Tips Usaha Homestay yang Sukses

No comment 170 views

Tips Usaha Home Stay –Home stay yaitu merupakan suatu penginapan dengan dilengkapi oleh fasilitas yang cukup lengkap. Terkadang para pemilik rumah juga akan menempati hunian tersebut bersama-sama dengan para tamu. Suatu hunian yang berlokasi tidak jauh dari tempat wisata atau juga pusat kota ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai homestay. Terdapat salah satu kota yang memang memiliki layanan homestay yang cukup banyak salah satunya yaitu adalah kota Yogyakarta. Dengan adanya home stay juga mampu memberikan suatu dampak yang positif untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa  yang terdapat banyak wisata. Namun hal ini juga masih banyak pengelola desa wisata yang belum memahami betul mengenai pengelolaan sebuah homestay secara baik dan juga benar.

Baca juga : Tips Usaha Modal Pinjaman Bank

Tips Usaha Homestay yang Sukses

Jika Anda ingin usaha homestay maka Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini :

  1. Melakukan Riset dan Target Sasaran

Untuk memulai suatu usaha sebaiknya Anda melakukan sebuah riset terlebih dahulu terhadap target dan juga market yang ingin Anda tuju. Selain itu Anda juga bisa untuk memasarkan pada para pekerja kantoran, siswa yang sekolah, mahasiswa, atau juga para traveler.

Baca juga : Tips Usaha Dengan Modal Kecil Yang Sukses

Bila Anda menargetkan kepada para traveller, pastikan bahwa lokasi yang Anda miliki yaitu berada dekat dengan area wisata dan juga terdapat banyak dikunjungi oleh para pelancong. Sementara apabila tempat yang Anda miliki berada dekat dengan suatu sekolah atau juga kampus, maka Anda dapat menyediakan sebuah kos atau juga kontrakan dengan itu maka akan sangat menguntungkan. Sebab para pelajar dan juga mahasiswa yang berasal dari luar kota atau daerah pasti akan mencari-cari tempat tinggal yang dekat sekolah atau juga kampus mereka.

  • Tentukan Lokasi

Menentukan sebuah Lokasi maka merupakan sesuatu yang sangat penting, dengan memilih lokasi yang mudah untuk diakses, dan juga memiliki tingkat lalu lalang pengunjung yang tinggi maka akan mempengaruhi tingkat kesuksesan dan juga keuntungan dari bisnis homestay Anda.

  • Memiliki Perizinan

Tahapan yang cukup sulit adalah mendapatkan perizinan, dan juga yang paling memakan waktu cukup lama. Namun hal ini juga termasuk syarat wajib bagi Anda yang ingin mendirikan usaha homestay. Pada umumnya Anda membutuhkan suatu izin dari  para warga setempat yaitu untuk menjalankan sebuah usaha. Selanjutnya yaitu Anda harus meminta perizinan dari dinas perizinan dan juga dinas pariwisata setempat.

  • Merencanakan Konsep dan Fasilitas yang ada

Setelah memilih lokasi yang cocok dan juga memiliki tanah yang siap untuk dibangun, langkah berikutnya yaitu Anda perlu membuat konsep terlebih dahulu yaitu mengenai tipe dan juga bahan bangunan yang ingin Anda gunakan nantinya.

Baca juga : Tips Usaha Furniture Modal Minim Untung Besar

Serta agar lebih menarik banyak orang lengkapi bangunan yang Anda punya dengan berbagai fasilitas penunjang yang lengkap. Yaitu contohnya Anda bisa saja menambahkan AC, kamar mandi yang ada didalam kamar, internet gratis, dan masih banyak lagi lainnya. Serta percantiklah interior serta eksterior bangunan yaitu dengan memilih warna cat yang sejuk dan juga nyaman untuk dipandang mata. 

  • Melakukan Promosi

Dengan melakukan promosi yang efektif yaitu contohnya dengan menggunakan  bundling produk. Yang dimaksud dengan produk di sini adalah penginapan yang telah Anda bangun. Agar dapat menarik banyak pelanggan, maka Anda perlu melakukan sebuah promosi bundling yaitu dengan cara melakukan promo diskon harga jika menginap lebih dari 5 hari dan lain sebagainya.

Anda juga dapat melakukan bundling dengan harga sewa yang murah serta dengan bonus transportasi antar jemput secara gratis ke tempat wisata yang ingin dituju dan masih banyak lagi lainnya. Bentuk promosi bundling seperti ini yaitu umumnya memancing  banyak orang agar dapat tertarik untuk menginap dihomestay Anda. Dengan melakukan sebuah penawaran seperti ini, maka penginapan Anda akan dipilih sebagai suatu pilihan untuk menginap para traveller dan yang lainnya.

author
No Response

Leave a reply "Tips Usaha Homestay yang Sukses"