Tips Usaha Ikan Hias Modal Kecil Untung Besar

Tips Usaha Ikan Hias Modal Kecil Untung Besar

165 views

Tips Usaha Ikan Hias  – Potensi usaha ikan hias ini sangat tinggi selain sekarang sudah mulai banyak orang yang mulai membutuhkan ikan hias sebagai penambah keindahan, ternyata usaha ikan hias ini juga dapat menghasilkan omset yang cukup tinggi.

Baca juga : Tips Usaha Ikan Gurame Untuk Pemula

Tips Usaha Ikan Hias Modal Kecil Untung Besar

Tips Usaha Ikan Hias Modal Kecil Untung Besar

Berkut ini adalah beberapa tips usaha ikan hias :

  • Paham tentang ikan hias

Bagi anda yang ingn terjun ke bisnis usaha ikan hias tentu yang pertama kali harus anda miliki adalah pengetahuan minimal pengetahuan mendasar mengenai ikan hias. Karena pada dasarnya ikan hias memiliki banyak jenis dengan pemeliharaan yang berbeda- beda. Untuk itu anda harus haru tentang tipe pada jenis ikan yang ingin anda jadikan usaha ikan has seperti mengenai tempatnya, jenis air yang digunakan, pH air dan suhu berapa yang harus anda gunakan nantinya sebagai tempay untuk ikan hias ada. Dengan anda mengetahui tentang ikan hias, anda dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan anda.

Baca juga : Tips Usaha Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

  • Fokus dengan 1 jenis ikan hias

Tips yang selanjutnya tentu harus diperhatikan untuk anda yang baru memulai bisnis ikan hias. Kesalahan beberapa pelaku usaha dalam berbisnis ikan hias ini adalah mereka terlalu berambisi sehingga langsung memiliki banyak jenis ikan hias yang akan di jualnya, tentu saja hal ini mengganggu konsentrasi mereka. Karena pada dasarnya ikan hias memiliki perawatan yang berbeda setiap jenisnya. Untuk itu sebaiknya bagi anda yang masih baru dalam bidang bisnis ikan hias ini cukum memiliki focus denga 1 jenis dahulu, jika bisnis tersebut sudah berkembang anda baru mulai memikirkan jenis ikan hias lain yang akan anda bisniskan. Untuk anda yang masih bingung dengan jenis apa yang akan anda mulai, ada beberapa ikan yang sedang popular di pasaran saat ini seperti ikan cupang, ikan badut atau juga disebut ikan nemo, guppy, palmas, manvis, dan lain lain.

  • Tempat pemeriharaan

Hal terpenting dalam memulai usaha yang berhubungan dengan ikan termasuk ikan hias tentunya adalah tempat pemeliharaan. Menghindari dari ikan yang akan saling memangsa seperti ikan besar yang memangsa ikan kecil maupun telur, hal ini dapat anda menyiasatinya dengan memisahkan desuai dengan kategori atau ukurannya seperti kolam pemeliharaan benih, kolam kolam pembesaran, maupun kolam perawatan induk.

Untuk tempatnya sendiri karena ikan hias adalah ikan yang kecil, anda dapat menggunakan aquarium kaca sebagai tempat pemeliharannya. Aquarium yang anda gunakan dapat menggunakan aquarium yang memanjang lalu di beli sekat agar dapat memasukan semua ikan namun dengan kategori yang berbeda.

Baca juga : Tips Usaha Garam dengan Modal Kecil Untung Besar

  • Promosi

Jika semuanya sudah dipersiapkan sudah matang, anda harus mulai memikirkan cara agar usaha anda memiliki kemajuan tidak berjalan ditempat atau bahkan mengalami sepi konsumen. Untuk itu strategi promosi perlu anda lakukan. Ada barbagai macam cara untuk melakukan promosi usaha. Seperti dengan cara promosi dengan cara offline seperti menyebarkan brosur untuk strategi promosi, atau hal yang paling dasar adalah teknik promosi dari mulut kemulut. Teknik ini sangat efisien dan sangat cepat menyebar, maksud dari teknik ini adalah biasanya seorang yang pertama kali menjadi konsumen anda akan memberitahu kepada orang lain, kesan yang mereka terima terima saat membeli ikan hias pada usaha anda. Lalu orang tersebut akan menceritakannya ke oeng lain, dan seterusnya. Maka dari itu agar usaha anda memiliki kesan yang baik anda harus memberukan kesan yang baik kepada para pelanggan anda, seperti sikap ramah dan sebagainya.

Selain itu anda juga dapat mempromosikan usaha anda dengan  cara memanfaatkan teknologi yakni seperti melalui media social facebook, instagram, website hingga whatsapp.

Berikut adalah tips untuk anda yang mencoba terjun di bisnis ikan hias. Semoga bermanfaat.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *