7 Tips Sukses Memulai Usaha Mie Ayam Rumahan

19 views
tips usaha mie ayam rumahan
Mie Ayam

Mie Ayam memang menjadi kuliner andalan masyarakat Indonesia. Makanan ini disukai hampir semua kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu olahan paling favorit adalah mie ayam. Hal tersebut membuat sebagian orang akhirnya membuka usaha mie ayam rumahan sebagai tambahan penghasilan.
Usaha mie ayam rumahan sebetulnya cukup berpeluang besar. Selain karena masyarakat memang menyukai mie ayam, bisnis makanan bisa dikatakan tidak ada matinya. Menjalankan usaha mie ayam rumahan juga lumayan mudah dan tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Simak bagaimana cara memulai bisnis tersebut berikut ini :

 

7 Tips Sukses Memulai Usaha Mie Ayam

 

1. Mempersiapkan Modal Dan Segala Peralatan

Sebagai langkah awal tentu saja mempersiapkan modal usaha. Hitung perkiraan biaya yang kemungkinan dibutuhkan untuk membuka bisnis mie ayam tersebut. Rinci semua biaya-biaya untuk pengadaan bahan. Selain itu, mulai persiapkan juga segala peralatan pendukung. Silahkan mulai mencari tempat yang menyediakan peralatan untuk bisnis mie ayam.
Pilih tempat yang benar-benar terbaik dan terpercaya supaya peralatan yang dibeli bisa awet. Salah satu alat yang dibutuhkan adalah mesin pembuat mie. Alat seperti ini sekarang sudah banyak yang menjual, baik online maupun offline.

2. Mencari Banyak Referensi Resep Mie Ayam

Mau membuka usaha kuliner sudah pasti harus siap berkutat dengan resep-resep. Jadi penting untuk mengeksplor resep-resep mie ayam yang ada. Coba beberapa resep tersebut sampai ketemu resep paling sempurna dan layak untuk dijual. Jangan malas untuk mencari sumber informasi resep mie ayam yang saat ini sudah banyak di internet.

3. Gencar Melakukan Promosi

Oleh karena masih usaha rumahan, promosi yang paling tepat adalah melalui media online. Saat ini berkat kemajuan teknologi pemasaran online bisa dilakukan dengan lebih mudah. Misalnya dengan memasarkan mie ayam melalui media sosial. Jika perlu gunakan website khusus, supaya terlihat lebih profesional.
Update terus baik sosial media atau website tentang produk jualan. Sertakan foto semenarik mungkin supaya lebih banyak peminat yang datang. Jaman sekarang tidak ada cerita membuka bisnis hanya mengandalkan harapan supaya pembeli datang. Maka promosi harus gencar dilakukan, apalagi bagi yang bisnisnya tergolong masih baru dan belum banyak dikenal.

4. Terus Lakukan Inovasi Agar Tidak Kalah Dengan Pesaing

Jika sudah berusaha maksimal untuk promosi, saatnya untuk lakukan inovasi. Sekarang ini orang lebih tertarik dengan produk yang unik dan lain daripada yang lain. Menghadirkan resep mie ayam standart yang itu-itu saja akan membuat bisnis kalah dari pesaing. Maka cobalah untuk melakukan inovasi.
Misalnya buat pilihan menu yang unik seperti mie ayam keju jamur. Bisa juga dengan menambah menu mie ayam kaldu pedas paprika, dan lainnya. Ini akan membuat pembeli penasaran kemudian ingin mencoba.

5. Memberikan Pelayanan Yang Berkualitas

Selain pemasaran, pelayanan itu juga penting. Maka layani semua konsumen dengan baik. Berikan kesan ramah dan menyenangkan pada mereka. Mereka bisa jadi merekomendasikan pada rekannya yang lain tentang bisnis mie ayam yang dibuat. Sebaliknya jika mereka menerima pelayanan yang buruk, jangankan merekomendasikan, untuk kembali membeli saja tidak akan mau.

6. Memunculkan Ciri Khas

Semua usaha terutama kuliner, sebetulnya membutuhkan ciri khas tersendiri supaya berkembang lebih sukses. Biasanya ciri khas inilah yang membuat konsumen tertarik menjadi langganan. Jadi upayakan untuk membentuk ciri khas dari sajian mie ayam yang dibuat. Mungkin dari rasanya , cara penyajiannya, atau lainnya.

7. Menggunakan Kemasan Yang Menarik

Satu lagi jika ingin usaha bisnis mie ayam rumahan bisa sukses yaitu gunakan kemasan yang menarik. Oleh karena ini merupakan usaha rumahan, sudah pasti menggunakan kemasan untuk membungkus produk bukan? Kemasan yang menarik kadang membuat sebagian orang tertarik untuk membeli produk, bahkan mengabaikan cita rasanya.
Itu tadi bagaimana cara memulai usaha mie ayam rumahan. Tidak perlu mencari lokasi strategis kok, manfaatkan saja rumah sendiri menjadi tempat produksi. Gunakan cara-cara di atas jika ingin memulai bisnis mie ayam rumahan dengan mudah.

Video berikut menjadi salah satu contoh cara membuatnya, LIHAT VIDEO

Untuk belajar membuat masakan, mimin rekomendasikan untuk mengikuti Channel Almo, karena disana sering update cara memasak yang lagi trending
Nah.. semoga tips-tips diatas dapat memberikan gambaran dan inspirasi untuk mengawali usaha kedai Mie Ayam rumahan, sukses selalu buat anda semua…

Baca Juga: Tips Usaha Katering

Gallery for 7 Tips Sukses Memulai Usaha Mie Ayam Rumahan

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *