengembangkan sayap ke dunia olahraga dengan membeli klub olahraga di luar negeri. tidak hanya cabang basket saja, di cabang sepak bola Thohir juga membeli 70 persen saham Inter Milan dari Massimo Moratti pada 2013. Dia pun resmi jadi Presiden Inter Milan, menggantikan Massimo Moratti.

Tips Sukses Bisnis Ala Erick Thohir

Erick punya empat pondasi yang  harus dimiliki para pebisnis jika pengin sukses. Soal pondasi bisnis itu dia jelaskan ketika berbicara di Investor Summit di Surabaya, Kamis, 31 Oktober 2013. Pengin tahu apa aja? Yuk simak.

Passion

Pondasi pertama adalah passion. Siapa pun di dunia ini, termasuk kamu, tentu memiliki passion atau kesukaan. Erick mengaku bahwa dirinya cukup menyukai media, hiburan, dan olahraga. Oleh karena itu, bisnisnya ya gak jauh-jauh dari tiga hal itu. Asal kamu tahu nih, Erick juga benar-benar totalitas dalam usahanya. Dia sampai rela menjual koleksi-koleksinya demi menyelamatkan bisnisnya di tahun 2006 yang mengalami guncangan. Sementara itu terkait Inter Milan, Erick emang nekat melakukan investasi besar-besaran lantaran dia emang suka sama sepak bola dan dia paham kalau pemasukan Inter bakal gede banget. Oleh karena itu dia berani mengambil risiko.

Upgrade kemampuan

Gak cuma mahasiswa yang harus upgrade kemampuan biar bisa lulus. Pengusaha pun harus melakukan hal itu. Poin ketiga mungkin erat kaitannya dengan poin kedua, yaitu mengenai fokus dan adaptasi. Tapi, fokus dan adaptasi aja gak bakalan cukup tanpa sebuah upaya buat mempelajari sesuatu hingga benar-benar ngelotok. Belajar bisa di mana aja, lewat Internet pun bisa kan.

Fokus

Buat yang belajar bisnis, kamu juga harus belajar buat bisa fokus. Terutama fokus dalam hal berbisnis dan tren-tren terkini. Di mana pun juga, pebisnis harus mampu menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Di era perkembangan informasi, Internet jadi salah satu senjata buat menopang bisnis. Oleh karena itu salah besar kalau pengusaha gak tanggap dalam memanfaatkan tren ini. Ketika mereka mengabaikan digitalisasi dan memilih jalur bisnis konservatif pada umumnya, maka jangan salahkan siapa-siapa kalau gak berhasil di kemudian hari.

Network

Pondasi terakhir adalah network alias jaringan. Bagi Erick, jika seorang pengusaha pengin mengembangkan usahanya, maka dia butuh jaringan yang luas. Persaingan di dunia bisnis emang berlangsung sengit dan juga cepat banget. Oleh karena itulah, pengusaha tentu butuh jaringan yang kuat buat membantu usahanya berkembang. Bener banget kan, bagimana caranya Erick Thohir beli Inter Milan kalau dia sendiri gak punya kenalan? Minimal dia harus kenal seseorang yang bisa mengenalkan dia ke Massimo Moratti.

Baca juga : 8 Tips Sukses Untuk Berwirausaha Yang Harus Diketahui

Itulah sedikit tips dari Erick untuk menjadi orang yang sukses. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih

 

author
No Response

Leave a reply "Tips Sukses Bisnis Ala Erick Thohir"