TIPS SUKSES FREELANCE

11 Tips Sukses Menjadi Seorang Freelancer Online

61 views

Seorang freelancer dapat membantu dan memudahkan pekerjaan seseorang. Jika anda ingin menjadi freelancer yang sukses anda harus memiliki modal kedisiplinan dan profesionalitas kerja. Kerja freelancer memang tidak ada kontrak kerjanya, namun kita harus bekerja semaksimal mungkin dan memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan untuk para klien atau para pemakai jasa kita. Dan anda harus berkomitmen dengan pekerjaan yang anda ambil. Berikut ada beberapa tips untuk anda yang ingin memulai bekerja freelance yang sukses :

Tips Sukses Menjadi Seorang Freelancer Online

TIPS SUKSES FREELANCE

– Membuat Rencana Bisnis

Anda mungkin sudah mengetahui hal hal apa saja yang harus anda lakukan untuk menjadi freelancer yang sukses, sebaiknya anda harus membuat rencana bisnis yang tersusun agar anda lebih mempermudah melaksanakan bisnis yang akan anda lakukan.

– Gunakan Software Pendukung Proyek

Mungkin software pendukung proyek anda akan memakan banyak uang dan menguras kantong anda, apalagi jika pekerjaan anda sangat membutuhkan software pendukung. Namun anda tidak perlu khawatir dengan hal ini, ada beberapa software pendukung proyek anda yang gratis, anda tidak perlu meragukan kualitas software yang gratis jika di bandingkan dengan versi yang berbayar sebenarnya kualitasnya tidak jauh berbeda.

– Membuat Logo Yang Menarik

Kelihatannya mungkin sangat sepele, namun logo juga dapat berpengaruh dalam perusahaan anda, disaat kita di haruskan mempresentasikan hasil pekerjaan kita, logo itu berperan penting untuk mengenalkan perusahaan kita untuk masyarakat luas.

– Membuat Blog atau Website

Blog atau website merupakan wadah yang tepat untuk menawarkan produk produk dari perusahaan anda, buatlah blog atau website semenarik mungkin sehingga banyak orang yang tertarik mengunjungi blog anda. Dan hal ini bisa menjadi pintu gerbang untuk mendapatkan klien yang potensial.

– Update/Perbaharui Website

Jika anda sudah membuat atau memiliki website, jangan biarkan website anda hanya seadanya saja, perbaharui isi website anda sehingga para pengunjung website anda tidak bosan melihat tampilan isi dari website anda. Dan hal ini bisa menarik klien baru untuk datang ke perusahaan anda.

– Memberikan Gift/Hadiah Untuk Pengunjung Website

Jika banyak pengunjung di website anda, anda harus memberikan sesuatu untuk para pengunjung setia website anda. Hal ini bertujuan untuk mencegah para pengunjung website ada beralih ke website lain.

– Merencanakan Kegiatan Kerja

Hal ini sangat di anjurkan, membuat rencana kerja dapat mempermudah anda dalam mengatur waktu dan anda tidak tergesa gesa di kejar deadline.

– Jangan Memaksakan Diri Anda

Akan ada proyek yang memberikan deadline, hal ini merupakan salah satu langkah untuk mengetahui seberapa profesional anda menjadi seorang freelancer, maka dari itu jangan sampai anda mengatakan “ya” apabila anda tidak yakin dengan proyek tersebut, jangan takut mengatakan “tidak” hal ini tidak akan menghancurkan reputasi perusahaan anda.

– Perbanyak Mitra Kerja Anda

Memperbanyak mitra kerja merupakan salah satu langkah yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis freelance anda, hal ini dapat memperbanyak orang yang mengenal perusahaan anda, dan semakin banyak pula pihak yang membantu memasarkan bisnis anda.

– Memberikan Diskon

Memberi diskon atau potongan harga tidak akan membuat perusahaan anda hancur, namun hal ini akan menarik pelanggan yang banyak. Apalagi jika sudah ada pelanggan setia di perusahaan anda, anda harus memberikan diskon kepada pelanggan setia anda.

– Disiplin

Seorang freelancer yang sukses harus disiplin waktu, jika proyek memberikan deadline maka kita harus menyelesaikan proyek tersebut tepat dengan waktu yang sudah di tentukan.

Baca juga : 4 Cara dan Tips Sukses Jualan Online Terbukti Paling Laris 

Demikian tips dari saya, semoga dapat membantu anda yang ingin memulai bisnis freelance. Jangan pernah takut mencoba hal yang baru.

 

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *