Tips Usaha Elektronik Lengkap Untuk Pemula

2 comments 121 views

Tips Usaha Elektronik – Seiring dengan hadirnya online shop, kini membeli berbagai barang elektronik dapat dilakukan secara online. Dan berdasarkan survey dari perusahaan Wordpanel bahwa jenis produk yang paling laris atau paling banyak dibeli di Indonesia secara online adalah produk fashion atau busana dan salah satunya barang-barang elektronik. Sehingga Anda tidak salah jika berniat membuka usaha elektronik secara fisik dan online. Karena dipastikan dapat menguntungkan sekali.

Tips Usaha Elektronik Lengkap Untuk Pemula

Jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahun bertambah besar. Dan begitu pula orang yang berbelanja online semakin tambah banyak. Online shop sudah menjadi budaya masyarakat modern di tanah air saat ini yang ingin serba praktis, mudah dan lebih hemat dalam keuangan. Sehingga sangat menjanjikan jika Anda membuka usaha elektronik secara toko online ini maupun secara fisik dikarenakan pasar yang sangat besar.

Baca juga : 4 Tips Usaha Food Truck Yang Kekinian

Tips Usaha Elektronik Lengkap Untuk Pemula

Ada banyak jenis barang elektronik yang dapat Anda jual secara online dan offline. Seperti kulkas, microwave, magic jar, playstation, oven, blender, mixer, kipas angin, mesin cuci, laptop, komputer, televisi, antena parabola beserta receiver, radio, air conditioning atau penyejuk ruangan, audio system hingga perabotan rumah tangga lainnya.

Dalam menentukan jenis produk maka Anda harus memilih jenis produk elektronik yang sedang booming dan sedang trend. Contohnya game console seperti PS, XBOX, PS VR, PSP yang sedang marak belakangan ini. Para penggemar game online di tanah air sangat banyak di Indonesia dan seluruh dunia sehingga pangsa pasar penjualan game console luas sekali. Keuntungan dari berjualan game console misal playstation, XBOX dll secara online cukup besar perharinya.

Setelah menentukan jenis produk elektronik yang akan dijual baik itu satu macam atau beberapa macam, langkah berikutnya mempersiapkan modal usahanya. Untuk dapat membuka usaha elektronik dengan satu macam maka dibutuhkan modal cukup kecil. Sebaliknya jika Anda membuka usaha toko elektronik secara fisik dan online dengan berbagai macam barang elektronik yang dijual secara lengkap maka Anda membutuhkan modal usaha yang cukup besar.

Baca juga : Tips Usaha Fried Chicken Untung Jutaan

Untuk memperoleh modal usaha yang lumayan besar bagi pendirian toko elektronik online dan nyata maka Anda dapat membuat proposal usaha elektronik. Kemudian mengajukan pinjaman uang kepada anggota keluarga, teman, sahabat, investor, kenalan dan lain yang lainnya. Lalu langkah terakhir dapat mengajukan pinjaman modal usaha ke lembaga perbankan. Seperti bank mandiri, BNI, dan bank lainnya.

Selepas Anda memiliki toko elektronik online dan fisik, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi mengenai keberadaan toko online elektronik Anda dengan cara menggunakan teknik seo google, memasang promosi di marketplace olx, bukalapak, tokopedia, facebook marketing, promosi gratis di  medsos seperti google plus dan twitter, yang pastinya promosi usaha elektronik diusahakan tertarget kepada pasar yang dituju.

Persaingan usaha toko elektronik online sangat ketat. Sehingga Anda harus dapat memberikan keunikan dari produk elektronik yang dijual. Keunikan dalam bentuk pelayanan maupun bentuk barang elektronik yang Anda jual. Hal ini benar benar diperlukan agar calon pembeli mengetahui bahwa barang elektronik yang Anda jual tidak ada di toko online dan toko fisik lainnya.  Misal menyediakan pembelian barang elektronik secara angsuran online.

Baca juga : Tips Usaha Digital Printing Dengan Hasil Yang Menggiurkan

Masalah pengiriman barang elektronik juga harus diperhatikan. Sebab produk elektronik cukup besar dan sangat rentan rusak jika terjadi benturan yang keras. Oleh sebab itu, Anda harus menjalin kerjasama dengan perusahaan ekspedisi pengiriman barang yang mempunyai reputasi bagus, tepat waktu dan cepat. Agar barang elektronik yang dipesan sesuai pesanan, selamat dan mulus di tangan konsumen.

Semoga Tips Usaha Elektronik Lengkap Untuk Pemula bermanfaat bagi Anda semua, sekian dan terimakasih.

author
2 Responses
  1. Tips Usaha Digital Printing Dengan Hasil Yang Menggiurkan ⋆ ARESPEDIA6 months ago

    […] Baca juga : Tips Usaha Elektronik Lengkap Untuk Pemula […]

    Reply
  2. 4 Tips Usaha Food Truck Yang Kekinian ⋆ ARESPEDIA5 months ago

    […] Baca juga : Tips Usaha Elektronik Lengkap Untuk Pemula […]

    Reply

Leave a reply "Tips Usaha Elektronik Lengkap Untuk Pemula"